Brand Exposure di Era Digital: Bagaimana Mengoptimalkan Online Presence Anda

brand exposure
Brand exposure memiliki manfaat penting bagi brand, salah satunya menjadi top-of-mind. Buat online presence yang kuat agar menjangkau audiens yang lebih luas.

Table of Contents

Di era digital saat ini, banyak hal yang dilakukan secara online. Mulai dari mencari informasi, membeli produk, hingga berkomunikasi dengan orang lain. Oleh karena itu, sangat penting bagi bisnis untuk memiliki online presence yang kuat agar meningkatkan brand exposure dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Sebagai pemilik bisnis, branding merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan, apalagi jika Anda baru memulai bisnis. Pada dasarnya branding bertujuan untuk membentuk identitas atau karakter suatu brand sedemikian rupa sehingga konsumen akan mengenalinya. Semakin kuat brand, semakin besar pula kesempatan brand Anda menjadi the top of mind, bahkan brand dominance.

Nah, yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, apa yang dimaksud dengan brand exposure itu sendiri? Apa saja tips meningkatkan brand exposure untuk keperluan brand Anda? Langsung saja, simak penjelasan lengkap mengenai brand exposure di artikel LEMON berikut ini.

Apa itu Brand Exposure

brand exposure
Picture from: splash.com

Brand exposure adalah upaya untuk mempromosikan produk atau menunjukkan eksistensi brand kepada masyarakat. Semakin banyak upaya yang Anda lakukan untuk membangun eksistensi brand, semakin besar peluang brand Anda lebih menonjol dibanding kompetitor lain, bahkan menjadi brand dominance. Biasanya, pemasar akan menggunakan influencer untuk membuat konten khusus tentang produk yang ingin mereka promosikan. Dari konten tersebut akan meningkatkan visibilitas brand dan menciptakan brand awareness atau persepsi masyarakat terhadap brand atau produk yang ditawarkan. Langkah-langkah untuk menerapkan strategi branding ini adalah sebagai berikut:

1. Brand recall

Audiens dapat mengingat nama dari produk milik brand And

2. Brand recognition

Audiens dapat mengenali apa saja yang menjadi perbedaan antara brand Anda dengan brand kompetitor lainnya.

3. Top of mind awareness

Audiens dengan cepat mengingat brand yang telah Anda tawarkan ketika mendapat trigger seperti pertanyaan tentang  kategori produk.

4. Brand dominance

Audiens hanya bisa mengingat satu brand semata untuk kategori produk tertentu. Menurut statistik Crowdspring, 80% laki-laki dan 76% perempuan akan membeli produk dari brand yang mereka kenali.

Manfaat Brand Exposure

brand exposure
Picture from: Roger west

Berikut ini beberapa manfaat dari brand exposure untuk brand Anda:

  • Brand Awareness

Pengungkapan informasi tentang merek yang dapat meningkatkan jangkauan (metrik yang digunakan untuk mengukur jumlah pemirsa yang telah melihat brand Anda).

  • Interest

Ketahui minat audiens pada produk atau brand Anda. Sekalipun Anda belum aware, brand Anda perlahan tapi pasti mampu menarik minat audiens Anda.

  • Consideration

Setelah berhasil menarik perhatian audiens, secara tidak langsung mereka akan mulai pertimbangkan brand atau produk Anda, mengingat kegunaan dan kualitasnya. Dari sini, mereka akan semakin teryakinkan ketika ada influencer yang membahas brand milik Anda.

  • Action

Di tahap ini, tiba saatnya audiens melakukan pembelian. Jika Anda berhasil menggunakan strategi ini dengan benar, keuntungan Anda dijamin akan meningkat. 

Tips Meningkatkan Brand Exposure

Beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk meningkatkan brand exposure adalah sebagai berikut:

1. Mengikuti event

Cara meningkatkan brand exposure yang pertama adalah dengan mengikuti berbagai event, seperti bazar, workshop, dll. Di event tersebut Anda akan bertemu dengan banyak orang dan membuka kesempatan untuk mempresentasikan brand dan produk Anda secara langsung.

2. Memanfaatkan media sosial

Penggunaan media sosial di era digital sudah menjadi hal yang lumrah. Selain berkomunikasi dengan audiensnya, banyak brand besar menggunakan media sosial untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Maka dari itu, penting bagi bisnis menggunakan jasa social media terpercaya seperti di Sribu.com agar pengelolaan bisnis di medsos dapat berjalan lancar dan optimal.

3. Manfaatkan influencer

Selain menggunakan media sosial, Anda juga bisa menggunakan jasa influencer untuk keperluan brand exposure Anda. Ya, sekarang banyak brand yang bekerja sama dengan influencer untuk memamerkan produk mereka. Sebelum tergiur dengan jumlah follower yang dimiliki influencer, cek kembali followers growth dan engagement rate dari influencer bersangkutan yang ingin Anda pakai.

Kesimpulan

Dalam artikel LEMON Influencer Platform, kita sudah membahas tentang pengertian, manfaat, dan juga tips meningkatkan brand exposure. Brand exposure adalah upaya untuk mempromosikan produk atau menunjukkan kepada publik tentang eksistensi brand Anda. Semakin banyak upaya yang Anda lakukan untuk membangun eksistensi brand, semakin besar pula peluang brand Anda lebih menonjol dibanding kompetitor lain.

Brand exposure juga memiliki beberapa manfaat, seperti brand awareness, interest, consideration, dan juga action. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan brand exposure, mulai dari mengikuti event, hingga memanfaatkan jasa para influencer.

Untuk memastikan brand exposure Anda dapat berjalan dengan baik bersama dengan para influencer, Anda dapat berkonsultasi dengan kami GRATIS melalui tautan ini.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign