Cara Menghindari dan Mengetahui Influencer Palsu

Cara Menghindari Brand Anda dari Influencer Palsu
Brand dan marketer terus mengkhawatirkan keberadaan Influencer palsu. Baca selengkapnya cara ampuh mengetahui influencer dengan followers palsu.

Table of Contents

Menurut data Instascreener, pada awal bulan Mei setelah Instagram memberlakukan penghapusan likes dan comment dari pengguna aplikasi pihak ketiga, tingkat engagement influencer menurun dari 1,7% menjadi 1% pada akun tertentu. Fenomena ini menunjukan bahwa banyaknya influencer palsu yang berkeliaran dengan membeli followers agar terlihat memiliki jumlah kredibilitas. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk bekerjasama dengan Influencer, sebaiknya Anda kenali ciri-ciri influencer yang memiliki followers palsu.

Pertama-tama, Anda harus mengetahui, apa itu influencer palsu.

Apa Itu Influencer Palsu?

Influencer adalah seseorang memiliki banyak followers dan dikenal sebagai pemberi pengaruh terhadap opini dari topik yang mereka bicarakan. Umunya, brand mengajak berkolaborasi untuk mengiklankan produk ke followers atau audiens mereka atau biasa disebut influencer marketing. Dan Instagram sebagai platform paling banyak digunakan untuk influencer marketing.

Normalnya, Influencer membangun pengikut dengan memulai karir dengan menulis blog, artikel atau membagikan video yang edukatif dan menghibur. Ketika masyarakat mulai tertarik dengan topik yang dibicarakan, mereka mulai mengikutinya.

Sedangkan Influencer palsu memanipulasi jumlah pengikut dengan membeli akun followers fake atau bot untuk membuat jalan pintas tanpa harus membangun pengikut dari bawah.

Hal lain yang paling biasa dilakukan selain membeli sejumlah follower bot, adalah dengan membeli jumlah likes, komen dan berinteraksi dengan comment pods. Comment pods adalah grup dari pengguna sosial media yang berinteraksi di sejumlah post/konten untuk mendapatkan sejumlah engagement rate.

Berikut adalah cara ampuh mengetahui influencer dengan followers palsu.

  • Jumlah followers meningkat secara mendadak
  • Kualitas audiens yang aneh
  • Engagement rate yang terlalu rendah

Apa yang Terjadi Jika Brand Menggunakan Influencer Palsu?

Saat brand bekerja sama dengan Influencer, tentu brand mengharapkan adanya audiens sungguhan. Namun, dengan influencer palsu yang membeli followers pada akhirnya brand Anda hanya membuang banyak waktu, uang dan tenaga. Karena akun bot tidak bisa membeli produk Anda.

Baca Juga Mengenal Perbedaan KOL dan Influencer

Bagaimana Cara Menghindari Brand Anda dari Influencer Palsu?

1. Fokus pada Metrics Lain

Cara menghindari influencer palsu adalah dengan melihat metrics lain selain likes, comments dan jumlah pengikut.
Photo by Unsplash.com

Likes, Comments dan jumlah pengikut memang indikator yang tepat untuk melihat suksesnya seorang influencer, tapi ada metrics lain yang bisa dilihat selain beberapa indikator tersebut yang mudah dimanipulasi. Indikator reach dapat brand Anda gunakan sebagai alat ukur lain. Angka reach tidak dapat dimanipulasi begitu saja.

Patut dicurigai, jika influencer memiliki engagement rate terlalu rendah. Normalnya, engagement rate pada akun pribadi adalah 3%.

Dapat dilihat juga secara manual, misalnya. Jika terdapat influencer memiliki komen yang tidak relevan dan aneh seperti emoji tanpa text, kemungkinan itu adalah bot atau buzzer.

2. Bekerja sama dengan Nano dan Micro-Influencer

Cara menghindari influencer palsu adalah dengan menggunakan nano-micro influencer yang memiliki hasil yang lebih maksimal.

Level Influencer yang lebih rendah diketahui membawa hasil yang maksimal seperti Nano Influencer dan Micro Influencer. Micro Influencer dikenal lebih dapat dikaitkan dengan orang biasa. Ini bisa digunakan untuk marketing campaign yang memiliki spesifik target audiens.

Influencer palsu memang tidak bisa dihilangkan, namun brand dapat lebih pintar menemukan influencer yang tepat untuk brand Anda.

3. Pelajari Influencer dengan E-book LEMON Influencer

download influencer insight ebook

E-book ini berisikan report hasil dari kinerja LEMON Influencer dari mulai nano hingga mega influencer. Tidak hanya itu, e-book ini juga menunjukan kinerja influencer berdasarkan industri brand Anda. Sehingga Anda tidak salah memilih influencer untuk influencer marketing.

Jika Anda tertarik untuk menjalankan Influencer marketing namun takut menemukan influencer palsu. LEMON akan membantu Anda. Di paltform kami, Anda bisa cek engagement dan jumlah followers influencer incaranmu tanpa harus takut influencer palsu.

banner-cta-make-smarter-investment-on-influencer-marketing-start-from-Rp10juta-pick-up-100-influencers-monitor-your-campaign-and-generate-more-word-of-mouth-discovery-more

Thumbnail by Unsplash.com

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Tips dan Trick Campaign

Dapatkan pekembangan Influencer Marketing terkini untuk bisnis Anda.

Rahasia Campaign Sukses

Tips Campaign Influencer Marketing Sukses hanya di LEMON Influencer Platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign