Panduan Lengkap untuk Brand: Cara Kerjasama dengan Influencer

cara kerja dengan influencer
Cari tau bagaimana cara kerja dengan influencer, membina hubungan influencer, dan mengetahui cara mendeteksi influencer scam dengan mudah lewat tips ini.

Table of Contents

Table of Contents

Bekerjasama dengan influencer tidak mudah, terlebih di tengah pandemic ini karena brand Anda bukan satu-satunya brand yang dipegang oleh influencer. Bagaimana cara kerja dengan influencer dengan tepat? Bagaimana cara membuat brief yang sesuai?

Di dalam panduan lengkap ini, kami akan menjabarkan hal-hal penting yang perlu brand ketahui ketika bekerjasama dengan influencer sampe membina hubungan baik dengan influencer.

Cara Kerja dengan Influencer #1: Cara Mencari Rate Card Influencer yang Sesuai Budget

Seorang influencer, akan selalu menyesuaikan rate card mereka dengan jumlah followers mereka, kebutuhan pasar, dan sesulit apa lingkup kerja yang diperlukan.

Cara paling tradisional untuk mencari rate card influencer adalah dengan mengirim DM ke akun Instagram mereka satu persatu. Jika Anda ingin bekerjasama dengan influencer TikTok, Anda membutuhkan langkah extra yaitu mengetahui akun IG mereka untuk bisa DM mereka atau email mereka.

Ada satu Langkah mudah untuk mendapatkan rate card yang sesuai dengan brand Anda. Menggunakan agensi. Di LEMON Influencer, rate card yang Anda dapatkan adalah harga flat dan tidak terpengaruhi oleh seberapa banyak brand yang dipegang oleh influencer saat ini. Anda bisa mendapatkan:

  • 30 Influencer dalam waktu singkat
  • Lingkup kerja berupa 1 IG Post dan 1 IG Story
  • Jumlah followers dan Engagement Rate secara transparan
  • Menyesuaikan dengan target market brand Anda

Jika Anda tidak yakin untuk memulai dari mana, dan ingin mengetahui bagaimana cara kerja LEMON, Anda bisa mencoba untuk membuat kampanye brand Anda GRATIS .

BACA JUGA: Cek 4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Influencer Marketing

Cara Kerja dengan Influencer #2: Buat Brief dengan Selengkap-Lengkapnya

Conton brief untuk influencer

Waktu Anda sangat berharga, jangan buang-buang buang waktu untuk bolak balik revisi karena “look influencer Anda tidak sesuai dengan brand” atau “postingan influencer tidak sesuai dengan bayangan Anda”. Untuk itu sangat penting untuk mencantumkan media brief, karena hal ini tidak hanya mempermudah kerja Anda namun juga menghemat waktu Anda menjadi lebih efisien. Pastikan brief Anda memiliki

  • Lingkup kerja yang jelas
  • Tanggal posting
  • Produk apa yang dikirimkan
  • Konsep post foto
  • Guideline caption
  • Do’s and Don’t’s
  • Product knowledge

Cara Bekerjasama dengan Influencer #3: Mulai Diskusikan untuk Label Paid Promote

Jika Anda menginginkan transparansi yang jelas dari setiap konten yang di post oleh influencer Anda, maka label paid promotion akan sangat membantu Anda. Label paid promote adalah fitur dari Instagram yang memperbolehkan influencer untuk tag brand yang sudah memiliki badge official.

Jika Anda adalah brand UMKM yang baru, fitur ini mungkin belum tersedia. Namun jangan khawatir, Anda tetap akan bisa mendapatkan report dari influencer yang bersangkutan setelah campaign berjalan.

Cara Kerja dengan Influencer #4: Negosiasi dengan Influencer

Di dalam bisnis, negosiasi adalah bagian penting untuk keberlangsungan brand. Terkadang influencer memberikan rate card yang lebih tinggi dari budget marketing Anda dan Anda ingin rate card yang lebih rendah lagi.

Terkadang, influencer memiliki beberapa fleksibilitas untuk bisa menentukan rate card dan kadang juga tidak. Bagaimana pun caranya, untuk menjaga profesionalitas dan nama baik brand, jelaskan kebutuhan lingkup kerja yang Anda inginkan dari influencer dan relevansi influencer tersebut dengan target market Anda.

Tip #1: Jangan memberikan janji manis akan bekerjasama dengan influencer tersebut di lain waktu, jika influencer memberikan harga murah saat ini, apabila Anda sendiri masih belum tahu apakah memang akan menggunakan lagi jasa influencer tersebut

Beberapa agensi juga memberikan beberapa rate card berupa paket untuk memudahkan brand dalam bekerja sama dengan puluhan atau ratusan influencer sekaligus.

Tip #2: Jika Anda masih bingung berapa rate card yang bisa menjadi benchmark Anda, silahkan klik rate card dari LEMON Influencer Platform berikut ini yang bisa memudahkan Anda bekerja dengan 20.000+ influencer.

Cara Kerja dengan Influencer #5: Ketahui Influencer Scam

Sayangnya, influencer dan content creator terkadang memiliki beberapa followers palsu untuk bisa menaikkan rate mereka. Berikut adalah beberapa tips mudah dan cepat untuk meminimalisir influencer scam.

Tip 1: Cek followers mereka manual

Saat ini Instagram memperbolehkan siapapun untuk membuka followers kita dengan mudah selama profil public. Cek apakah ada banyak akun dengan profil tanpa foto atau nama-nama dengan username yang tidak lazim contoh: @331100effendy @34567artika.bot

Tip 2: Perhatikan Engagement Rate mereka

Jika followers dengan followers: 500.000 Followers namun likes pada postingan mereka hanya 15 likes. Tentunya ini mencurigakan, ditambah hal ini sangat merusak engagement rate mereka. Anda pasti ingin postingan tentang brand Anda memiliki banyak likes dan comment bukan.

Tip 3: Cek comment postingan mereka tentang brand yang pernah di-endorse

Apakah komennya positif atau negative? Tentunya Anda tidak ingin bekerjasama dengan influencer yang setelah dikirim produk namun malah menghilang tidak jelas rimbanya, bukan? Baca dengan seksama apakah ada hate comment

Tip 4: Hindari Influencer yang bad mouthing Brand yang Pernah Bekerjasama dengan Mereka

Betul sharing is caring, namun badmouthing dengan brand yang pernah bekerjasama secara professional dengan mereka dan memanfaatkan akun Instagram mereka it is a big no no. Permasalahan kerja sebaiknya dibicarakan dibalik layar dan tidak di atas panggung.

Tip 5: Untuk langkah aman, gunakan 3rd Party (Agensi)

Jika Anda takut harus mengalami kejadian yang merugikan perusahaan dan brand Anda, Langkah paling aman adalah dengan menggunakan agensi. Karena Agensi mengetahui dengan jelas influencer mana yang memiliki attitude yang bagus dan track record yang jelas. Ingin tahu lebih lengkap mengenai informasi influencer, silahkan konsultasi dengan client specialist LEMON Influencer platform.

Cara Kerja dengan Influencer #6: Jaga Hubungan Baik

Setelah Anda memulai Brand partnership Anda dengan influencer, jangan langsung menghilang begitu saja. Bina hubungan baik dengan influencer Anda, karena mereka bisa menjadi perpanjangan antara Brand ke followers mereka. Make sure mereka happy bekerjasama dengan kita dan kita juga happy bekerjasama dengan mereka. Karena review jujur dari mereka akan membuka peluang kita lebih dekat lagi ke kesuksesan goal penjualan.

Sebagian besar followers influencer mengetahui influencer mana yang sering endorse mana yang tidak, untuk itu penting untuk menjaga kepercayaan dan transparansi dengan target market Anda. Mikro dan nano influencer bisa membuka peluang bisnis Anda lebih besar lagi di tahun 2021 dengan harga rate card yang lebih terjangkau dan kejujuran review mereka.

Ditambah, fitur Instagram Shopping diprediksi akan diluncurkan oleh Instagram di Indonesia dalam waktu dekat, sehingga followers mereka bisa beli produk Anda dari influencer dengan mudah.

Download panduan yang lebih lengkap lagi untuk bekerjasama dengan influencer di Ebook yang dirangkum oleh tim riset LEMON Influencer Platform di sini.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign