Meningkatkan Brand Awareness Dengan Influencer Marketing

cara meningkatkan brand awareness dengan influencer marketing
Beberapa alasan, ide dan bagaimana influencer marketing meningkatkan brand awareness agar terus mencuri perhatian konsumen.

Table of Contents

Brand awareness adalah menjadi langkah pertama dalam memasuki pasar dalam berbisnis. Bagaimana konsumen akan membeli produk jika mereka tidak aware dengan brand Anda? Itulah sebabnya, ini merupakan salah satu hal paling mendasar yang harus brand Anda kerjakan.

Banyak cara dalam meningkatkan brand awareness di era digital seperti sekarang ini, namun influencer marketing adalah langkah paling efektif. Di artikel ini, kita akan mempelajari berbagai cara brand bisa memanfaatkan influencer marketing untuk promosi.

Pertama, mari kita kenali dulu apa itu brand awareness.

Apa Itu Brand Awareness?

Yang dimaksud dengan brand awareness adalah situasi dimana konsumen mengenal, mengingat, dan menjadikan produk atau brand pertama yang muncul di pikiran konsumen ketikan memikirkan kategori produk atau jasa tertentu secara otomatis.

Sebagai contoh, seorang konsumen ingin membeli produk handphone dan langsung mengetikkan satu nama brand di Search Engine. Padahal brand yang menjual handphone bukan hanya brand A tersebut.

piramid tahapan dalam brand awareness
Source: resourcegate.net

Ada 3 tahapan dalam brand awareness:

  • Recognition. Kondisi saat konsumen mengenali produk.
  • Recall. Konsumen menginat nama Anda.
  • Top-of-mind. Muncul otomatis dipikiran konsumen.

Anda pasti ingin hal ini terjadi untuk brand Anda.

Bagaimana Influencer Meningkatkan Brand Awareness?

Strategi paling efektif yang paling sering diagungkan adalah word-of-mouth. Kemampuan bagaimana seseorang mempengaruhi teman, saudara bahkan keluarga hanya karena mereka menyebut satu produk. 

Misalnya, Anda pergi ke restoran, kemudian Anda post di media sosial. Teman-teman Anda yang melihat Instagram Stories tersebut biasanya akan bertanya “Itu dimana? Enak gak?” atau lebih sederhana lagi seperti “Disana ada parkiran gak?”

Anda akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut sesuai dengan pengalaman yang Anda rasakan saat makan di restoran itu, kan? 

Inilah bagaimana influencer marketing bekerja. 

Influencer memiliki banyak followers  yang loyal, mereka mengganggap influencer memiliki minat yang ditinggi di topik sesuai kegemarannya. Saat selebgram mendeskripsikan value Anda, pesan yang disampaikan lebih kuat dibandingkan jika Anda sampaikan sendiri. 

Meningkatkan brand awareness dengan influencer bukan sekedar promosi sosial media dan tiba-tiba brand Anda jadi top-of-mind. Influencer marketing juga bukan strategi set-and-forget.

Anda harus menjaga dan bekerja secara jangka panjang untuk menumbuhkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen.

Berikut beberapa ide untuk awareness activation dengan influencer:

  • Bekerja dengan influencer dengan berbagai ukuran audiens. 

Tidak hanya sebatas Nano dan Micro, atau bahkan Macro dan Mega. Beberapa brand memilih untuk bekerja dengan salah satu dari mereka. Padahal jika di mix, campaign akan lebih efektif karena menyasar keseluruh pasar yang berbeda-beda. 

berbagai kategori influencer marketing untuk brand awareness

Namun, apa pun cara yang dipilih, bekerja dengan influencer adalah cara yang bagus untuk menjangkau ribuan orang dengan cara yang lebih organik. Salah satu contoh adalah MAYBELLINE yang bekerja sama dengan 32 influencer untuk menjaga dan memaintain brand awareness.

  • Menjalankan giveaway

Mengadakan hadiah dan kontes dengan influencer adalah cara sempurna untuk membangun sekelompok tentara promosi di media sosial. Untuk benar-benar meningkatkan awareness, minta influencer mendaftarkan aturan kontes seperti mengikuti akun merek Anda, seperti yang dilakukan salah satu client kami LIOMI dalam giveaway bersama LEMON Influencer.

  • Boost konten influencer melalui akun pribadi mereka

Dengan begitu Anda dapat menggunakan data audiens influencer untuk menargetkan iklan, bukan hanya audiens influencer yang sudah ada.

2 Alasan Influencer Marketing Adalah Langkah Tepat Brand Awareness

  • Menggapai Target Audiens Baru Secara Instant

Perilaku konsumen yang lebih banyak menghabiskan waktu secara online membuat Anda memutar otak untuk menggapai mereka. 

Dulu, mungkin iklan di TV dan baliho menjadi pilihan brand untuk memasarkan produk secara luas. Namun, saat ini konsumen sudah tidak lagi menonton tv. Mereka lebih suka mencari sesuatu melalui smartphone di kehidupan sehari-hari.

Influencer memiliki kelebihan dengan hadir melalui rutinitas keseharian pelanggan di sosial media dengan cara mereka sendiri. Anda akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan brand awareness di antara audiens; terutama di antara orang-orang yang menghabiskan banyak waktu secara online.

brand awarness dengan influencer menggapai audiens secara instant
  • Jangka Panjang

Seperti yang disebutkan di atas, kalau influencer marketing bukan hanya sekedar promosi satu malam. Dengan bekerjasama dengan influencer dalam jangka panjang, kesempatan untuk meningkatkan brand awareness lebih efektif.

Berkolaborasi jangka panjang dengan influencer dapat menghasilkan persepsi positif, karena audiens saat ini juga sudah mulai pintar dalam mengetahui mana yang otentik dan mana yang hanya promosi. 

Misalnya, influencer A hari ini menyebutkan kalau produk B adalah produk kesukaannya, dan hal tersebut disebutkan secara berulang selama 6 bulan. Audiens akan lebih percaya karena influencer tidak semudah itu berpaling ke produk C dan bilang kalau ini produk kesukaannya hanya dalam jarak waktu 2 minggu. 

Dengan kolaborasi jangka panjang, influencer juga dapat mempengaruhi rasa loyal audiens terhadap produk Anda. 

Untuk alasan yang sama, para followers akan memberi tahu teman dan keluarga mereka tentang brand yang menjadi inspirasi mereka di media sosial, terutama jika Anda memiliki komunitas yang kuat. 

Performance Indicator Untuk Awareness

Perfomance indikator untuk mengukur brand awareness dalam influencer marketing campaign

Karena brand awareness adalah tentang membuat konsumen mengenali produk Anda, brand, dan value dibandingkan dengan penjualan, inilah beberapa indikator yang harus dilihat:

  • Impressions 
  • Reach 
  • Branded search volume
  • Social media mentions 
  • Website traffic from social media channels 

Metriks ini akan membantu Anda melacak jumlah calon pelanggan baru yang mengetahui Anda melalui campaign yang dijalankan. Saat Anda terus membuat konsumen terbiasa dengan Anda, angka-angka ini idealnya akan berubah menjadi prospek.

Siap Meningkatkan Brand Awareness dengan Influencer Marketing?

Untuk membuat audiens aware tentang Anda, Anda perlu hadir terus di kehidupan mereka dan mencoba untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Ini dapat membantu menarik perhatian terhadap brand Anda dan juga membangun awareness dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki influencer atas pengikut mereka.

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang influencer marketing untuk brand awareness? Atau mungkin Anda masih bingung apakah ini langkah yang tepat untuk bisnis Anda? Anda bisa konsultasikan dengan kami

Influencer marketing platform pertama di Indonesia untuk brand awareness

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign