Lemon News Update: YUK kenali berbagai macam rewards pada Lemon Campaign!!

The end is not the reward; the path you take, the emotions that course through you as you grasp life – that is the reward.”

Jamie Magee, Embody

Hai Lemonians!

Bagaimana kabar kalian? By the way masih semangat kan untuk baca seputar Lemon Blog? Pastinya semangat dong ya! Karena kali ini kita akan membahas mengenai Rewards yang ada di Lemon. Mendengar kata Rewards pastinya sudah tidak asing lagi kan. Untuk itu kita akan mengupas tuntas berbagai macam Rewards yang akan influencers dapatkan, ketika sudah diterima di Campaign yang ada di Lemon. 

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai macam-macam rewards pada lemon campaign, yuk kita kenali dulu definisi rewards sebenarnya. 

Rewards sendiri secara harfiah adalah hadiah, penghargaan atau imbalan. Jika diperdalam lagi, Rewards adalah bentuk penghargaan atau imbalan dari jasa yang sudah kamu lakukan, kepada seseorang ataupun lembaga. Rewards diberikan jika kamu berhasil melaksanakan tugas dengan baik dan sesuai arahan yang ditetapkan. Kurang lebih sudah paham kan Lemonians? Selanjutnya kita akan kupas tuntas mengenai berbagai macam Rewards di Lemon Campaign yuk. 

Dalam Lemon Campaign terdapat dua Rewards yang akan kalian dapatkan, yang pertama adalah Fix Payment dan yang kedua berupa Product Barter. Yuk bahas kedua Rewards tersebut. 

  1. Fix Payment yang ada pada Lemon Campaign adalah rewards berupa uang tunai yang akan influencers dapatkan setelah menyelesaikan task sebelum tenggat waktu yang ditentukan. Selain mendapat rewards berupa uang tunai, influencers juga akan menerima produk dari Campaign yang didaftarkan. Fix payment atau uang tunai yang diterima pada setiap campaign memiliki jumlah yang berbeda-beda, so make sure kamu baca baik-baik dulu ya brief yang tertera pada setiap Campaign yang kamu join di LEMON. 

Untuk proses pembayaran fix payment ini akan disesuaikan dengan SKK yang sudah diberikan dan KOL setujui. Belum tau apa itu SKK?

BACA : Sebelum kamu tanda tangan, pahami dulu apa itu SKK!

Cara melihat berapa jumlah uang yang akan influencers terima cukup mudah, kamu hanya perlu melihat detail campaign yang kamu minati di aplikasi Lemon for influencers. Di setiap campaign yang ada di Lemon, Rewards akan muncul dibagian paling bawah brief campaign. So, make sure kamu scroll sampai kebawah ya.

Untuk contohnya akan muncul seperti gambar di bawah ini 

2. Rewards yang kedua adalah Product Barter, Product Barter biasanya didapatkan jika Campaign berupa Lemon Box. Dalam Product Barter influencers hanya menerima produk saja, eitss tapi tenang dulu Lemonians ! Product Barter juga memiliki product value mulai dari ratusan hingga jutaan loh. Di dalam brief yang tertera pada Campaign Lemon Box akan dijelaskan produk apa yang akan influencers dapatkan serta jumlah harganya. Contohnya seperti Campaign Lemon Box Kose Cosmeport di bawah ini. 

Tertarik menjadi bagian dari Lemon Influencer? banyak produk menarik menanti untuk kamu review loh..Daftarkan diri kamu sekarang! Langsung aja klik disini

800 Brand Kini Telah Melangkah bersama LEMON dengan Nano dan Micro-Influencer

Brand-brand mulai dari Panasonic, Garnier, ROHTO, hingga brand UMKM kini telah menggunakan influencer marketing dengan nano dan micro influencer dari LEMON.

Jakarta – 22 Maret 2021 – Sepanjang tahun 2020, LEMON telah memberikan solusi digital yang memudahkan UMKM dan Brand besar untuk eksis di ranah digital. Melalui influencer marketing ratusan brand kini memahami pentingnya teknologi digital dalam bisnis dan sukses bertahan di masa pandemi ini. LEMON membagikan resep dan tren dalam campaign yang telah sukses di tahun sebelumnya dan diprediksi masih akan laris di tahun 2021.

CEO of PT C CHANNEL Media Indonesia, Yamato Sasagawa mengatakan, “800 brand yang registrasi di LEMON Influencer Platform adalah achievement terbesar bagi kami. Selain itu, tidak hanya jumlah yang besar. Namun, LEMON Influencer Platform juga memiliki komunitas yang kuat, serta influencers yang berkualitas. Dan hal itulah yang membedakan kami dari platform lainnya.”

Berbagai kemudahan dirasakan oleh para pemilik brand dalam LEMON Influencer platform. Fitur ini dapat melihat influencer yang mendaftar ke campaign, dan dapat memilih sendiri influencer yang tepat adalah salah satu fitur yang bisa dirasakan oleh brand. Cara ini tentunya dapat memudahkan brand, dibandingkan harus mencari sendiri influencer dan mengontak mereka satu per-satu untuk mencari rate card mereka. Terlebih kini LEMON telah menyediakan fitur draft system, dimana brand dapat melihat daft dari influencer dan memberikan feedback dari dalam app.

VP of Business PT C CHANNEL Indonesia, Yosua Omimaru, “Kategori kosmetik dan makanan dan minuman menjadi kategori influencer yang paling dicari oleh brand selama periode Juli hingga November 2020.” Berikut adalah beberapa tren dari 2020 yang diprediksi akan menjadi tren di tahun 2021.

Tren kosmetik serta Kuliner meningkat, Makanan dan Minum diprediksi jadi jawara terutama ketika Ramadan

Data LEMON menemukan bahwa influencer beauty dan kuliner adalah jenis influencer yang paling banyak dicari. Dari banyaknya usaha kuliner dan brand kosmetik yang mulai bermunculan, maka kebutuhan akan influencer pun akan semakin meningkat tahun 2021 ini.

Nano dan Micro-Influencer akan terus menanjak

Nano-influencers dengan followers kurang dari 1,000 followers memiliki 7x lebih tinggi engagement rate dibandingkan dengan mega-influencer yang memiliki 100,000 followers. Kami telah menganalisa lebih dari 20,000 influencer di LEMON dalam platform marketing lainnya seperti Instagram, TikTok, dan Twitter untuk melihat beberapa variasi engagement tergantung dari jumlah followers. Kami telah mencapai kesimpulan bahwa influencer dengan jumlah followers yang tinggi memiliki engagement rate yang lebih rendah dibandingkan dengan yang memiliki sedikit followers.

TikTok menjadi sarana untuk menggaet pelanggan dengan target market baru

Memberikan informasi yang memiliki vaue menjadi strategi pemasaran yang paling poluler dipilih oleh Brand alam menggaet pelanngan baru. Strategi ini kerap diikuti dengan video yang berbeda dibandingkan dengan promosi di Instagram. Kini sudah ada 5.000 influencer TikTok yang tergabung dalam LEMON. Vice President of Business LEMON, Yosua Omimaru mengungkapkan, “TikTok Micro Influencer Service adalah layanan menyambungkan brand ke ribuan influencer yang ada di TikTok. Brand tidak perlu lagi mencari profilnya satu per satu, tinggal bikin campaign, influencer daftar, lalu brand memilih influencer yang brand sukai”.

Komunitas berperan penting untuk meningkatkan loyalitas brand

Jaringan komunitas Bersama influencer sangat membantu mengakselerasi bisnis UMKM dan Brand terutama yang baru terjun di dunia influencer marketing. Wadah yang diciptakan oleh LEMON seperti LEMON Academy dan LEMON Squad membantu brand untuk berinteraksi langsung dengan influencer yang mempromosikan brand.

Penjelasan lengkap dan studi kasus berbagai brand terangkum dan dapat diakses secara GRATIS di sini

Melangkah di tahun 2021, LEMON akan semakin memperkuat komitmennya dalam mebantu UMKM dan Brand supaya tetap berkembang dan produktif di tengah pandemi dengan inovasi teknologi dari LEMON. Tantangan masih akan kita rasakan tetap dibekali pengalaman dan pembelajaran yang akan membuat semakin tangguh dalam menghadapi tahun ini.

***

Tentang LEMON Influencer Platform

LEMON, adalah Influencer Platform yang diluncurkan oleh PT C CHANNEL Media Indonesia. Platform ini menghubungkan brand dan influencer dalam satu tempat. Saat ini LEMON membantu bisnis dengan skala kecil hingga skala besar dengan influencer baik itu blogger hingga creator dari Youtube, Instagram, dan Tiktok

Kontak media:

Tim PR : pr@lemon.cm

Angka Insight Kacau, Apakah Itu Pengaruh dari Shadow Banned?

Your value doesn’t decrease based on someone’s inability to see your worth

Hai lemonians!Apakah ada yang merasa terkadang angka insight kamu tidak seperti biasanya? Contoh hal sederhana adalah jumlah views Instagram story kamu yang sangat kecil bila dibandingkan dengan beberapa hari yang lalu. Tenang lemonians karena kamu tidak sendiri, sekarang ini pengguna Instagram yang lain juga merasakan hal yang sama dimana ada hal yang aneh terjadi pada perolehan angka insight mereka yang dinilai tidak wajar. Terdengar kabar bahwa hal tersebut terjadi lantaran adanya shadow banned. Kira-kira apa itu shadowbanned?

Apa itu Shadow banned?

Shadow banned adalah salah satu aktivitas pemblokiran terhadap beberapa konten yang dinilai oleh pihak Instagram tidak layak, hal ini berdampak pada konten yang kamu posting sulit untuk dijangkau oleh pengguna lain. Oleh karena itu, cukup mempengaruhi penurunan pada perolehan angka likes, views, reach dan impression pada konten yang sudah kamu posting. Ada pun yang mengalami penurunan pada angka followers karena dampak dari shadowbanned tersebut. Tentunya hal ini sangat merugikan bagi para influencer yang cukup bergantung pada perolehan angka insight dari setiap konten yang mereka posting. Tapi apakah betul hal tersebut salah satu dampak dari pengaruh shadowbanned tersebut? Dan apakah shadow banned ini betul-betul ada?

Isu terkait shadow banned ini sebenarnya sudah lama berhembus kabarnya bahkan dari 4 tahun lalu. Pihak Instagram melalui platform Facebook pun pernah meluruskan hal tersebut, Instagram menyatakan bahwa perubahan yang terjadi pada angka insight tersebut bukan karena shadow banned seperti yang ramai dibicarakan, melainkan adanya perubahan dasar perhitungan algoritma pada sistem Instagram. Terkait dengan konten postingan yang tidak muncul hal tersebut bisa terjadi jika konten tersebut dilaporkan dan dianggap tidak pantas untuk ditampilkan seperti menyinggung komunitas tertentu. Pada kesempatan tersebut perwakilan dari Instagram menyatakan diharapkan para pembuat konten agar lebih fokus pada kualitas konten dan pesan yang ingin disampaikan sehingga lebih tersampaikan pada target audiensnya.

Tips Agar Terhindar Dari Shadow banned

  1. Jangan menggunakan hashtag yang terlalu banyak dan terlarang
  2. Atur penjadwalan waktu postingan kamu, beri jeda 2-3 hari sebelum memposting konten terbaru
  3. Jangan membeli followers dan likes 
  4. dan juga hindari spamming likes dan comments 

Meskipun hingga saat ini shadow banned masih belum terbukti benar adanya, kamu bisa memulai aktivitas pada Instagram kamu lebih baik lagi untuk memperbaiki insight kamu. Sejauh ini pihak Instagram mengklaim bahwa terjadinya perubahan tersebut lantaran adanya perhitungan algoritma terbaru pada Instagram. Menurut algoritma Instagram terbaru juga sekarang ini angka reach atau jangkauan termasuk kedalam angka yang cukup penting untuk mengukur apakah postingan tersebut diterima baik oleh audiens atau tidak. Jika angka jangkauan kamu tinggi tandanya konten yang kamu posting sudah sangat baik diterima masyarakat. Reach pada insight Instagram sendiri memiliki pengertian, seberapa banyak jumlah akun unik yang telah melihat konten kamu atau dengan kata lain akun-akun yang tidak follow kamu. Coba cek sekarang gimana angka jangkauan kamu sudah baik atau masih perlu diperbaiki? 

BACA JUGA : Kenali Algoritma Terbaru Instagram Yang Perlu Kamu Ketahui

Tertarik menjadi bagian dari Lemon Influencer? banyak produk menarik menanti untuk kamu review loh..Daftarkan diri kamu sekarang! Langsung aja klik disini

Kenali Algoritma Terbaru Instagram Yang Perlu Kamu Ketahui

kenali profil instagram influencer sebelum endorse makanan

all engagement is important and appreciated

sylviaduckworth

“Kok angka insight hari ini sama kemarin beda ya?”

“Kok insight aku turun?”

“Kok views story angkanya kecil banget ya?”

“Postingan kamu yang ini ga muncul di aku loh”

Siapa disini yang mengalami hal serupa dengan kasus diatas? Kamu jangan patah semangat dulu ya lemonians, angka insight yang kecil bukan berarti konten kamu tidak menarik tapi saat ini Instagram sudah merubah perhitungan algoritma dengan yang terbaru. Kamu simak artikel berikut ya dijamin kita akan kupas tuntas supaya insight kamu bisa lebih stabil seperti kemarin-kemarin

Algoritma Instagram Story

Kamu sadar tidak kalau insight story saat ini jika sudah melewati lebih dari 24 jam angka nya akan sangat berbanding jauh pada saat story tersebut masih tayang. Oleh karena itu, jika kamu sedang bekerjasama dengan sebuah brand dan mereka meminta kamu untuk submit insight lebih baik jika sudah tayang sekitar 20-22 jam langsung kamu screenshot saja agar angka yang berhasil kamu collect masih berupa angka original viewers kamu. Selain permasalahan insight yang bermasalah, sadar tidak kalian kalau sekarang tampilan stories tersusun tidak lagi berdasarkan waktu berapa lama mereka sudah posting melainkan Instagram akan menampilkan lebih awal akun-akun yang kamu sering lakukan interaksi. 

Interaksi pada followers kamu akan sangat membantu dalam memperbaiki angka insight kamu loh. Hal-hal yang dapat kamu lakukan sebagai berikut :

  1. Membuka sesi Q&A
  2. Membalas DM yang masuk
  3. Membuat konsep story yang melibatkan followers kamu seperti  “This or That”

Algoritma Instagram Feeds

Selain instagram story, feeds saat ini juga mengalami perubahan loh. Biasanya tampilan pada layar utama Instagram kamu hanya muncul postingan dari orang-orang yang kamu follow saja, betul kan? Tapi dengan adanya algoritma terbaru, saat ini Instagram memunculkan konten pada layar utama dengan menyesuaikan interest, dan aktivitas kamu di Instagram atau bisa dikatakan seperti pada fitur explore .

Hal ini berdampak pada beberapa orang sulit menemukan postingan kamu, beberapa faktor dapat terjadi salah satunya mungkin kamu jarang berinteraksi dengan pemilik akun tersebut. Selain itu juga mempengaruhi angka insight kamu yang juga mengalami penurunan. Oleh karena itu, berikut akan kami berikan tips agar postingan konten kamu tetap stabil insight nya. 

Tahukah kamu bahwa dalam Instagram Feed terdapat 4 hal yang dapat menentukan angka insight kamu? Ya betul, likes, comments, share, dan saved. Kira-kira dari keempat hal ini mana sih yang menurut kamu paling penting memiliki angka tertinggi? Kebanyakan dari orang-orang lebih mementingkan angka likes padahal pada kenyataan nya menurut algoritma terbaru Instagram justru adalah angka saved yang memiliki peranan penting sebagai tolak ukur audience engagement akun kamu. Kemudian yang kedua adalah, shared lalu disusul oleh jumlah komen dan yang terakhir baru masuk ke angka likes.

Dengan kata lain postingan yang memiliki jumlah saved terbanyakan justru akan sering muncul pada fitur suggested post pada seluruh pengguna Instagram sehingga dapat mencangkup audience lebih banyak yang menguntungkan pada angka pada insight kamu.

https://www.instagram.com/p/CFx7FHIhHLG/

Jadi saat ini algoritma Instagram terbaru lebih memfokuskan pada angka jangkauan atau reach, hal tersebut terjadi karena ternyata angka jangkauan dapat menentukan semakin tinggi angkanya pada postingan kamu maka semakin tinggi engagement yang kamu peroleh. Pada dasarnya angka reach diperoleh dari seberapa banyak akun-akun unik atau akun yang bukan menjadi followers kamu dapat mengakses atau melihat postingan kamu. Dengan adanya algoritma terbaru pada Instagram jangan membuat kamu patah semangat dalam membuat konten ya, kenali dan pelajari hal-hal terbaru dalam dunia sosial media. Jangan lupa juga untuk berdiskusi dengan teman-teman sesama influencer karena itu bagus untuk kamu memperluas pengetahuan dalam bidang sosial media. Menurut kamu apa lagi yang bisa dilakukan agar insight kamu jadi lebih stabil selain cara-cara yang sudah disampaikan? Langsung komen di bawah yaa..

Tertarik menjadi bagian dari Lemon Influencer? banyak produk menarik menanti untuk kamu review loh..Daftarkan diri kamu sekarang! Langsung aja klik disini

Lemon News Update : Sekarang Kamu Sudah Bisa Input Data Insights Sendiri

Your transparency will lead to other people transformation

Trent Shelton

Ada yang baru nih dari Lemon..

Hai lemonians! Sudah tahu bahwa sekarang di Lemon ada fitur baru dimana kamu dapat input insight sendiri loh. Pada umumnya setiap kali selesai mengerjakan tugas dalam sebuah campaign, influencer akan diminta oleh tim Lemon untuk input insight pada aplikasi Lemon. Tujuanya adalah untuk melaporkan hasil data insight postingan kamu sebagai patokan seberapa besar engage yang dihasilkan untuk campaign tersebut. 

Buat kamu yang masih bingung apa itu insight, yuk kita bahas satu persatu!

Insight Instagram adalah salah satu fitur yang diberikan oleh Instagram dan dikhususkan untuk pemilik akun bisnis agar dapat mengetahui seberapa besar jangkauan yang kamu peroleh pada postingan tersebut. Jika kamu masih menggunakan akun personal atau bukan akun bisnis maka kamu tidak dapat mengecek data insight postingan kamu. Caranya mudah kamu hanya perlu daftarkan diri di bagian “pengaturan” lalu “tambahkan sebagai akun bisnis”. Kemudian kamu akan diminta untuk memilih kategori yang sesuai dengan interest personal kamu, jika sudah selesai maka akun kamu sudah menjadi akun bisnis dan dapat mengecek data insight. Oh iya ada yang perlu diingat, kamu tidak bisa mengecek postingan yang terdahulu ketika kamu masih menjadi akun personal, sehingga untuk menjaga agar data insight kamu tidak hilang jangan mengubah akun bisnis kamu menjadi akun personal karena hal tersebut beresiko dimana seluruh data insight akan hilang. 

Hal-hal yang dapat kamu peroleh dari insight Instagram sebagai berikut :
1. Data demografis pengikut kamu

2. Data engagement postingan kamu yang meliputi likes, views, share, save, comments, dst

3. Data jumlah kunjungan profil kamu, dan masih banyak lagi

Input Analytics

Sekarang di Lemon sudah ada fitur input analytics yang berfungsi untuk memudahkan influencer dalam menginput data insight nya sendiri pada aplikasi. Hal ini bertujuan sebagai bentuk transparansi antara pihak Lemon dan influencer. Sebelumnya influencer hanya diminta untuk submit screenshot data insight instagram mereka di aplikasi, namun sekarang influencer juga diminta untuk submit angka pada kolom yang telah tersedia. Namun tidak sedikit ditemukan banyak beberapa kesalahan saat melakukan input data insight, berikut kami berikan penjelasan singkat bagaimana cara menginput data insight yang benar

Instagram Story

Instagram Feeds

KESIMPULAN

BACA JUGA : Yuk mengenal lebih dekat insight performa kamu di Instagram!

Nah sekarang sudah tidak bingung lagi kan bagaimana cara input data insight pada aplikasi Lemon, jangan lupa untuk submit insight H+7 setelah posting. Jika kamu merasa “kok angka aku kecil ya” kamu bisa meningkatkan angka pada insight kamu dengan berbagai cara, salah satunya adalah aktif dalam berinteraksi dengan pengikut kamu di Instagram. Jadi seorang influencer tidak hanya melulu soal membuat konten yang bagus loh lemonians tapi kamu juga dituntut mampu berkomunikasi dengan baik kepada para pengikut kamu agar mereka tertarik dengan produk yang sedang kamu promosikan. Tingkat antusias mereka tersebut dapat diukur salah satunya melalui hasil data angka pada insight kamu. 

BACA JUGA : “How to Grow Your Engagement Rate” – Webinar Lemon Squad Academy, Juni 2020

Tertarik menjadi bagian dari Lemon Influencer? banyak produk menarik menanti untuk kamu review loh..Daftarkan diri kamu sekarang! Langsung aja klik disini

Awal Tahun, 5.000 Micro Influencer TikTok sudah Registrasi di LEMON

Jakarta, 20 Januari 2021 – Di awal tahun baru ini LEMON Influencer Platform memecahkan rekor goal kuartal dengan adanya 5.000 Micro Influencer Tiktok yang telah registrasi. Peningkatan influencer TikTok yang telah mendaftar di LEMON membuka bisnis untuk LEMON dalam membentuk TikTok Influencer Service.

Vice President of Business LEMON, Yosua Omimaru mengungkapkan, “TikTok Micro Influencer Service adalah layanan menyambungkan brand ke ribuan influencer yang ada di TikTok. Brand tidak perlu lagi mencari profilnya satu per satu, tinggal bikin campaign, influencer daftar, lalu brand memilih influencer yang brand sukai”.

Pentingnya Micro Influencer TikTok sebagai Aset di antara Influencer Lainnya

Pesatnya pertumbuhan pengguna TikTok menjadi daya Tarik sendiri pada marketers untuk memasarkan produk mereka lewat influencer TikTok. Menurut Yosua, “ TikTok adalah the next platform untuk generasi sosmed”.

“Karena selama Covid, rata-rata waktu yang user habiskan berada di dalam aplikasi per bulannya adalah 800 menit, atau setara dengan menonton 17 film. Ini bukan hal yang mengherankan karena attention span di TikTok jauh lebih tinggi daripada Instagram yang konten-konten utamanya maksimal 15 detik hingga 1 menit. Bila brand terlambat tap into this generation, maka brand lain yang akan mengambil alih”. Ungkapnya.

Pertumbuhan TikTok Influencer di LEMON Influencer Platform

Gandeng Komunitas, Kembangkan Potensi Diri Micro Influencer

Viola Maulinia, KOL dan Community Manager LEMON, mulai fokus memanfaatkan platform LEMON untuk menggandeng setiap influencer untu bekerja sama. Ia konsisten mengedukasi dan memberdayakan potensi setiap influencer untuk terus meningkatkan kualitas diri mereka sebagai seorang influencer. Menurutnya penting untuk setiap influencer yang tergabung dalam komunitas LEMON tidak hanya ingin mendapatkan produk saja, namun juga bisa mendapatkan pengetahuan baru.

“Setiap campaign ktia punya grup komunikasinya, jadi Influencer bisa tanya atau konsultasi anytime jika ada yg ingin ditanyakan dan sesama influencer nya juga jadi saling support & berbagi info. Jd ada komunikasi antar influencer juga, tidak hanya tim LEMON dgn Influencer-nya”

LEMON Menjadi Salah Satu Strategi Pemasaran untuk Jaga Relevansi

Menanggapi pandemi ini kita harus terus menjaga relevansi agar tidak tergerus dengan berjalannya tren yang ada. Ia mengatakan “LEMON meng-encourage 23 ribu micro influencer Instagram aktif yang sudah ada di dalam database untuk membuka/mendaftarkan akun TikTok mereka di LEMON agar mendapatkan project-project yang berhubungan dengan TikTok”.

Di awal tahun in, LEMON berambisi untuk menjadi salah satu bagian dari strategi pemasaran Brand karena kemudahan di dalam platform mereka. “Setiap jenis campaign yang bisa dilakukan di Instagram, kini bisa dilakukan di TikTok. Caranya sama persis: create campaign, isi brief, lalu di scope of work pilih platform TikTok.” Tambah Yosua.

***

Tentang LEMON Influencer Platform

LEMON, adalah Influencer Platform yang diluncurkan oleh PT C CHANNEL Media Indonesia.  Platform ini menghubungkan brand dan influencer dalam satu tempat. Saat ini LEMON membantu bisnis dengan skala kecil hingga skala besar dengan influencer baik itu blogger hingga creator dari Youtube, Instagram, dan Tiktok

Terus Berkembang, Kini 600 Brand Sudah Registrasi di LEMON Influencer Platform

600 Brand sudah registrasi

Jakarta, 27 November 2020 – Setelah satu tahun kehadirannya, LEMON Influencer Platform melalui LEMON for Brand telah mempermudah brand mulai dari bisnis dengan skala kecil, hingga bisnis dengan skala besar untuk terkoneksi dengan influencer. LEMON Influencer platform hadir untuk membantu brand-brand dalam mengembangkan produk mereka dalam tahap brand awareness lewat influencer.

Terkoneksi dengan 20.000+ Influencer

LEMON Influencer Platform kini sudah memiliki lebih dari 20.000 influencer dan 345 juta total followers. Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa micro influencer dan nano influencer memiliki engagement yang tinggi dengan followers mereka, sehingga sangat mungkin bagi mereka untuk memengaruhi followersnya untuk membeli produk yang mereka review, karena review dari mereka dirasa lebih jujur.

CEO of PT C CHANNEL Media Indonesia, Yamato Sasagawa memaparkan “600 brand yang registrasi di LEMON Influencer Platform adalah achievement terbesar bagi kami. Selain itu, tidak hanya jumlah yang besar. Namun, LEMON Influencer Platform juga memiliki komunitas yang kuat, serta influencers yang berkualitas. Dan hal itulah yang membedakan kami dari platform lainnya.”

Berbagai kemudahan dirasakan oleh para pemilik brand dalam LEMON Influencer platform. Fitur ini dapat melihat influencer yang mendaftar ke campaign, dan dapat memilih sendiri influencer yang tepat adalah salah satu fitur yang bisa dirasakan oleh brand. Cara ini tentunya dapat memudahkan brand, dibandingkan harus mencari sendiri influencer dan mengontak mereka satu per-satu untuk mencari rate card mereka. Terlebih influencer di LEMON Platform terdiri dari bermacam-macam kategori mulai dari beauty hingga gamers.

VP of Business PT C CHANNEL Indonesia, Yosua Omimaru, “Kategori kosmetik serta makanan dan minuman menjadi kategori influencer yang paling dicari oleh brand selama periode Juli hingga November 2020.”

Online dan Digital Marketing Menjadi Tren di Kala Pandemi

Selama kuartal empat ini, registrasi brand di LEMON Influencer Platform meningkat hingga 2 kali lipat dibadingkan kuarter-kuarter sebelumnya. Terutama untuk brand dengan kategori kosmetik. Saat ini mulai banyak produk-produk lokal yang mulai giat memulai kampanye marketingnya untuk bersaing dengan brand-brand luar. “Yang tadinya influencer marketing dilakukan offline via event, gathering, shop visit, sekarang harus dilakukan secara online. Termasuk scouting (mencari informasi terkait competitor) dan pembagian SOW (Scope of work).” Tambah Yosua

Semua orang adalah Influencer di masa depan

Saat ini semua orang sudah dikatakan adalah seoarang Creator. “Di masa depan istilah influencer mungkin sudah tidak ada lagi. Karena, semua orang adalah creator. Semua orang memiliki caranya sendiri untuk influence, sehingga fokus saya masih akan tetap pada tren micro influencer, namun dibandingkan untuk mempromosikan suatu produk. Namun, influencer ini akan membuat konten mereka sendiri dengan sukarela.” Tutur Yamato.

Rencana untuk Ekspansi

Kesadaran masyarakat terutama pemilik usaha akan pentingnya pemasaran secara digital menjadi semakin tinggi ketika pandemi ini. Tentu saja, kunci untuk menghadapi era pandemi ini adlaah terus berinovasi dan berkolaborasi. “Dalam jangka waktu dekat, kami berencana untuk menyediakan full servis untuk TikTok Influencer Marketing dan menjadi official content creator marketplace partner dengan TikTok.” Tambah Yosua.

Rencana untuk melebarkan sayap untuk menjangkau negara lain pun menjadi misi bagi LEMON Influencer Platform “Influencer commerce akan menjadi fokus kami tahun depan. Tidak hanya itu, kami berencana akan melakukan ekspansi global, seperti Thailand, Taiwan, dan juga India”. Tutup Yamato.

***
Tentang LEMON Influencer Platform

LEMON, adalah Influencer Platform yang diluncurkan oleh PT C CHANNEL Media Indonesia.  Platform ini menghubungkan brand dan influencer dalam satu tempat. Saat ini LEMON membantu bisnis dengan skala kecil hingga skala besar dengan influencer baik itu blogger hingga creator dari Youtube, Instagram, dan Tiktok

Kontak media:

Tim PR LEMON | pr@lemon.cm

FAQ (Pertanyaan yang sering diajukan) – LEMON Influencer Platform

Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh klien LEMON Influencer Platform.

Influencer yang tersedia di LEMON memiliki followers berapa?

  • Followers yang sudah terdaftar di LEMON platform mayoritas adalah Influencer Nano-Micro yang memiliki followers dari 1.000 sampai 50.000.

LEMON bisa buat endorse tidak?

  • LEMON memiliki service yang cocok untuk brand awareness yaitu LEMON Box yang  menggunakan lebih banyak Nano influencer dengan harga terjangkau menggunakan gifting ke influencer.

Apa bedanya buzzer, Influencer, dan KOL?

  • Secara singkat Buzzer adalah orang-orang yang mempromosikan atau mengkampanyekan suatu produk di media sosialnya. Sedangkan Influencer memiliki pengikut yang banyak dan juga pengaruh yang tinggi di media sosial terutama Instagram, dan untuk KOL (Key Opinion Leader) sendiri adalah orang-orang yang sudah dikenal banyak orang tanpa pengaruh dari media sosial. 

Apakah LEMON hanya memiliki jasa di media sosial Instagram saja? 

  • Ya, saat ini LEMON lebih berfokus pada media sosial Instagram namun untuk media sosial lainnya bisa di sesuaikan dengan kebutuhan klien.

Butuh model untuk keperluan photoshoot/video shoot, apakah ada?

  • Ada, LEMON juga memiliki service Talent management untuk setiap kebutuhan klien, mulai dari photoshoot, private campaign, dan lainnya.

Jenis produk berupa aplikasi, apakah bisa memakai service dari LEMON?

  • Bisa, namun tergantung dari jenis aplikasi seperti apa yang cocok untuk LEMON Influencer. Misal: Produk aplikasi jasa keuangan (ex: bibit.id) selama aplikasi atau usaha tersebut sudah terverifikasi dan sudah memiliki izin, maka dapat membuat campaign di LEMON.

Bagaimana dengan scope of work dari Influencer?

  • Ketentuan scope of work berupa 1 IG Feed dan 1 IG Story, ketentuan ini dapat diubah seiring dengan kebutuhan dari klien.

Berapa minimal Influencer yang digunakan untuk membuat campaign?

  • Minimal Influencer untuk membuat campaign di LEMON adalah 30 Influencer (nano-micro).

Jika ingin membuat campaign dengan 50 Influencer, harganya berapa?

Budget terbatas, tapi butuh service yang dapat menaikkan brand awareness.

  • Tenang, LEMON memiliki service LEMON Box dengan harga mulai dari IDR 7,500,000,- sudah mendapatkan 30 Influencer nano-micro.

Bagaimana cara membuat campaign di LEMON Influencer Platform?

  • Buat akun anda sebagai brand di sini https://lemon.cm/ dan ikuti langkah-langkah untuk membuat campaign di LEMON Influencer Platform.

Bagaimana mengetahui bahwa Influencer benar-benar melakukan pekerjaannya?

  • Tim LEMON yang akan langsung maintenance dan berkomunikasi dengan Influencer, dan setelah campaign berakhir akan diberikan hasil laporan oleh tim LEMON.

Apakah klien bisa memilih Influencer yang diinginkan?

  • Ya bisa, tim LEMON yang akan berkomunikasi langsung dengan Influencer tersebut.

Apakah ada contoh dari campaign-campaign yang pernah memakai service LEMON?

Butuh Influencer mom, apakah ada?

  • Ya ada. Influencer mom yang terdaftar di LEMON sudah mencapai 100+ dan akan terus bertambah.

Saya ingin memakai Influencer macro dan mega, bisa minta rate card nya?

  • Bisa, namun yang dapat kami berikan untuk sekarang hanya berupa sample nya saja. Untuk rate card lengkap perlu didiskusikan lebih lanjut untuk mencegah pencurian data.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat campaign?

  • Waktu yang kami butuhkan untuk membuat campaign adalah 2 minggu. Mulai dari awal membuka campaign lalu mengumpulkan Influencer sampai dengan campaign ditutup.

Produk yang saya miliki masih menunggu izin dari pemerintah, apakah dapat membuat campaign di LEMON terlebih dahulu?

  • Belum bisa, kami harus memastikan bahwa produk atau brand yang bekerjasama dengan kami memiliki izin terlebih dahulu sehingga Influencer yang terdaftar di LEMON merasa aman untuk mengikuti campaign dengan produk yang akan ia review nantinya.

Apakah bisa menunjukkan demo?

  • Saat ini untuk demo masih belum tersedia. Namun, kita bisa atur zoom tour untuk memperlihatkan LEMON for Brand.

Contoh influencernya siapa aja?

  • Mudahnya adalah dengan melihat dari media sosial Instagram, para Influencer yang sudah terdaftar di LEMON akan menggunakan hastag #LemonSquad #LemonInfluencer di biography-nya dan juga di postingannya.

Apakah Lemon menyediakan buzzer?

  • Belum, untuk saat ini LEMON masih berfokus pada brand awareness.

Apakah Influencer tersebut juga bisa sekalian like dan comment postingan dari akun klien?

  • Untuk scope of work seperti ini bisa di custom sesuai kebutuhan dari klien.

Saya bisa lihat list dan engagement rate dari Influencernya tidak?

  • List Influencer belum dapat kami berikan selama belum ada fix deal, namun untuk engagement rate average dari Influencer yang mengikuti campaign dari Lemon dapat kami berikan.

Bagaimana dengan reportnya?

  • Setiap klien yang menggunakan service LEMON akan mendapatkan report dari tim LEMON setelah campaign berakhir tanpa biaya tambahan.

Saya mau pake LEMON Box tapi saya mau followersnya di atas 25 ribu, bisa tidak?

  • Bisa, namun biaya yang dikeluarkan untuk Influencer yang memiliki followers 25 ribu ke atas tentu akan lebih besar.

Produk saya membutuhkan Influencer laki-laki, apakah LEMON ada?

  • Ya ada, meskipun Influencer LEMON mayoritas adalah perempuan tetapi LEMON bisa provide untuk kebutuhan Influencer laki-laki.

Kini 300 Brand Sudah Registrasi di Lemon Influencer Platform

Lemon Influencer Platfrom launch pada Oktober 2019, didesain untuk menghubungkan brand dengan influencer dengan mudah.

Saat ini sudah ada 10.000+ influencer yang mendaftar di Lemon dan ratusan brand sudah registrasi di Lemon. Lalu apa saja keuntungan mendaftar di Lemon? Mari kita simak.

Terkoneksi dengan 10.000+ Influencer

Aplikasi Lemon Influencer kini sudah memiliki 10.000+ influencer yang bisa Anda utilize untuk campaign Anda. Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa micro influencer dan nano influencer memiliki engagement yang tinggi dengan followers mereka, sehingga sangat mungkin bagi mereka untuk memengaruhi followersnya untuk membeli produk yang mereka review, karena review dari mereka dirasa lebih jujur.

BACA JUGA: Cara Memilih Social Media Influencer yang Tepat untuk Influencer Marketing

Dapat Memilih Sendiri Influencer yang Tepat

Seperti yang telah diketahui bahwa Ketika Anda registrasi di Lemon dan membuat campaign, Anda akan terkoneksi dengan 10.000+ influencer. Ketika campaign Anda published di Lemon, maka akan ada puluhan ribu influencer yang mendaftar ikut campaign Anda dan Anda bisa bebas memilih influencer yang cocok dengan produk Anda.

Client Specialist yang Siap Membantu

Jika bingung membuat campaign yang menarik untuk Anda, Anda bisa cek study case dari campaign di Lemon untuk inspirasi Anda. Jika Anda butuh bantuan dan memiliki masalah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan client specialist kami.

Mendapatkan Aset untuk Kegiatan Marketing Anda

Ketika Anda membuat campaign, jangan lupa cantumkan mood yang sesuai sebagai referensi influencer Anda untuk posting di social media tentang produk Anda. Hal ini dibuat karena aset dari influencer yang Anda pilih bisa Anda gunakan untuk aset marketing Anda ke depannya.

Report yang Lengkap

Setelah Anda menjalankan report, lalu apa selanjutnya?

BACA JUGA: Cara Mengukur Keberhasilan Influencer Marketing

Tenang, setelah Anda menjalankan campaign, Anda akan mendapatkan report yang berisi tentang keseluruhan campaign ini berjalan, ada berapa influencer yang ikut, berapa engagement rate mereka di postingan yang berhubungan dengan produk Anda, dan tentu saja next action plan ke depannya.

Jika Anda tertarik untuk melakukan membuat brand Anda lebih terkenal lagi, silahkan Registrasi GRATIS di sini atau hubungi client specialist kami di sini.

Sebelum kamu tanda tangan, pahami dulu apa itu SKK!

Accept responsibility for your actions. Be accountable for your results. Take ownership of your mistakes

Hai lemonians! 🍋💛

Bagaimana kabarnya? Masih semangat kan untuk baca seputar info dari lemonblog? Masih dong yaa, karena dimana lagi kalian bisa dapat info-info menarik seputar dunia influencer kalau bukan di lemonblog..

So, minggu ini kita mau bahas terkait dengan Surat Konfirmasi Kerjasama atau SKK!

Untuk kalian yang sudah menjalankan campaign di lemon pasti sudah tidak asing lagi dengan kata SKK kan? 

Ya, jadi setiap campaign di lemon kita memberikan fasilitas kepada para influencer  untuk menandatangani SKK tersebut, fungsi nya buat apa sih? Fungsi nya adalah agar seluruh kerjasama yang dilakukan antara influencer dan lemon itu legal di atas kertas. Tapi terkadang banyak juga influencer yang asal tanda tangan tanpa membaca ulang atau mengkonfirmasi isi dari SKK, hati-hati yaa lemonians karena segala yang tercantum pada SKK harus dipertanggung jawabkan kedepannya!

Memang isi SKK itu ada apa aja sih?

SKK pada lemon sendiri mencangkup,

  1. deskripsi detail berapa banyak scope of work yang harus dilakukan influencer. Contoh satu kali story unboxing dan satu kali posting foto feed. Poin ini bertujuan untuk menjelaskan  kesepakatan kepada influencer apa kewajiban yang mereka harus jalankan. Oleh karena itu jangan lalai dalam menjalankan tugas kamu yaa, jangan sampai kamu hanya posting satu kali story lalu lalai tidak menjalankan posting foto feed bisa jadi kelalaian kamu tersebut akan diminta pertanggung jawaban nantinya.
  2. Kesepakatan jumlah bayaran yang akan kamu terima setelah campaign berakhir. Tidak sedikit campaign di lemon ini juga menawarkan kerjasama dengan fixed payment lemonians. Biasanya SKK yang harus ditandatangani oleh influencer mencangkup jumlah bayaran yang akan diterima beserta dengan waktu kapan tim lemon melakukan pembayaran. 
  3. Denda-denda yang akan diterima influencer jika lalai dalam menjalankan tugas. Jadi tujuan lain lemon menerbitkan SKK disetiap campaign adalah untuk menghindari pembatalan kerjasama dari satu pihak. Bisa saja influencer mangkir dalam menjalankan tugas lalu hilang begitu saja. Nah di SKK sudah tercantum beberapa denda yang akan diterima bagi siapa saja yang melanggar kewajibannya. Jika campaign bersifat produk barter maka denda nya adalah influencer wajib mengembalikan produk. Lalu jika campaign bersifat fixed payment maka influencer akan menerima denda dengan cara pemotongan fee. Hal-hal tersebut dilakukan untuk menghindari pemberhentian sepihak di dalam kerjasama tersebut.
  4. Data diri influencer yang meliputi nama, alamat, KTP, nomor telepon,  dan nomor rekening. Mungkin buat kamu yang baru pertama kali menerima SKK berpikir “aduuh itu kan personal kak, ga mau ah ribet!”. Etttts, tunggu dulu. Kira-kira kenapa sih perlu data diri tersebut kamu isi pada SKK? Kembali lagi SKK ini diterbitkan agar segala aktivitas kerjasama tersebut legal di atas kertas dan kita ingin semua transparan jadi sangat diperlukan data diri kamu. Dan tenang saja semua aman kita arsipkan. Selain itu juga bisa sebagai bukti bahwa kamu dengan nama, alamat, dan KTP demikian sudah menyetujui kerjasama dengan lemon.

Itu dia lemonians, isi dari SKK atau Surat Konfirmasi Kerjasama. So, ga usah ragu lagi untuk daftar campaign-campaign menarik di lemon yaa. Karena semua yang akan kamu kerjakan itu legal. Tidak cuman itu saja, dengan ada nya SKK kamu pun jadi belajar untuk bisa bertanggung jawab dalam menyelesaikan kerjasama tersebut hingga tuntas. Nah aku mau tanya nih, setelah kamu baca-baca apa aja isi SKK dan fungsi nya. Menurut kamu penting ga sih SKK itu? Komen di bawah yaa!

Sekian lemonblog kali ini, sampai bertemu di lemonblog selanjutnya! 🍋💛

sources cover : https://www.shutterstock.com/es/video/clip-400780-signing-contract