Jackson Shoes: Membuka Peluang Ekspansi Pasar dengan Makro Influencer di Instagram

influencer marketing

Lemon helps us get more followers on our social media channel

Akmalia – Digital Marketing

Berkenalan dengan Brand

Jackson shoes hadir pada tahun 2019 di bawah naungan CV Sinar Terang Sejahtera sebagai brand sepatu fashion non-leather yang menyediakan sepatu berkualitas, stylish, dan nyaman untuk beraktivitas sehari-hari dan kegiatan aktualisasi diri seperti olahraga, traveling, hangout, menonton konser, maupun pesta. Hal ini mengusung DNA Jackson untuk menjadi produk yang senantiasa fresh, bold, edgy, & dynamic.

Tujuan Campaign

Jackson x LEMON memiliki tujuan untuk memperkenalkan produk produk baru Jackson yang baru launching kepada khalayak yang lebih luas. Strategi campaign mencakup penggunaan 1 Makro Instagram influencer. Selama campaign, influencer menampilkan foto menggunakan sepatu Jackson, serta mengadakan giveaway untuk mengajak followers berpartisipasi dengan meramaikan komentar dan mengikuti akun Instagram Jackson.

Melalui campaign ini, Jackson berharap dapat memperluas jangkauan pasar produk baru mereka. Dengan menggandeng makro influencer yang terkenal di platform media sosial, campaign ini diharapkan dapat meningkatkan reach dan jumlah pengikut akun Instagram Jackson. Selain itu, strategi ini juga berpotensi untuk membuka peluang dalam menciptakan loyalitas pelanggan di masa depan.

Hasil Konten

Hasil Campaign

CPM FeedER Instagram Story
Rp40,18310.60%
6.55% lebih efisien dari benchmark60.61% lebih tinggi dari benchmark

Learning

Dari campaign ini, terdapat beberapa learning yang mendorong kesuksesan campaign terutama dalam hal peningkatan reach dan engagement. Pertama, konten pada project ini mengandung Giveaway yang mendorong para pengikut untuk memberikan komentar. Kedua, waktu posting primetime dipilih dengan bijaksana, sesuai dengan musim akhir tahun di mana banyak dari audiens mencari hadiah atau diskon. Dan yang ketiga, pemilihan KOL yang tepat, yang sesuai dengan citra merek yang Sport dan Healthy-life. Dengan kombinasi strategi ini, campaign ini berhasil menarik perhatian lebih banyak orang dan meningkatkan interaksi mereka secara signifikan.

Kesimpulan dari campaign ini adalah bahwa influencer marketing dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif untuk memperluas jangkauan pasar dan rasa kepercayaan konsumen. Dalam hal ini, strategi Instagram giveaway juga dapat membantu meningkatkan engagement followers sehingga dapat mencapai hasil yang lebih optimal dalam marketing campaign.

Konsultasikan campaign Anda sekarang untuk membuat campaign yang efektif seperti Jackson dengan klik di sini.

Beautylabo: Gaet Audiens melalui Giveaway, Raih Ratusan Ribu Reach & UGC

Berkenalan dengan Brand

Beautylabo adalah produk pewarna rambut yang dikelola oleh PT Hoyu Indonesia, perusahaan terkemuka di Jepang. Mereka juga merupakan salah satu pemimpin dalam produksi dan perawatan rambut di lebih dari 70 negara. Produk Beautylabo difokuskan pada pewarna rambut ala Jepang dengan pilihan warna fashion yang cerah, cocok untuk mengekspresikan kepribadian pengguna Home Tester.

Tujuan Campaign

Tujuan dari  Beautylabo adalah untuk mengadakan Giveaway dengan tagline “I will be who I want to be” sehingga dapat meningkatkan awareness. Campaign ini dijalankan bersama 1 makro dan 11 mikro influencer. Dengan postingan 1x Feed Photo dan 1 kali posting di Instagram Story, campaign ini berhasil mendapatkan partisipan UGC (review) 26% lebih tinggi dari benchmark.

Hasil Konten

Hasil Campaign

Cost Per Impression (CPM)Cost Per Reach (CPR)
98% lebih rendah dari benchmark industri99% lebih rendah dari benchmark industri

Learning

Dari hasil campaign Beautylabo di Instagram, terdapat beberapa insight yang didapat, yaitu:

  • Peningkatan brand awareness: Campaign Beautylabo berhasil meningkatkan awareness dan mengundang minat masyarakat terhadap produk Beautylabo. Dalam campaign ini, Beautylabo berhasil membuat Giveaway dengan hadiah menarik dan mengundang minat orang-orang melalui beauty enthusiast dan beauty communities.
  • Efektivitas campaign: Dengan menggunakan platform Instagram, Beautylabo mampu mencapai target pasar yang lebih luas. Selain itu, kampanye ini juga lebih efektif dalam menarik minat audiens karena memberikan voucher liburan dan hadiah menarik lainnya. Hal ini bisa dilihat dari jumlah partisipan UGC yang melebihi ekspektasi, dengan tingkat partisipan 26% lebih tinggi dari benchmark.
  • Meningkatkan reach: Melalui campaign ini Beautylabo berhasil mendapatkan reach yang lebih luas, sehingga ada peluang lebih besar untuk menarik perhatian target audiens dan meningkatkan kesempatan konversi. Lebih banyak orang yang terjangkau secara efisien, maka akan lebih banyak prospek dan pelanggan potensial.

    Konsultasikan campaign Anda sekarang untuk membuat campaign yang efektif seperti Beautylabo dengan klik di sini.

Westcare: Visit store dan Instagram Activation dengan 35 Nano-Mikro Influencer

Westcare

Lemon helps us increase so many followers on our social media channel

Vera – Brand Manager

Berkenalan dengan Brand

Westcare adalah brand skincare asal Indonesia, yang sebagian besar bahan yang terkandung dalam produknya diimpor dari luar negeri, khususnya di negara Eropa.

Tujuan campaign

Memahami pentingnya menggabungkan upaya offline dan online, LEMON dan Westcare menyusun rencana komprehensif yang memaksimalkan kehadiran Westcare pada Oh Beauty Event. Dengan bekerja sama dengan 30 influencer, kami mengatur campaign yang luar biasa untuk mempromosikan booth Westcare di acara tersebut. 

Para individu berpengaruh ini, dengan pengikut media sosial yang luas, mengunjungi acara tersebut dan menciptakan konten menarik melalui posting Instagram, cerita, dan video langsung. Tim LEMON dengan tekun berkoordinasi dengan para influencer untuk memastikan pesan yang seragam dan estetika yang sesuai dengan merek, menghasilkan jejak digital yang kuat.

Hasil konten

Hasil Campaign

Average ViewsAverage Engagement
250.46230.26

Learning

Berkat strategi yang kami rancang dengan cermat, Westcare mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam kehadiran mereka di media sosial. Upaya yang digabungkan dari para influencer ini berhasil menarik perhatian secara luas, signifikan meningkatkan jumlah pengikut brand di berbagai platform. Dengan setiap postingan, influencer dengan lancar mengintegrasikan pengalaman datang ke booth, memikat pengikut mereka, dan menimbulkan minat yang tinggi terhadap acara tersebut. Keterlibatan autentik dan rekomendasi antusias para influencer tentang produk dan layanan Westcare ini beresonansi dengan pengikut mereka, yang berujung pada peningkatan brand awareness.

Hasil dari campaign menunjukkan bahwa strategi visit store dan instagram activation berhasil meningkatkan minat audiens melalui konten KOL LEMON yang menarik.

Konsultasikan campaign Anda sekarang untuk membuat campaign yang efektif seperti Westcare dengan klik di sini.

DERMALUZ: Brand Awareness Meningkat dengan TikTok Bersama 50 Nano-Mikro KOL

Dermaluz

Berkenalan dengan Band

Dermaluz, brand skincare asal Indonesia yang menggunakan bahan-bahan natural sebagai bahan utama untuk berbagai jenis kulit berjerawat, serta memiliki sertifikası CPKB lulus uji Dermatologist.

Tujuan campaign

Tujuan Dermaluz menjalankan campaign untuk meningkatkan brand awareness terhadap produknya yang baru saja launching menggunakan TikTok keranjang kuning. LEMON memberikan solusi berharga bagi Dermaluz dalam untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan dengan cara yang efisien dan efektif melalui platform. Dengan menyediakan 50 influencer nano-mikro TikTok yang dipilih dengan cermat, LEMON memastikan kehadiran influencer berkualitas tinggi. Para influencer ini memiliki audiens yang lebih kecil namun sangat engage dan setia, memungkinkan Dermaluz untuk menyasar komunitas niche. 

Dengan LEMON, Dermaluz dapat menghemat waktu dan usaha dalam mengidentifikasi dan mengevaluasi influencer secara individu walaupun Dermaluz telah memiliki tim internalnya sendiri.

Hasil Konten

@cb1103

Punya permasalahan kulit muka kyk nya aku ? Berjerawat, noda hitam dan kemerahan ?? Coba yuks dermaluz, fyp, acne, acneseries, acnespot, jerawat, facialwash, #serumacne

♬ Swear By It – Chris Alan Lee

Hasil Campaign

Average Watch RateCost per Views
240,602Rp 125 (76.88% lebih rendah dari internal benchmark

Learning

Dermaluz mendapatkan Average Watch Rate 240,602 dan memiliki rata-rata engagement yang lebih tinggi dari campaign lainnya. Hal ini menunjukant menunjukkan bahwa konten yang dihasilkan oleh influencer di chanel TikTok sangat cocok dengan audiens. Hal ini menekankan betapa pentingnya menciptakan konten yang autentik dan relevan dengan selera dan minat audiens, baik itu audiens dari influencer maupun brand Anda.

Konsultasikan campaign Anda sekarang untuk membuat campaign yang efektif seperti Dermaluz dengan klik di sini.

Omega Film – Universal Pictures: TikTok Activation dengan 20 Nano-Micro Influencer

strategi UIP minion tingkatkan brand awareness launching film minions

Berkenalan dengan Brand

Universal Pictures (juga disebut sebagai Universal Studios, dan dulunya bernama Universal Manufacturing Company) merupakan perusahaan film Amerika yang dimiliki oleh Comcast melalui bagian Universal Filmed Entertainment Group dari anak perusahaannya yang sepenuhnya dimiliki oleh NBCUniversal.

Tujuan Campaign

Tujuan UIP (United International Pictures) dalam menjalankan campaign dengan strategi Nano-Micro Influencer di TikTok adalah untuk meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat untuk menonton film Minions 2 di bioskop. Melalui kerja sama dengan 20 Nano-Micro Influencer yang terpilih, UIP berharap dapat menjangkau khalayak yang lebih luas dan membuat kampanye ini menjadi viral di media sosial. Dengan postingan 1x TikTok Video yang menarik dan kreatif, influencer dapat menginspirasi pengikut mereka untuk datang ke Minion’s Squishy di PIK Pantjoran Gate dan menonton film Minions 2 di bioskop.

Hasil Konten

@faradillah858

Pecinta Minions wajib ke Pancoran PIK buat foto bareng Minions Squishy @minions #theriseofgru #Minions #minions2 #minions2theriseofgru #minionssquad #minions Minions:TheRiseofGru

♬ Hot Shot – DJ Keblinger$

Hasil Campaign

Cost per Views
56.24% lebih rendah dari benchmark

Learning

Campaign tersebut menunjukkan bahwa biaya per tampilan (CPV) yang diperoleh lebih rendah 56,24% dari standar yang ditetapkan. Hasil dari campaign menunjukkan bahwa strategi TikTok activation dan buzzer review berhasil meningkatkan minat audiens melalui konten yang menarik.

Konsultasikan campaign Anda sekarang untuk membuat campaign yang efektif seperti UIP dengan klik di sini.

Atma: Akuisisi Download Aplikasi dengan 35 Mikro Influencer di TikTok dan Instagram

atma kol campaign user acquisition

Berkenalan dengan Brand

Atma merupakan sebuah aplikasi rekrutmen yang berfungsi untuk menghubungkan orang yang sedang mencari pekerjaan dengan para rekruter melalui obrolan. Aplikasi Atma dapat diunduh melalui Playstore (hanya tersedia untuk Android) dan lebih fokus pada bidang F&B. Tersedia sekitar 4.000 lowongan pekerjaan di bidang F&B untuk posisi service, kitchen, warehouse, dan head office.

Tujuan Campaign

Tujuan dari campaign Atma di Instagram dan TikTok adalah untuk mengajak pencari kerja untuk download aplikasi Atma dan memainkan Kurma, sebuah kuis yang disediakan di dalam aplikasi. Kuis ini memberikan kesempatan bagi pencari kerja untuk mendapatkan uang tambahan di bulan Ramadhan. Dengan cara ini, Atma ingin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang aplikasi mereka dan juga memberikan manfaat kepada para pengguna aplikasi. Campain ini berjalan dengan 27 micro influencer Instagram dan 8 micro Influencers Tiktok.

Hasil Konten

Hasil Campaign

Average ViewsAverage Engagement
48.49% lebih tinggi dari internal benchmark99.27% lebih tinggi dari internal benchmark

Learning

Dari hasil campaign Atma di Instagram dan TikTok, terdapat beberapa insight yang didapat, yaitu:

  1. Peningkatan Kesadaran Merek: Campaign Atma di Instagram dan TikTok berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap merek Atma. Dalam campaign ini, Atma berhasil membuat kuis yang menarik dan mengundang minat para pencari kerja untuk mencoba aplikasi Atma.
  2. Efektivitas Campaign: Dengan menggunakan platform Instagram dan TikTok, Atma mampu mencapai target pasar yang lebih luas. Selain itu, kampanye ini juga lebih efektif dalam menarik minat audiens karena menggunakan kuis yang menarik dan menantang.
  3. Meningkatkan Engagement: Campaign Atma di Instagram dan TikTok berhasil meningkatkan engagement dari target pasar. Hal ini terlihat dari peningkatan angka interaksi, komentar, dan share pada konten campaign.

Konsultasikan campaign Anda sekarang untuk membuat campaign yang efektif seperti ATMA dengan klik di sini.

Kallosa: Hasilkan Engagement 6% Lebih Tinggi dari Benchmark

kallosa influencer marketing

Berkenalan dengan Brand

KALLOSA merupakan merek produk kecantikan yang mengandung bahan baku berkualitas dan dicampur secara ideal untuk mencapai hasil optimal. Dengan berbagai jenis produk kecantikan yang tersedia, KALLOSA dapat memenuhi kebutuhan konsumen dalam hal kecantikan.

Tujuan Campaign

Kallosa x LEMON memiliki tujuan untuk memperkenalkan produk Kallosa Body Scrub Olive, Kallosa Body Lotion Olive dan Kallosa Shower Gel Olive kepada khalayak yang lebih luas melalui kerj asama dengan influencer terkemuka di platform Instagram dan Tiktok. Strategi kampanye mencakup penggunaan 4 KOL Macro dan 9 KOL Micro TikTok untuk mereview produk dan memposting konten berkualitas tentang Kallosa.

Hasil Konten

@devinaaaa97

Step by Step bodycare routine aku!✨🫶🏻 @Kallosa Beauty KALLOSA, KALLOSABodyCare, KALLOSAbeauty, #TeamKALLOSA #fyp #viral #racunintiktok #skincaretips #foryou

♬ It’s A Wrap – Sped Up – Mariah Carey

Hasil Campaign

Average ViewsAverage Engagemet
+1,3% lebih tinggi dari internal benchmark+6.89% lebih tinggi dari internal benchmark

Learning

Platform Influencer LEMON menyediakan influencer yang dapat menarik perhatian dan menarik perhatian audiens yang relevan dan terlibat aktif. Dalam kampanye ini, pentingnya melakukan riset dan evaluasi menyeluruh terhadap influencer ditekankan. Tujuannya adalah memastikan bahwa konten dan audiens influencer tersebut sejalan dengan nilai-nilai dan target pasar brand Anda.

Hasil interaksi atau engagement menunjukkan bahwa konten yang dihasilkan oleh influencer sangat cocok dengan audiens. Hal ini menekankan betapa pentingnya menciptakan konten yang autentik dan relevan dengan selera dan minat audiens, baik itu audiens dari influencer maupun brand Anda.

Konsultasikan campaign Anda sekarang untuk membuat campaign yang efektif seperti Kallosa dengan klik di sini.

Girlpal: Meningkatkan Awareness dan Menjangkau Audiens yang Lebih Luas melalui Kerjasama dengan Influencer di Instagram dan Tiktok

girlpal influencer marketing secara masif

Berkenalan dengan Brand

GIRLPAL adalah sebuah brand kencantikan singkatan dari gabungan kata “Girl” dan “Pal” yang bermakna sahabat bagi perempuan. Nama ini dipilih untuk merepresentasikan target pengguna produk, yakni perempuan muda modern yang sedang berusaha mencapai kehidupan terbaiknya.

Tujuan Campaign

Girlpal x LEMON memiliki tujuan untuk memperkenalkan produk Girlpal Peeling Gel kepada khalayak yang lebih luas melalui kerjasama dengan influencer terkemuka di platform Instagram dan Tiktok. Strategi kampanye mencakup penggunaan 1 mega Instagram influencer, 6 mega dan macro Tiktok influencer, dan 100 micro influencer untuk mereview produk dan memposting konten berkualitas tentang Girlpal Peeling Gel.

Melalui campaign ini, Girlpal berharap dapat meningkatkan awareness dan memperluas jangkauan pasar produk Girlpal Peeling Gel. Dengan menggandeng influencer yang terkenal di platform media sosial, campaign ini diharapkan dapat meningkatkan minat konsumen terhadap produk, serta membuka peluang untuk meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan di masa depan.

Hasil Konten

Hasil Campaign

Total Cost per Link Click
-17.64% lebih rendah dari benchmark

Learning:

  1. Influencer adalah alat yang kuat untuk mempromosikan produk. Dengan memilih influencer dengan pengikut yang banyak, kita dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan potensial meningkatkan penjualan.
  2. Platform media sosial yang berbeda memiliki persyaratan konten yang berbeda. Dengan menyesuaikan konten dengan platform yang spesifik, kita dapat memaksimalkan interaksi dan menjangkau lebih banyak orang.
  3. Micro influencer bisa sama efektifnya dengan mega influencer. Dengan memilih sejumlah besar micro influencer, kita dapat menjangkau audiens yang lebih beragam dan potensial meningkatkan penjualan.

Konsultasikan campaign Anda sekarang untuk membuat campaign yang efektif seperti Girlpal dengan klik di sini.

Implora: Meningkatkan Brand Awareness dan Kepercayaan Konsumen Melalui Influencer Marketing

implora influencer marketing tiktok

Berkenalan dengan Brand

Implora merupakan salah satu dari merek kosmetik lokal yang telah berdiri sejak tahun 2002.

Tujuan Campaign

Implora menggunakan influencer marketing melalui strategi TikTok activation dan buzzer review di forum kecantikan Indonesia dengan 9 influencer, untuk meningkatkan brand awareness dan kepercayaan konsumen, meningkatkan penjualan produk dengan cara yang lebih organik dan persuasif, serta meningkatkan engagement dengan audiens melalui konten yang menarik. Dengan influencer yang memiliki jumlah pengikut yang besar dan reputasi yang baik di industri kecantikan, Implora dapat memperluas jangkauan audiens mereka dan memperkuat citra merek mereka. Strategi TikTok activation dan buzzer review juga membantu memaksimalkan potensi influencer marketing mereka dan mencapai hasil yang lebih optimal dalam kampanye pemasaran.

Hasil Konten

@aiiyouvidh

Yuk ikutan Challenge #GlowToBeDifferent @Implora Cosmetics ! Dapetin hadiah total 75jt, hingga 12 Feb lho! #ImploraHydratingSerum #serum #skincare

♬ Glow To Be Different – Implora Cosmetics

Hasil Campaign

CPV
14.41% lebih rendah dari benchmark

Learning:

Campaign tersebut menunjukkan bahwa biaya per tampilan (CPV) yang diperoleh lebih rendah 14% dari standar yang ditetapkan. Hasil dari campaign menunjukkan bahwa strategi TikTok activation dan buzzer review berhasil meningkatkan minat audiens melalui konten yang menarik. Selain itu, penggunaan influencer yang memiliki jumlah pengikut yang banyak dan reputasi yang baik di industri kecantikan mampu memperluas cakupan audiens dan memperkuat citra merek. Kesimpulan dari kampanye ini adalah bahwa influencer marketing dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek dan rasa kepercayaan konsumen, serta meningkatkan penjualan produk dengan cara yang lebih alami dan persuasif. Dalam hal ini, strategi TikTok activation dan buzzer review juga dapat membantu memaksimalkan potensi influencer marketing dan mencapai hasil yang lebih optimal dalam marketing campaign.

Konsultasikan campaign Anda sekarang untuk membuat campaign yang efektif seperti Implora dengan klik di sini.

Wardah C-DEFENSE: Tingkatkan Pemahan Konsumen Mengenai Produk dengan KOL Marketing

Berkenalan dengan Brand

Wardah adalah merk kosmetik halal berasal dari Indonesia yang didirikan pada tahun 1995 di bawah PT. Paragon Technology and Innovation (PT. PTI).

Tujuan Campaign

Campaign Wardah C-Defense Series bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsumen tentang kecantikan alami dan produk berkualitas tinggi dan mendorong konsumen untuk membeli produk melalui e-commerce, yang memudahkan proses berbelanja tanpa harus pergi ke toko.

Berjalannya campaign ini diharapkan untuk memberikan informasi yang cukup mengenai manfaat dan kelebihan produk C-Defense Series sehingga konsumen tertarik untuk mencoba dan membeli produk ini.

Hasil Konten

Hasil Campaign

Average ViewsAverage Engagaement
+387% lebih efektif dari campaign sebelumnya+140% lebih efektif dari campaign sebelumnya

Learning

Berdasarkan konten yang dipublikasikan di Tiktok dan Reels untuk KOL, terutama untuk konten yang mendapatkan ER tertinggi, KOL umumnya mencakup pengalaman pribadi mereka menggunakan Seri Wardah C-Defense Regime, sehingga dapat disimpulkan bahwa konten yang menarik perhatian adalah konten dengan pengalaman pribadi saat menggunakan Seri Wardah C-Defense Regime.

Berdasarkan hasil kampanye ini, dapat disimpulkan bahwa pengalaman pribadi KOL saat menggunakan produk dapat menjadi faktor penting dalam menarik perhatian audiens dan meningkatkan interaksi. Oleh karena itu, dalam membuat kampanye influencer marketing, perusahaan perlu mempertimbangkan untuk memilih KOL yang memiliki pengalaman positif dengan produk yang ditawarkan. Brand juga perlu memastikan bahwa konten yang dibuat oleh KOL mampu memikat audiens dengan cara yang kreatif dan menarik, sehingga dapat meningkatkan interaksi dan jangkauan kampanye secara signifikan.

Konsultasikan campaign Anda sekarang untuk membuat campaign yang efektif seperti Wardah dengan klik di sini.