Apa itu Strategi 360 Digital Marketing

360 digital marketing
Dengan mengandalkan berbagai channel, pelajari bagaimana strategi 360 digital marketing dapat membantu brand Anda meraih keberhasilan bisnis secara holistik!

Table of Contents

Secara umum, 360 digital marketing adalah strategi campaign marketing. Dengan strategi campaign ini, Anda menyebarluaskan pesan yang sama ke berbagai saluran. Ini ibarat audiens yang berdiri di tengah lingkaran, dan Anda menyampaikan pesan dari setiap sudut.

Memang, tiap channel tentu punya audiens dan karakteristik yang berbeda-beda. Meski begitu, melansir dari Forbes, inti pesan yang Anda sampaikan haruslah tetap sama.

Contohnya, Anda adalah pemilik atau pemasar di perusahaan cepat saji. Setiap musim hujan, perusahaan cepat saji menjual bakso sebagai comfort food. Nah, Anda bertugas memasarkan bakso ini. Dengan menggunakan strategi 360 digital marketing, Anda bisa menyampaikan satu pesan yang sama kepada audiens: ‘Bakso ini bisa memberikan kehangatan pada Anda di kala hujan’.

Pesan ini terus disebarkan di seluruh channel media sosial hingga iklan di baliho, ataupun televisi. Inilah yang dimaksud dengan strategi 360 digital marketing. 360 digital marketing adalah salah satu strategi marketing dengan menyampaikan satu pesan di banyak channel yang ada sekaligus.

Nah, biasanya, pesan yang disampaikan dari 360 digital marketing adalah bagian dari bauran pemasaran, atau biasa yang dikenal sebagai strategi marketing mix. 

Melansir dari Entrepreneur, unsur-unsur dari bauran pemasaran antara lain: Product, Place, Price, Promotion, Physical Evidence, People, & Process. Meski begitu, strategi 360 digital marketing ini tak terbatas untuk pesan marketing mix saja, ya! Anda tetap bisa menggunakannya untuk campaign apa saja.

Kapan 360 Digital Marketing Campaign Dipakai?

360 digital marketing
Picture by: Pinterest

1. Brand positioning

Seperti apa brand Anda di mata audiens? Apakah brand Anda tipe yang serius, atau segar & berbeda dari yang lainnya?

Kalau realitanya ternyata tidak sejalan dengan apa yang Anda mau, strategi 360 digital marketing bisa menjadi pilihan yang tepat untuk brand Anda. Dengan menggunakan semua channel yang dimiliki, Anda akan mencapai pesan branding Anda. Dengan begitu, brand positioning Anda bisa tepat sasaran.

2. Memaksimalkan Produk Tertentu

Terkadang, perusahaan punya produk yang performanya tak maksimal. Apakah perusahaan Anda juga mengalaminya? Biasanya, hal ini bisa terjadi karena dua hal. Pertama, karena kualitas produk yang memang perlu untuk dikembangkan lagi. Kedua, karena memang tidak banyak orang yang mengetahui produk Anda.

Jika alasannya adalah yang kedua, 360 digital marketing campaign bisa menyelamatkannya. Dengan memasarkan produk ini kembali, kamu bisa mengubah persepsi audiens tentang produk atau brand Anda.

Contoh Penggunaan 360 Digital Marketing Campaign

360 marketing campaign menggunakan sebagian besar media atau channel untuk memperkuat pesan dari suatu campaign, sekaligus mengarahkan audiens untuk mencoba atau membeli produk dengan melibatkan penggunaan email, FB, IG, Twitter, Tik-Tok, TVC, surat kabar, dan juga iklan radio. Berikut beberapa contoh penggunaan 360 digital marketing campaign:

Dunkin’ Donuts 360 Digital Marketing Campaign

Mission:

Encourage people to choose coffee at Dunkin’ Donuts

Idea:

Dunkin’ Donuts radio ad radiates the aroma of coffee on billboards

Result:

Visitor numbers increased by 16%, and sales of Dunkin’ donuts at bus stops increased by 29%.

Coca-Cola “Summer of Sharing” Campaign

Untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu abad, Coca-Cola memutuskan untuk mengganti logonya di botol dengan nama-nama orang. Selain itu, di atas nama terdapat slogan yang mencantumkan logo merek dan tulisan “Share a Coca-Cola with” serta nama orang di tengah label kotak. Coca-Cola mengatur semua campaign nya dengan tema yang sama, yaitu “sharing a cold Coke in the summer”

Kesimpulan

Penerapan 360 digital marketing bisa Anda coba jika Anda sudah merencanakan sebuah campaign marketing. Jika Anda butuh untuk meningkatkan brand awareness dan keterlibatan dengan campaign Anda, Anda dapat menyusun strategi untuk berkolaborasi dengan para influencer. Influencer sudah memiliki audiens tersendiri sehingga pesan dari campaign brand Anda dapat sampai dengan lebih personal melalui mereka.

Anda dapat bekerja sama dengan LEMON Influencer Platform untuk menemukan influencer yang tepat untuk brand Anda. LEMON adalah satu-satunya platform yang dapat mengelola campaign Anda dari A sampai Z.


Masih bingung memilih influencer yang tepat untuk ngeboost strategi 360 digital marketing Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan jasa LEMON Influencer Platform untuk membantu Anda memilih influencer terbaik. Ada juga banyak fitur untuk membantu Anda menjalankan campaign influencer dengan lebih mudah.

Konsultasi dengan client success kami sekarang melalui link ini. GRATIS.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign