7P Marketing Mix: Strategi Jitu Pemasaran Bisnis

7p marketing mix
Pelajari lebih dalam tentang 7p marketing mix dan dapatkan strategi terbaik untuk meningkatkan daya saing serta keberhasilan bisnis Anda!

Table of Contents

Masih bingung konsep marketing mana yang tepat untuk produk atau jasa yang Anda tawarkan? Bisa jadi karena Anda belum menerapkan 7p marketing mix atau teknik pemasaran yang tepat untuk target audiens Anda. Konsep 7p marketing mix dikembangkan oleh Neil Borden. Dalam penelitiannya, ia mendapatkan tujuh kunci elemen pemasaran: product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.

Kegunaan 7p marketing mix adalah Anda dapat memposisikan produk/service yang Anda tawarkan secara jelas kepada target customer. Dampaknya, audiens akan punya hal yang diingat dari brand milik Anda. Untuk tahu lebih dalam tentang 7P marketing mix, LEMON Influencer Platform merangkum pembahasan singkatnya berikut ini.

Unsur-Unsur 7P Marketing Mix

7p marketing mix
Picture from: Pinterest

1. Product (Produk)

Product adalah semua hal yang brand Anda tawarkan pada target customer untuk memenuhi kebutuhan mereka. Buat produk dari brand Anda sebisa mungkin menjadi pilihan pertama konsumen dalam hal ‘penyelesaian masalah’ dibandingkan kompetitor lain.

2. Price (Harga)

Price ada kaitannya harga produk yang Anda tawarkan kepada target customer. Ada juga beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat menetapkan harga, seperti nilai manfaat pelanggan, biaya modal dan operasional, profit yang ingin Anda dapatkan, dan harga kompetitor.

3. Place (Lokasi)

Lokasi adalah saluran tempat Anda dapat menjual dan mendistribusikan produk. Oleh karena itu, lokasi dapat berupa toko fisik, toko online, aplikasi, atau situs web. Intinya, pada elemen ini Anda harus jadikan kenyamanan pelanggan sebagai fokus utama.

4. Promotion (Promosi)

Promotion adalah cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan brand awareness calon customer terhadap produk Anda. Promosi ini juga bervariasi dan dapat menggunakan banyak saluran pemasaran tergantung pada tujuan dan sumber daya yang Anda tentukan.

Dalam hal promosi penjualan, Anda tidak boleh teledor dengan tren dan perkembangan teknologi saat ini. Misalnya tren menggunakan influencer marketing, dari situ Anda perlu tahu cara memilih influencer yang tepat untuk keberhasilan campaign Anda.

5. People (Orang)

People adalah tentang karyawan yang Anda pekerjakan dari berbagai departemen ataupun divisi. Orang atau elemen manusia memengaruhi persepsi pelanggan terhadap merek Anda, baik melalui interaksi langsung maupun tidak. Misalnya, tim layanan pelanggan (Customer service) yang menangani keluhan dan pertanyaan pelanggan akan menjelaskan bagaimana brand berkomunikasi.

6. Process (Proses)

Proses yang Anda tentukan dalam pemrosesan transaksi memungkinkan pelanggan memiliki pengalaman berbelanja. Anda perlu memastikan bahwa pelanggan memiliki perjalanan pelanggan yang baik sehingga mereka meninggalkan kesan positif terhadap produk dan merek Anda.

7. Physical Evidence (Bukti fisik)

Physical Evidence didefinisikan sebagai bukti fisik yang menunjukkan identitas merek Anda. Anda dapat menunjukkan elemen ini melalui situs web Anda, media sosial resmi, logo, dan hal-hal lain yang dapat membentuk merek Anda sendiri.

Contoh Penerapan 7P Marketing Mix

Masih bingung menerapkan strategi 7P Marketing mix? Berikut salah satu penerapannya dalam elemen ke-4, yaitu promotion.

Brand campaign memiliki tujuan untuk meningkatkan brand awareness terhadap produk yang perusahaan Anda tawarkan. Untuk menjangkau pelanggan potensial, brand Anda harus menyampaikan pesan yang relevan dengan kriteria sesuai target audiens Anda. Oleh karena itu, lebih efektif bila Anda menggunakan jaringan influencer yang sudah memiliki audiens dan atribut untuk setiap kontennya. Dengan begitu, proses promosi dilakukan dengan ‘soft selling’ dan calon customer bisa tertarik untuk bertransaksi berdasarkan influencer yang mereka percayai.

Kesimpulan

Masih bingung memilih influencer yang tepat untuk mempromosikan produk Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan jasa LEMON Influencer Platform untuk membantu Anda memilih influencer terbaik. Ada juga banyak fitur untuk membantu Anda menjalankan campaign influencer dengan lebih mudah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jasa social media marketing dari Sribu.com untuk pemasaran dan pengelolaan bisnis di media sosial.

Konsultasi dengan client success kami sekarang melalui link ini. GRATIS.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign