3 Strategi Digital Marketing Efektif yang Harus Anda Ketahui

digital marketing adalah
Strategi pemasaran paling manjur yang sudah dipakai sebanyak 89% pelaku bisnis, digital marketing ampuh datangkan pelanggan baru untuk brand Anda!

Table of Contents

Digital marketing adalah salah satu keterampilan penting yang perlu dikuasai setiap marketer untuk memasarkan produk pada suatu bisnis. 

Karena digital marketing dapat membuat strategi pemasaran jadi lebih praktis dan efektif. Anda dapat melakukan strategi ini menggunakan berbagai platform digital dari media sosial hingga mesin pencari.

Tidak mengherankan jika saat ini banyak brand yang membutuhkan ahli digital marketing. Faktanya, 89% brand telah menerapkan strategi digital marketing untuk mengembangkan bisnisnya.

Pemasaran selalu berhubungan dengan audiens Anda, di tempat yang tepat dan pada waktu yang pas. Artinya, Anda harus bertemu mereka di tempat mereka menghabiskan banyak waktu, yaitu di media sosial.

Jadi, jika Anda tertarik untuk mengetahui tentang digital marketing dan menjadi digital marketer yang handal, yuk mulai belajar apa itu digital marketing dan apa saja yang perlu diperhatikan!

Pengertian Digital Marketing

digital marketing adalah
Photo by RAW Pixel from Freepik

Digital marketing, juga sering disebut online marketing, mengacu pada semua aktivitas pemasaran yang terjadi di internet. 

Penerapan digital marketing adalah dengan memanfaatkan saluran digital seperti mesin pencarian, media sosial, email, dan website untuk terhubung dengan audiens dan calon pelanggan. 

Pada saat ini, digital marketing menjadi penting bagi bisnis dan brand awareness Anda. Agar tetap eksis pada persaingan bisnis, setiap brand perlu memiliki website atau media sosial untuk membuat strategi digital marketing

Ada berbagai macam jenis konten dalam strategi digital marketing. Hal ini membuat konsumen mengandalkan konten mana yang lebih mudah untuk dimengerti sebagai cara mereka untuk mempelajari suatu brand.  

Salah satu peluang bagus dari strategi digital marketing adalah, marketer dapat berkreasi sekreatif mungkin dengan anggaran yang terbatas. 

Hal itu dikarenakan banyaknya jenis konten dan pendekatan yang bisa digunakan pada strategi digital marketing. 

Jadi secara keseluruhan, digital marketing bisa dimaknai sebagai strategi pemasaran yang memanfaatkan digital platform untuk terhubung dengan pelanggan di mana mereka menghabiskan sebagian besar waktunya selama online.

Digital marketer handal, memiliki gambaran yang jelas tentang tujuan setiap campaign yang bergantung pada target audiens mereka.  

Manfaat Digital Marketing

manfaat digital marketing adalah
Photo by Sitthiphong from Freepik

Sudah banyak brand yang menggunakan strategi digital marketing pada bisnis mereka. Berikut adalah manfaat digital marketing untuk memaksimalkan strategi ini pada bisnis Anda:

Menjangkau Audiens yang Tepat

Salah satu manfaat digital marketing adalah Anda bisa menargetkan audiens berdasarkan wilayah, usia, jenis kelamin, dan detail lainnya.

Misalnya, Anda menggunakan Instagram Ads dan menargetkan iklan kepada siapa saja yang berusia 21-45 tahun di Jakarta yang tertarik menggunakan jasa influencer.

Anda bisa menampilkan audiens yang memiliki riwayat penelusuran dengan minat yang relevan dengan iklan Anda. 

Itu jika Anda menggunakan fitur iklan berbayar. Dana masih kurang pas untuk beriklan? Jangan khawatir. Anda masih bisa memanfaatkan konten organik secara berkala. Memang memerlukan waktu. Tapi hasil yang akan diperoleh tidak akan mengecewakan. 

Anda dapat mengidentifikasi audiens terbanyak dari konten yang Anda unggah melalui laman media sosial brand. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengembangkan jenis konten yang lebih menyasar kepada audiens spesifik. 

Misal, Anda adalah pemilik brand skincare khusus wanita, maka jelas target audiens Anda adalah perempuan dengan demografi usia remaja sampai dewasa. 

Di sini Anda bisa menargetkan audiens lebih spesifik melalui jenis konten yang paling banyak disukai. Dengan demikian, Anda dapat menentukan audiens lebih mudah dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Meningkatkan Brand Awareness

Kelebihan lain dari digital marketing adalah bisa meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Gimana caranya?

Karena banyaknya channel marketing yang dapat dimanfaatkan, dengan digital marketing brand bisa menjangkau beberapa channel marketing untuk mengenalkan bisnis Anda.

Ini adalah manfaat digital marketing untuk brand agar bisa mengembangkan bisnis dengan memperoleh perhatian dari audiens. 

Pam Moore menyebutkan bahwa kebanyakan orang membutuhkan impresi sebanyak 5 hingga 7 kali untuk mengenali suatu brand. Artinya, mereka harus melihat konten brand berkali-kali hingga jadi familiar. 

Beberapa contoh strategi brand marketing yang cocok buat brand awareness adalah, konten SEO untuk channel situs web, dan konten influencer untuk channel media sosial Instagram dan TikTok.

SEO bisa membuat situs Anda berpotensi menduduki halaman pertama di Google dengan kata kunci yang sering dicari orang-orang. Sedangkan konten influencer dapat dijangkau oleh banyaknya pengikut mereka yang loyal.  

Dapat Diukur Secara Tepat

Manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari strategi digital marketing adalah data yang terukur. Saat Anda menjalankan Facebook Ads, Instagram Ads, atau Google Ads, Anda dapat melacak hasilnya secara real time.

Anda bisa melihat berapa banyak audiens yang melihat serta tanggapan terhadap iklan tersebut. Jika Anda menjalankan iklan dalam bentuk video, Anda juga dapat melacak berapa lama orang menonton video tersebut.

Semua informasi ditampilkan dengan jelas dan tepat sehingga marketer bisa lebih mudah menganalisis strategi pemasaran mereka. Anda jadi lebih mudah menentukan langkah selanjutnya dalam memasarkan produk bisnis Anda.

Berbeda dari pemasaran lama seperti iklan surat kabar atau spanduk jalanan, Anda tidak tahu berapa banyak orang yang akan dipengaruhi oleh iklan tersebut. Selain itu, sulit bagi Anda untuk mengevaluasi dan strategi periklanan karena tidak terdapat data yang akurat.

Strategi Digital Marketing

strategi digital marketing
Photo by DC Studio from Freepik

Terdapat tiga strategi digital marketing yang bisa digunakan secara praktis untuk bisnis Anda: 

Social Media Marketing 

Strategi digital marketing yang pertama adalah melalui media sosial sekaligus merupakan  platform yang paling berpengaruh saat ini.

Jika diperhatikan, hampir semua orang di sekitar kita saat ini pasti memiliki akun media sosial. Baik media sosial seperti Instagram, Twitter, dan TikTok. 

Semua media sosial tersebut tidak hanya digunakan untuk berbagi cerita kehidupan sehari-hari melalui konten yang menarik, tetapi juga dapat digunakan untuk keperluan bisnis dan campaign. 

Menjalankan digital marketing melalui media sosial bisa gratis dan terkadang berbayar. Anda bisa mencoba memaksimalkan konten organik melalui media sosial sebelum memasukkan strategi iklan berbayar di media sosial. 

Dengan memilih audiens target yang tepat, tujuan bisnis Anda akan tercapai dan berkembang.

Content Marketing

Strategi digital marketing kedua yang efektif adalah content marketing. Anda harus memiliki planning matang dalam content marketing yang bisa membantu Anda menargetkan konten sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

Anda perlu menemukan sasaran di mana Anda dapat membuat dan menerbitkan konten yang bermakna kepada audiens Anda secara personal.

Artinya, audiens dapat melakukan interaksi atau memakai konten yang sudah anda buat menjadi konten pribadi mereka sebagai user generated content. Ini dapat mempengaruhi pertimbangan audiens untuk menggunakan brand Anda. 

Mikro Influencer 

Strategi digital marketing bersama mikro influencer bukanlah tentang menemukan influencer terkenal dan membayar mereka untuk memposting brand Anda di platform di mereka. 

Alih-alih, pikirkan tentang bagaimana Anda dapat bermitra dengan mereka. Pertimbangkan konten yang dibuat bersama dan kemudian akan Anda manfaatkan untuk materi promosi sebagai konten organik yang bertahan lama.

@noiscawinasonya

Baru kali ini ga skip untuk re apply sunscreen dan ternyata ga rempong gaiss. Malah wajah aku jadi lebih fresh, makeup ga crack juga. @carasun.id #Carasun123 #Carasun

♬ original sound – Noisca Sonya – Noisca Sonya
@auliadraa

Akhirnya bebas dari kulit kusam,menggunakan rangakaian @gorjes_skin selama 7 hari , Gorjes, gorjesskin, #skincarelokal

♬ Made You Look – Meghan Trainor

Kerjasama dengan influencer perlu didasari dengan menanamkan mindset hubungan baik adalah kunci kesuksesan pada bisnis. 

Jangan berpikiran pendek seperti “gimana caranya biar bisa cepat viral?” melainkan “gimana agar brand/bisnis kami bisa membangun hubungan menyenangkan dan memberikan nilai bermakna pada audiens pada saat yang bersamaan?” 

Bekerja sama dengan mikro influencer adalah strategi digital marketing yang tepat untuk bisnis. Anda bisa meningkatkan brand awareness dengan efisien bersama followers mereka yang sesuai dengan target audiens

Memilih influencer yang tepat adalah kunci kesuksesan pada sebuah campaign khususnya strategi digital marketing. Strategi ini tidak sekadar memberikan bayaran kepada seorang influencer dan mengharapkan kesuksesan dalam semalam.

Kesimpulan

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform digital seperti mesin pencari, media sosial, email, dan website untuk terhubung dengan audiens dan calon pelanggan. Ada banyak jenis konten dalam strategi digital marketing, dan digital marketer handal harus memiliki gambaran yang jelas tentang tujuan setiap campaign yang bergantung pada target audiens mereka.

Beberapa manfaat digital marketing adalah dapat menjangkau audiens yang tepat, meningkatkan brand awareness, dan dapat diukur secara tepat.

Selain itu, digital marketing juga memungkinkan marketer untuk berkreasi sekreatif mungkin dengan anggaran yang terbatas. Oleh karena itu, setiap brand perlu memiliki website atau media sosial untuk membuat strategi digital marketing.

LEMON adalah platform user-generated-content dengan influencer untuk membantu Anda membangun dan mengembangkan media sosial dengan konten otentik buatan ratusan influencer.

Konsultasi dengan client success kami sekarang melalui link ini.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign