Sukses Berbisnis dengan YouTube Influencer Marketing

youtube influencer
Dapatkan wawasan praktis tentang langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapai kesuksesan di dunia pemasaran bersama dengan Youtube Influencer!

Table of Contents

Apakah Anda sering melihat pengguna YouTube mengulas produk atau menjelaskan produk dalam konten videonya? YouTube influencer atau yang biasa kita kenal sebagai YouTuber memiliki kelebihan dalam mempromosikan suatu produk kepada penontonnya melalui konten video.

Menurut Asosiasi Pemasaran Indonesia (IMA) 2021, 60% responden mengatakan bahwa YouTube influencer marketing efektif meningkatkan brand awareness. Pada saat yang sama, menurut laporan tahunan Google BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands 2021. Perusahaan yang menggunakan influencer marketing di YouTube meningkatkan brand value mereka sebesar 10% dibandingkan dengan perusahaan yang tidak menggunakan influencer marketing.

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya influencer dalam membentuk keputusan pembelian konsumen. Sebagai salah satu platform paling populer untuk influencer marketing, YouTube dapat menjadi solusi untuk mengembangkan bisnis Anda.

Ada Sejumlah Influencer YouTube yang Dapat Anda Pilih untuk Mempromosikan Brand Anda, Antara Lain:

Youtuber

Youtuber dengan pemilik channel populer dapat membantu brand Anda mempromosikan produk. YouTuber dapat membuat video produk dan mempostingnya di channel mereka.

Beberapa YouTuber  berfokus memposting ulasan mereka, biasanya disebut unboxing atau review produk. Contohnya adalah Abel Cantika https://www.youtube.com/@AbelCantika19/videos

Vlogger

Vlogger sering memposting video tentang kehidupan sehari-hari mereka. Jika produk Anda relevan dengan konten mereka, Anda dapat meminta mereka untuk menyelipkan produk Anda di tengah video mereka untuk dipromosikan. Misalnya saja Michelle Cho https://www.youtube.com/@michellechoii

Beauty Vlogger

Beauty vlogger adalah influencer dengan konten kecantikan. Biasanya mereka membuat video tentang skin care, face makeup dan produk kecantikan lainnya. Contoh vlogger YouTube adalah Dhana Xaviera https://www.youtube.com/@DhanaXaviera

Apa Manfaat YouTube Influencer Marketing?

youtube influencer marketing
Picture from: Internet Matters

YouTube Influencer marketing memiliki banyak manfaat bagi brand Anda, antara lain:

Meningkatkan Brand Awareness

YouTube influencer marketing dapat membantu membangun brand awareness bisnis Anda dengan menjangkau audiens yang lebih luas dan menciptakan kepercayaan pelanggan.

Meningkatkan Penjualan

YouTube influencer marketing dapat membantu meningkatkan penjualan produk dari brand Anda. Biasanya YouTuber atau influencer YouTube ini membuat konten video soft selling sehingga berpotensi meningkatkan penjualan produk Anda.

Meningkatkan Reputasi Brand

YouTube influencer marketing dapat membantu meningkatkan reputasi brand Anda. Dengan bekerja sama dengan influencer dengan reputasi yang baik, brand Anda akan dianggap positif dan dipercayai oleh audiens mereka.

Bagaimana Cara Menemukan Influencer di YouTube?

Ada beberapa cara untuk menemukan influencer YouTube yang tepat untuk bisnis Anda. Berikut adalah beberapa metode untuk menemukan influencer di YouTube:

Pencarian Manual

Temukan channel yang relevan dengan produk Anda dan periksa jumlah subscribers mereka. Ketika influencer memiliki engagement yang tinggi dan penontonnya cocok dengan target audiens Anda, mereka dapat menjadi influencer potensial untuk brand Anda. 

Menggunakan Influencer Platform

Platform seperti LEMON Influencer Platform dapat membantu brand menemukan influencer yang cocok dengan brand Anda. Di platform ini, Anda dapat memilih dan memfilter influencer berdasarkan topik konten, jumlah subscriber, tingkat engagement, dan bahasa.

Ingin campaign Anda berjalan lancar bersama para influencer di Youtube?

Konsultasi dengan client success kami sekarang melalui link ini. GRATIS.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign