12 Manfaat Influencer Yang Harus Diketahui Brand

manfaat influencer untuk brand
Influencer memiliki manfaat yang baik untuk menggapai audiens baru hingga social proof yang dibutuhkan untuk membangun kepercayaan pelanggan.

Table of Contents

Manfaat influencer ternyata membantu brand semakin kreatif di platform media sosial, dan membantu brand dalam memasarkan produk atau layanannya.

Salah satu contohnya adalah TikTok. Jika Anda ingin mempromosikan brand yang stand out, tidak cukup hanya menggunakan iklan yang sudah tayang di televisi. Iklan di TikTok harus dapat mengikuti  trend, serta konten harus terlihat organik.

Hal ini juga sama seperti Instagram. Seiring berjalannya waktu, Instagram semakin menyesuaikan tampilan penggunanya sesuai dengan kebiasaan yang mereka lakukan. Untuk menjangkau audiens, brand harus bisa mengikuti trend, mengetahui kebiasaan pengguna, dan menggunakan bahasa yang sering digunakan oleh pengguna Instagram.

Semakin berkembang media sosial,semakin banyak kesempatan untuk melakukan pemasaran. Inilah alasan mengapa banyak brand yang menggunakan influencer marketing untuk menjangkau audiens berdasarkan kemampuan influencer yang kreatif dan gaya komunikasi yang tepat.

infografik bagaimana marketer percaya manfaat influencer untuk brand

Source: America Noize

Influencer marketing adalah strategi yang sangat efektif untuk menjangkau audiens dan meningkatkan brand awareness, khususnya di saat pandemi ini. Pelajari lebih lanjut apa saja manfaat menggunakan influencer di bawah ini.

influencer insight report 2021, untuk bantu Anda memilih influencer yang tepat

Apa Manfaat Influencer?

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat Influencer ternyata dapat membuat produk atau layanan suatu brand viral melalui review, giveaway, dan memunculkan nama brand untuk membuat mu semakin dikenal.

  1. Manfaat Influencer dalam Mendorong Brand Credibility dan Brand Trust 

Influencer menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan kepercayaan dan membangun hubungan dengan audiens. Maka dari itu, jika influencer mempromosikan produk atau layanan dapat meningkatkan kredibilitas suatu brand.

  1. Menjangkau Target Audience

Anda harus menggunakan influencer yang sesuai dengan target audience agar konten yang dibuat dapat menarik perhatian pengikut influencer tersebut.

  1. Meningkatkan konversi atau penjualan

Influencer dapat mempengaruhi keputusan pembelian audiensnya. Jika influencer memberikan review yang positif, audiens akan membeli atau menggunakan layanan yang dipromosikan.

  1. Mendorong Search Ranking

Sponsored post, guest post, dan brand mention yang dilakukan oleh influencer dapat mendorong traffic dan search ranking.

  1. Diversifikasi konten

Menggunakan konten yang dibuat oleh influencer menjadi konten yang diunggah oleh brand agar menjadi variatif. Konten yang dihasilkan oleh influencer disebut dengan user-generated-content yang bisa Anda distribusikan juga ke akun bisnis Anda bahkan website.

  1. Manfaaat Influencer yang Berpotensi menjangakau banyak pengguna 

Konten influencer dapat menjangkau audiens sebanyak-banyaknya dan memiliki potensi untuk menjadi viral. Konten tersebut juga bisa digunakan kembali ke platform media sosial yang berbeda.

  1. Menghemat marketing budget

Influencer marketing jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan iklan tradisional. Kamu bisa menawarkan produk gratis dengan influencer gifting dan menjadikan influencer sebagai peserta event daripada memberikan uang.

  1. Meningkatkan engagement rate

Ketika influencer membagikan konten brand, konten tersebut akan mendapatkan likes, shares, dan comments. Hal ini dapat mendorong engagement rate media sosial dari brand.

  1. Mendapatkan “Social Proof”

Manfaat influencer yang menghasilkan testimoni dapat meningkatkan kepercayaan dan mempengaruhi keputusan pembelian audiens. Hal ini terjadi karena testimoni influencer membuktikan review yang organik.

  1. Mendorong kemunculan brand di berbagai platform

Rata-rata influencer memiliki berbagai media sosial. Untuk menjangkau audiens secara maksimal, influencer dapat mempromosikan kontennya di berbagai platform.

  1. Mendapatkan actionable insight

Insight yang didapat dari kampanye yang dilakukan dapat menjadi evaluasi brand untuk kampanye selanjutnya agar dapat lebih menarik perhatian target audience.
Coba review kembali dari 12 list di atas, mana yang brand Anda belum miliki. Ini pertanda kalau Anda harus memanfaatkan influencer untuk stand-out dan mencuri perhatian konsumen Anda. Namun, jika Anda masih ragu, Anda bisa konsultasikan bisnis Anda terlebih dahulu dengan tim expert kami.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign