Apa itu Storytelling dan Kaitannya dengan Influencer Marketing

storytelling influencer marketing
Menangkan hati konsumen dan lebih stand out dari kompetitor, dengan menggunakan storytelling marketing pada campaign Anda. Pilih influencer yang tepat!

Table of Contents

Storytelling menjadi salah satu cara manusia berkomunikasi. Menyampaikan informasi melalui cerita memudahkan manusia untuk lebih terkoneksi, relevan dan terpengaruh melalui alur yang dibawakan. 

Itu adalah alasan marketer menggunakan teknik storytelling agar dapat terhubung dengan emosi dan pengalaman audiens. Saat ini, influencer marketing adalah salah satu bentuk storytelling yang paling efektif. Dikatakan lebih efektif karena bukan hanya sekedar try and review.

Siapa pun bisa menyampaikan keunggulan produk mereka, tapi tidak semua brand bisa menyampaikan storytelling yang baik tentang bisnis mereka. Di situlah peran micro dan nano influencer hadir. 

Nano-micro influencer dapat membantu brand menyampaikan pesannya dengan baik.

Apa itu Storytelling?

Storytelling merupakan teknik penyampaian cerita untuk menjelaskan pesan utama brand kepada audiens. Cerita yang disampaikan bisa sepenuhnya faktual atau menyertakan detail tambahan yang dimodifikasi secara kreatif, untuk membantu menjelaskannya dengan lebih baik atau membuatnya lebih menarik. 

Dengan bantuan bahasa yang menyoroti value dari brand kepada target audiens, storytelling membantu menanamkan empati, menarik perhatian, dan mendorong pembaca untuk bertindak. Pada akhirnya, storytelling bertujuan membantu brand untuk terhubung lebih baik dengan audiens target mereka.

Photo by Rawpixel on Freepik

Bagaimana Storytelling Berkaitan dengan Influencer Marketing

Influencer mempersonalisasi kisah brand. Mereka dapat menjangkau audiens di berbagai kategori dengan sudut pandang yang berbeda. Tetapi mampu menyampaikan cerita yang sama untuk brand Anda kepada audiens tersebut.

Jika Anda ingin audiens mempertimbangkan brand Anda, cerita Anda harus memiliki makna dan menciptakan hubungan atas dasar kepercayaan. Hal ini dapat ditemukan dari perbedaan antara storytelling marketing dan content marketing.

Content marketing berkonsentrasi pada aspek fitur dan spesifikasi produk atau layanan yang ditawarkan. Sedangkan storytelling berfokus pada:

  • Alasan produk atau layanan Anda dapat memecahkan suatu masalah
  • Apa yang mendorong Anda untuk mendirikan bisnis
  • Mengapa pelanggan Anda dapat menikmati penawaran Anda

Brand mungkin saja dapat menyampaikan poin-poin di atas pada materi iklan, konten media sosial bahkan website. Namun tanpa validasi dari orang lain, hal ini kerap terlihat clichè.

Pesan-pesan tersebut dapat disampaikan dengan baik melalui influencer marketing yang berperan sebagai social proof.  

Dengan bantuan storytelling, brand dapat menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan audiens. Storytelling membantu menanamkan rasa empati dan membuat brand Anda lebih autentik. Hal ini memungkinkan audiens merasa relevan dengan kisah Anda. 

Storytelling membantu target audiens untuk mengingat kisah Anda dengan lebih jelas. Menurut Jerome Bruner, seorang psikolog kognitif, pesan yang dikomunikasikan dengan storytelling, dapat 20 kali lebih mudah diingat.

Terlebih lagi, Nano dan mikro-influencer memiliki posisi yang unik, dengan audiens spesifik yang lebih terlibat dibandingkan influencer dengan pengikut yang lebih banyak. Dengan demikian audiens mereka berpotensi memberikan kepercayaan pada aktivitas campaign.

Cara Menggunakan Storytelling dalam Influencer Marketing Campaign

Berikut adalah beberapa ide storytelling yang  bisa digunakan dalam campaign Anda:

  • Ceritakan pengalaman menarik melalui influencer yang sudah menggunakan brand Anda 
  • Mintalah influencer menunjukkan bagaimana produk Anda digunakan dan memberikan testimonial.
  • Buat video inspirasional dengan menyoroti aktivitas harian influencer melalui niche brand Anda.
  • Buat serial mini yang dibintangi oleh influencer di akun media sosial brand Anda.
  • Promosikan brand Anda melalui sentuhan konten humor bersama influencer komedi.

How it Works

Cerita memiliki kemampuan untuk melekat lama setelah kita mendengarnya. Mereka bisa menginspirasi, menghangatkan hati, atau bahkan mengubah hidup. Dan dalam hal pemasaran, cerita bisa menjadi alat yang ampuh untuk menciptakan brand awareness dan ingatan terhadap brand, terutama jika pesannya berdampak.

Storytelling from Blu By BCA Digital: THE UWISE BROTHERS

Berangkat dari premis Banyak Mau (BM) menjadi tantangan yang perlu dijawab Blu sebagai layanan bank digital. Blu menghadirkan campaign berbentuk mini series melalui platform Youtube, dengan menampilkan Iko Uwais sebagai KOL sekaligus bintang utama. 

Jargon Campaign “UWISE” yang diambil dari nama Iko Uwais, menjadi sorotan utama dalam campaign ini yang terus disebutkan sepanjang series. Bercerita tentang UWISE Brothers yang memiliki tujuan untuk menjawab rasa BM, Iko Uwais memimpin perjalanan cerita dengan berbagai adegan penuh aksi ala Holywood.

Di sepanjang adegan series tersebut, Iko Uwais menggunakan storytelling terhadap fitur Blu Virtual Card, dengan bermacam-macam adegan aksi melalui jargon UWise secara natural. Mulai dari fitur langganan streaming, hingga mengatur limit uang harian disebutkan sebagai keunggulan Blu melalui cerita yang asik. 

Terdapat keterkaitan yang dapat menarik perhatian audiens untuk menggunakan Blu melalui campaign tersebut. Pertama adalah Iko Uwais merupakan sosok terkenal dalam film aksi dan menguasai skenario pada adegan petualangan. Sehingga adegan dapat ditampilkan secara autentik.

Blu berkolaborasi dengan Iko Uwais sebagai KOL dengan menggunakan jargon Uwise, untuk menyebutkan pengguna Blu adalah pengguna bijak untuk mengatasi ke BM-an mereka, melalui petualangan Iko Uwais dalam menjawab solusi BM.

Kedua, teknik storytelling yang digunakan UWISE BROTHERS cukup relevan dengan mengangkat topik ringan. Percakapan Agus bersama temannya yang membicarakan faktor BM seperti waktu flash sale terkendala dompet, masih titip bayar untuk langganan streaming film, dan kesulitan mengontrol pengeluaran, dijawab oleh Iko Uwais dengan membawa Blu Virtual Card sebagai solusi bersamaan dengan adegan yang memukau.   

Itulah mengapa storytelling yang dipimpin oleh KOL atau influencer adalah cara yang sangat efektif untuk terhubung dengan audiens target Anda dan menciptakan keterlibatan yang bermakna.

Singkatnya, Storytelling membuat brand Anda untuk memungkinkan target audiens, dapat terhubung pada tingkat emosional yang membantu menginspirasi mereka untuk mengambil tindakan.

Untuk memberikan storytelling berkualitas, sangat penting untuk bermitra dengan influencer yang tepat untuk brand Anda. 

Segera daftarkan brand Anda dengan LEMON Influencer Platform untuk terhubung dengan ribuan influencer terbaik dengan klik banner di bawah!

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign