Apakah Micro dan Nano Influencer Lebih Dipercayai Consumers?

Nano dan Micro Influencer di Instagram
Influencer Marketing terbukti lebih efektif karena consumers lebih percaya Micro dan Nano Influencer daripada selebriti. Mau tau kenapa? Yuk, baca terus!

Table of Contents

Influencer Marketing terbukti lebih efektif karena consumers lebih percaya Micro dan Nano Influencer daripada selebriti. Mau tau kenapa? Yuk, baca terus!

Selama bertahun-tahun, brand telah menggunakan iklan di mainstream media dan celebrity endorsements untuk mempromosikan produk mereka. Meskipun upaya ini telah menghasilkan brand exposure dan reach yang tinggi, Influencer Marketing terbukti lebih efektif dalam biaya dan sales conversions.

Saat ini, dengan begitu banyaknya iklan komersial yang masuk ke layar consumers, mereka mengalami kebingungan dalam mempercayai sebuah brand. Akibatnya, modern consumers sekarang mengharapkan brand relationships yang lebih autentik. Karena selebriti secara umum diketahui lebih memiliki monetary relationships dengan brands, consumers kini lebih mempercayai influencers, khususnya Micro dan Nano Influencers, untuk purchasing decisions mereka.

Berdasarkan laporan dari ZDNet, marketing firm Collective Bias telah menemukan bahwa 30% consumers lebih cenderung membeli produk dari non-celebrity influencers daripada selebriti.

Dalam Influencer Marketing, Trust itu SANGAT Penting

Micro dan Nano Influencers pada umumnya telah membangun fondasi yang kuat untuk trust, transparency, dan respect dengan audiens mereka dengan terus memberikan insights tentang kehidupan pribadi mereka, berbagi ulasan produk, dan berinteraksi dengan followers mereka melalui Instagram, Twitter, dan media sosial lainnya. Berdasarkan Digital Marketing Institute, 70% teen consumers lebih mempercayai influencer daripada selebriti. Jadi, dengan Influencer Marketing, influencers dapat meneruskan trust yang mereka telah bangun dengan audiens mereka ke brand Anda.

Influencer Juga Dianggap Lebih Relatable dan Berpengetahuan

Kebanyakan dari influencers memilih satu bidang yang mereka kuasai (seperti fashion, beauty, food, travel, tech, or fitness), dimana konten tersebut akan menarik perhatian target audience yang memiliki interests yang sama. Kredibilitas mereka pun juga akan meningkat karena mereka fokus membuat konten di satu bidang tersebut, sehingga mereka akan dipandang sebagai experts” di bidangnya. Jadi, ketika Micro dan Nano Influencers merekomendasikan atau review brand yang relevan, mereka akan menghasilkan lebih banyak sales conversions karena orang-orang kemungkinan besar akan mengikuti saran mereka.

Case Study: Eileen Grace Indonesia

Tahun lalu, Lemon bekerja sama dengan Eileen Grace Indonesia untuk mempromosikan Jelly Mask mereka. Bersama Eileen Grace, kami memilih 4 Lemon Influencers dari #LemonSquad untuk mereview produk tersebut. Bersamaan dengan foto mereka dengan Eileen Grace Jelly Mask, mereka juga diminta untuk share review dan informasi tentang manfaat, fungsi, dan tekstur produk di akun Instagram mereka.

https://www.instagram.com/p/B5SSlovljhI/?utm_source=ig_embed
View this post on Instagram

MY CURRENT HOLY GRAIL! Moisturize Rose Jelly Mask from @eileengrace_indonesia pasti beberapa dari kalian udah familiar sama jelly mask yang lagi hits ini💖 . . Aku udah cobain maskeran pake ini selama seminggu, gemesh bgt tiap kali pakein maskernya karena tekstur jellynya itu loh hahaha dan ada taburan rose gitu di maskernya, udah gitu wanginya calming, ada kandungan calendula nya didalem jelly mask ini yang bikin kulit aautolembab dan aku ngerasa autocerah aja gitu abis bilas😂💯 selain itu yang aku suka dari rose jelly mask ini adalah tiap pake ada cooling sensationnya (plus aku simpen di kulkas juga!) jadi pas dipake tuh refreshing gimanaaa gitu ahahah. sukaaak deh pokoknya! . Yang aku rasain banget setelah pemakaian seminggu adalah kulit langsung halus dan kenyal, sesuai dengan claim di packagingnya "Perfectly Moisturize”❤️ selain itu redness dan bruntusan di muka aku juga berkurang banget. So buat kamu yang suka banget maskeran this jelly mask is DEFINITELY A MUST TRY product! Oiya mereka juga punya black jelly mask yang fungsinya untuk mengangkat minyak & komedo. Check out @eileengrace_indonesia’s page for more info ✨ . . EXTRA DISCOUNT by using this promo code on @shopee_id “EILEBRE25” . . #eileengrace #eileengraceindonesia #eileengracejellymask #jellymask #jellymaskindonesia #mask #blackjellymask #rosejellymask #sensitiveskin #indonesianskincare #localskincare #skincare #EGJourney

A post shared by Brenda Immanuella (@brendapantja) on

Karena mereka semua adalah micro beauty influencers, ulasan mereka sangat credible dan efektif. Alhasil, influencer campaign ini sukses dan menghasilkan 92 ribu followers, 31 ribu impressions, dan 23 ribu reach.

Now it’s your turn! Let Lemon help your brand create a successful influencer campaign today!

Registrasi Lemon di sini untuk membuat kampanye produk Anda atau kontak client specialist kami untuk bantuan di sini.

Photo by Charles Deluvio on Unsplash

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign