Social Proof, Strategi Marketing yang Jitu untuk Bisnis!

Jarang dibahas namun ternyata punya segudang manfaat, social proof adalah salah satu strategi marketing yang bisa tepat sasaran untuk memengaruhi minat beli

Table of Contents

Bicara tentang tips marketing tentunya banyak sekali bukan? Marketing selalu lekat dengan psikologi. Sebagai brand Anda harus mencari tahu apa yang konsumen butuhkan dan keuntungan apa yang bisa Anda tawarkan. Tentu saja tujuannya adalah untuk bisa menyenangkan kedua belah pihak. Social proof adalah salah satu teknik pemasaran yang dapat bekerja dengan efektif untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan potensial.

Sebuah survei mengungkapkan bahwa sekitar 68% konsumen lebih mungkin menggunakan produk atau layanan, setelah membaca ulasan atau review yang positif. Biasa disebut sebagai online review.

Tidak hanya review, social proof juga dapat hadir dalam beberapa cara lain di strategi pemasaran. Simak lebih lebih lengkapnya, karena LEMON akan mengulas lebih dalam melalui artikel ini.

Campaign creator from Unsplash

Social proof, Apa Sih Itu?

Social proof adalah salah satu jenis efek psikologi dimana orang memiliki kecenderungan untuk menyalin tindakan orang lain. Dalam dunia marketing, teknik ini efektif untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang kita tawarkan. 

Social proof dapat berupa berbagai bentuk seperti review, ratings, testimoni, case studies, dan banyak lagi. 

1. Testimonial dan Review

Salah satu jenis social proof adalah review dan testimonial yang paling mudah dilakukan. Dengan adanya review, potensial konsumen akan lebih percaya dan lebih tertarik terhadap produk Anda. Terlebih jika yang memberikan review adalah orang yang terkenal sehingga lebih mudah untuk di percaya. Terdapat banyak sekali manfaat dan kegunaan online review bagi bisnis.

Contohnya adalah, ketika calon konsumen diberikan dua pilihan produk yang sama, namun dengan jumlah dan kualitas review yang berbeda. Hal itu akan sangat mempengaruhi keputusan pembeli. Review yang lebih banyak dan lebih baik akan cenderung dipilih daripada produk yang belum memiliki review

2. Milestone

Dalam strategi marketing social proof, milestone atau pencapaian juga sangat penting untuk bisnis Anda. Anda bisa memulai dengan menunjukan kepada calon pelanggan berapa banyak orang lain yang membeli produk Anda dan mengikuti Anda. Dari informasi tersebut, potensial customer dapat menilai dan mempercayai apabila terdapat bukti dari produk yang sudah terjamin kesuksesannya. 

3. Influencer Marketing

Influencer marketing adalah cara yang baik untuk melakukan strategi marketing social proof. Influencer di Instagram dan TikTok yang memiliki banyak followers akan bisa dengan cepat menarik kepercayaan dari para pengikutnya. Bahkan nano dan micro influencer juga memiliki dampak yang baik untuk bisnis Anda karena memiliki pengikut yang setia. 

Ketika pengguna social media melihat influencer favoritnya membeli dan menggunakan produk atau jasa, maka mereka akan lebih tertarik dan mempercayai pada produk tersebut. Bukan hanya untuk meningkatkan jangkauan, tapi brand juga dapat menjangkau audience yang dapat menjadi target pasar Anda. 

Influencer marketing kini tidak harus dilakukan sendiri, terdapat berbagai pilihan influencer marketing agency yang dapat membantu Anda. Dalam memilih influencer marketing agency Anda harus pastikan sudah memilih agency yang terbaik untuk bisnis Anda.

Kolaborasi

social proof adalah
Photo by Microsoft on Unsplash

Kolaborasi dan partnership adalah salah satu cara yang bisa digunakan juga untuk mendapat social proof dari brand Anda. Ketika konsumen potensial melihat brand Anda bekerja sama dengan bisnis lain ataupun influencer yang ternama maka akan meningkatkan kepercayaan lebih terhadap brand Anda. 

Cara mendapatkan social proof untuk bisnis Anda adalah:

Jika Anda sudah memiliki setidaknya satu dari 4 jenis social proof, inilah saatnya untuk Anda menggunakannya dengan baik. Berikut adalah cara untuk mulai menghasilkan social proof

  1. Tanyakan

Aktif bertanya kepada konsumen apakah sudah senang dengan produk yang Anda tawarkan, dan mintalah review yang jujur sehingga Anda dapat menerima lebih banyak masukan untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda. Hal itu adalah langkah kecil untuk memulai social proof.

  1. Buatlah Press Release

Ada peluncuran besar yang akan datang? Buatlah press release dan undang media untuk mendapatkan publikasi yang lebih luas. 

  1. Bekerja sama dengan Influencer

Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa influencer marketing sangat baik untuk mendapatkan social proof, karena akan melibatkan influencer yang sudah memiliki banyak followers di akun media sosialnya. Kabar baiknya LEMON hadir untuk membantu menghubungkan Anda dengan influencer yang tepat untuk memasarkan produk Anda. 
Nah itu dia strategi pemasaran bisnis dengan social proof untuk meningkatkan penjualan brand Anda. Eksekusi tips-tips di atas dengan memulai campaign dengan daftarkan brand Anda di LEMON.

buat akun gratis untuk influencer marketing di era new normal

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign