Tips Memilih Influencer Marketing Agency yang Tepat Untuk Bisnis Anda!

Influencer marketing kini menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan engagement bagi brand. Perlu trik khusus untuk memilih marketing agency yang tepat

Table of Contents

Influencer marketing kini menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan engagement bagi sebuah brand. Selain bisa meningkatkan awareness dan meningkatkan penjualan, menggunakan influencer marketing dinilai sebagai bentuk pemasaran yang efektif. Namun, dengan peningkatan jumlah influencer yang bergerak di berbagai bidang keahlian membuat tantangan tersendiri bagi brand dalam memilih influencer yang sesuai dengan produk yang ditawarkan. Akibatnya, brand beralih ke influencer marketing agency untuk membantu memaksimalkan strategi mereka agar mencapai hasil yang luar biasa untuk kampanye mereka. 

Photo by Adeolu Eletu on Unsplash

Jika anda ingin tahu lebih bagaimana pentingnya influencer marketing, Anda bisa mengetahuinya di sini.

Influencer marketing agency bekerja langsung dengan brand untuk membantu menjalankan dan mengoptimalkan kampanye pemasaran influencer di social media. Memercayai platform ini dapat memudahkan Anda mengidentifikasi influencer yang tepat untuk kampanye mereka dan melaporkan hasil dengan lengkap. Brand akan dibantu oleh influencer marketing agency dalam menggali potensinya dengan melihat tren dan disesuaikan dengan target yang ingin dicapai.

Untuk itu, ini dia beberapa tips yang bisa diikuti untuk memilih influencer marketing agency yang tepat untuk bisnismu:

1. Mulailah dengan penjelasan singkat dan mendetail

Hubungan antara influencer marketing agency berawal dengan deskripsi yang singkat dan baik. Anda perlu menyampaikan tentang apa yang ingin mereka capai dengan campaign yang di buat. Referensi konten dan target campaign perlu disampaikan di awal sehingga bisa memudahkan proses selanjutnya. Agency juga bertugas untuk memberikan report terhadap brand, report yang lengkap akan memudahkan Anda untuk dapat mengukur tercapainya target yang dituju. Pemilihan karakter influencer juga bisa dilakukan oleh brand ataupun dengan referensi yang dimiliki marketing influencer agency yang telah mengenal dan memiliki banyak pengalaman dalam memilih influencer yang tepat untuk sebuah brand.

Photo by Mateus Compos Felipe on Unsplash

2. Memilih Marketing Influencer Agency yang tepat

Dengan perkembangan sosial media marketing yang pesat, maka bermunculan juga agency dengan fokus dalam influencer marketing yang berusaha untuk memenuhi kebutuhan para brand dalam memasarkan produknya. Oleh karena itu, pemilihan marketing influencer agency bukan sesuatu yang mudah. Anda harus dapat memastikan bahwa agency  yang dipilih dapat memenuhi kebutuhan. Pilihlah marketing influencer agency yang sudah memiliki pengalaman yang baik. Selain itu, pilihkan yang memiliki akses yang mudah dan fasilitas yang lengkap. Beberapa marketing influencer agency telah menyediakan website yang dapat memudahkan Anda dalam membuat campaignnya sendiri yang kemudian akan diproses dengan otomatis sesuai dengan target yang ingin dicapai oleh brand seperti LEMON yang memiliki website dan aplikasi yang mudah untuk membuat campaign.

buat akun gratis untuk influencer marketing di era new normal

LEMON merupakan salah satu agency dan platform influencer marketing yang memiliki fasilitas cukup lengkap dalam menjalankan influencer campaign. Anda tidak perlu bolak-balik menghubungi influencer satu per satu sehingga tidak membuang waktu Anda yang berharga. Anda pun bisa memonitor konten yang dibuat sebelum diunggah ke media sosial, sehingga tidak perlu takut adanya kesalahan atau melenceng dari brand guideline.

3. Prioritaskan report yang jelas dan konsisten 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, reporting hasil campaign perlu disampaikan dengan lengkap dan jelas. Sehingga brand dapat menentukan efektifitas campaign dan memutuskan apakah kembali menggunakan jasa dari marketing influencer agency yang sama kembali. Brand juga dapat melihat hasil dari pilihan influencer yang telah ditentukan. Sebuah brand harus mendapatkan laporan seperti:

  • Engagement rate – metrik dasar yang akan digunakan untuk mengukur kinerja sebuah konten pada platform media sosial
  • Total followers – followers yang bertambah dari social media campaign yang di buat
  • Potential impressions – jumlah seberapa kali para pengguna Instagram melihat konten yang telah di posting
  • Actual impression – jumlah pengguna Instagram yang aktif memberikan respon terhadap campaign yang dibuat
  • Total views media – jumlah total yang pengunjung yang melihat konten campaign
  • Campaign progress – laporan progres campaign dalam jangka waktu tertentu 
  • Clicks, including CTR – jumlah pengunjung yang mengklik link iklan yang kita jalankan
  • Cost per engagement – biaya yang dikeluarkan dari setiap engagement

Hindari hal ini dalam menggunakan influencer marketing, baca selengkapnya di sini.

Sedikit rumit? Jangan khawatir, ada LEMON sebagai platform yang menghubungkan antara brand dan influencer siap membantu anda kapanpun ingin memulai mempromosikan brand anda menggunakan influencer.  

Anda bisa langsung registrasi sekarang juga disini sebagai langkah awal untuk membuat strategi Influencer Marketing yang efektif. 

buat akun gratis untuk influencer marketing di era new normal

Buat strategi Influencer Marketing lebih mudah dengan LEMON yang dimana hanya membuat 1 akun platform, kebutuhan anda akan terpenuhi. Mulai buat campaign mu di sini

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign