5 Hal Kegunaan Online Review Bagi Bisnis

Online review adalah elemen krusial dalam perdagangan daring. Di era inilah online review bekerja untuk memastikan konsumen mengetahui keunggulan produk Anda

Table of Contents

Online review adalah elemen krusial dalam perdagangan daring. Beberapa tahun lalu kita bisa membandingkan produk dengan mengamati daya tarik, kelebihan dan kekurangannya secara langsung. Tentu hal ini dilakukan sebelum internet mulai merambah dan mudah diakses bahkan hanya dalam genggaman.

Lahirnya dunia maya mengubah pola dan kebiasaan kita dengan mengandalkan delivery service yang paling dirasakan saat ini. Selain mudah, pun tidak perlu keluar tenaga. Tanpa antri, tanpa ongkos jalan. Namun, apa kita rela mengeluarkan uang untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang tidak diketahui kualitasnya? 

Di era inilah online review bekerja untuk memastikan konsumen mengetahui keunggulan produk Anda diluar selling point yang dinyatakan dalam marketing campaign. Itu sebabnya, online review adalah hal penting dalam bisnis Anda. 

Melalui artikel ini, LEMON akan menjelaskan lebih mendetail kegunaan lainnya.

Online Review Buat Produk Lebih Menonjol

Photo by Henry Perks from Unsplash

Jumlah penjual online di Tokopedia pada tahun 2021 mencapai 9,9 juta dan masih banyak lagi diberbagai e-commerce lainnya. Hal ini menunjukan bahwa persaingan bisnis online sangatlah ketat. Toko sebanyak itu dari berbagai industri dan ukuran bisnis membuat konsumen mudah berpindah-pindah tempat belanja, namun tetap kesulitan karena tidak mengetahui apakah produk tersebut berkualitas.
Bisnis dapat mengisi gap tersebut melalui online review. Online review adalah testimoni-testimoni yang diberikan oleh konsumen yang sudah memiliki pengalaman dengan produk Anda. Sehingga para calon pembeli bisa melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui apakah produk yang Anda tawarkan sesuai dengan yang dicari. Jika review Anda tinggi dan punya banyak penilaian bagus, pembeli akan lebih tertarik dengan Anda.

Sumber Informasi Pengambangan Produk dan Jasa

Kegunaan lain dari online review adalah ulasan jujur yang diberikan oleh pengguna dapat dijadikan sumber untuk meningkatkan kualitas produk dan jasa. Anda mendapatkan kritik dan saran secara langsung dari audiens yang ingin Anda sasar sehingga audiens bisa lebih mudah dipahami. Ulasan negatif terkadang tidak dapat dihindari, namun sebetulnya hal itu dapat menguntungkan Anda. Selain dapat meningkatkan kualitas produk berkat saran dari konsumen, produk yang memiliki campuran ulasan baik dan buruk tidak akan menggagalkan skor rata-rata selama produk Anda memiliki aliran ulasan positif yang stabil. 

Tidak hanya itu, Anda dapat mengambil kesimpulan dari pola konsumen produk atau jasa mana yang ditawarkan menjadi pilihan yang paling disukai.

Bangun Kepercayaan Konsumen

Photo by Austin Distel from Unsplash

Berbisnis bukan hanya soal jualan dan perang harga. Bisnis perlu menciptakan kepercayaan bagi konsumen. Semakin baik online review yang dimiliki, semakin mudah mengenali tingkat kepercayaan konsumen. Kebanyakan konsumen akan melihat online review sebelum memutuskan untuk membeli. 

Jumlah ulasan online yang lebih tinggi dapat menjadi faktor pendukung bagi konsumen untuk membeli produk Anda. Anda dapat konsisten dan secara aktif mendorong pelanggan untuk membagikan pengalaman mereka tentang produk Anda. Semakin banyak ulasan yang dimiliki, semakin kredibel Anda terlihat di mata konsumen.

Membantu Menaikan Bisnis Online Anda

Dengan adanya ulasan online dapat mempengaruhi SEO atau optimasi mesin pencari terhadap bisnis Anda. Hal itu dapat Anda gunakan untuk meningkatkan peluang produk Anda muncul di halaman atas mesin pencari. Peran ulasan online dalam SEO untuk bisnis Anda adalah memperbesar kemungkinan produk Anda akan muncul di posisi teratas Google. Hal itu sangat penting untuk bisa meningkatkan penjualan produk Anda. 

Meningkatkan Penjualan

Layaknya iklan, review produk dari para konsumen juga bisa menarik konsumen baru untuk membeli produk Anda. Satu review tulisan panjang mengenai betapa puasnya konsumen terhadap produk Anda akan berpengaruh kepada keputusan pembeli lain, apalagi jika yang menuliskannya adalah orang yang terkenal seperti influencer atau selebriti. Hal ini akan memberikan prestise tersendiri bagi brand dan bisnis Anda. 

Nah, ini waktunya untuk Anda memaksimalkan fungsi dari online review untuk bisnis Anda. Akan ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengoptimasi online review

Berita baiknya, LEMON hadir dan dapat membantu mengoptimasi toko online Anda. Caranya mudah sekali, Anda bisa meregistrasikan brand Anda dengan klik banner di bawah ini.

buat akun gratis untuk influencer marketing di era new normal

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign