4 Alasan Brand Anda Wajib Pakai Influencer Marketing TikTok

influencer marketing tiktok
Ingin memperkuat merek Anda? Temukan 4 alasan kuat mengapa Anda wajib menggunakan influencer marketing TikTok dan membuahkan hasil yang menguntungkan.

Table of Contents

Pada awal tahun 2023, aplikasi TikTok masih menjadi salah satu aplikasi paling nge-tren di seluruh dunia. Bukan tanpa alasan, menurut databoks, pengguna TikTok Indonesia sendiri bisa mencapai 110 juta orang pada Januari 2023. Mengingat banyaknya pengguna TikTok di Indonesia, sudah pasti pemilik bisnis harus memanfaatkan kesempatan ini untuk memulai influencer marketing TikTok.

Mengapa Influencer Marketing TikTok Bagus untuk Bisnis?

influencer tiktok
Picture by: Pinterest

Ketika pandemi Covid-19 merebak di awal tahun 2020, kegiatan ekonomi dan bisnis harus beradaptasi dengan situasi yang tidak menentu. Para business owner tentunya perlu mengubah strategi bisnis mereka dari tradisional ke digital untuk bertahan dari situasi sulit. Salah satu strategi pemasaran digital paling populer untuk bisnis saat itu adalah influencer marketing TikTok.

Dengan merebaknya pandemi Covid-19, aplikasi TikTok semakin populer karena banyak orang menggunakan TikTok untuk membuat konten online, bertukar informasi, dan berbagi tips dan trik dengan pengguna lain.

Mulai dari situlah, cukup banyak influencer TikTok yang bermunculan akibat “lockdown” pandemi Covid-19. Bahkan pada masa pasca-pandemi pun, para influencer masih kian merembak. Melihat kesempatan ini, tidak sedikit dari brand menggunakan strategi influencer marketing untuk meningkatkan penjualan bisnis. Hal ini dikarenakan audiens sering menggunakan TikTok untuk mencari barang/produk melalui rekomendasi dari influencer.

Bagaimana TikTok Dapat Menyederhanakan Strategi Influencer Marketing TikTok?

influencer marketing tiktok
Picture from: Unsplash

Meski TikTok sempat menjadi sorotan di tahun 2018 karena diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, TikTok kini berhasil tumbuh menjadi platform media sosial yang tangguh untuk segala sektor, termasuk bisnis dan pemasaran digital.

Ingin tau alasannya? LEMON Influencer Platform telah merangkum 4 alasan mengapa brand Anda wajib menggunakan influencer marketing TikTok berikut ini.

1. Dapat Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Sejak awal TikTok di tahun 2016 hingga sekarang, setidaknya ada lebih dari satu miliar pengguna aktif TikTok di seluruh dunia. Dengan banyaknya pengguna TikTok, Anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas melalui TikTok untuk mempromosikan bisnis Anda.

Selain itu, TikTok memiliki kecenderungan konten yang viral dan mudah menyebar. Dengan memanfaatkan influencer marketing TikTok yang kreatif dan memiliki audiens yang loyal, Anda dapat menciptakan campaign yang menarik dan memikat, serta berpotensi untuk menjadi viral. Ini dapat membantu meningkatkan brand awareness dan memberikan dampak positif pada citra brand Anda.

2. TikTok Dianggap Sebagai Media Periklanan yang Efektif

Sebagai media sosial yang tumbuh sangat cepat, TikTok dianggap sebagai brand promotor yang efektif. Hal ini dibuktikan dengan www.tiktok.com, dimana 81% pengguna menggunakan TikTok untuk menemukan merek dan produk baru yang sedang tren saat ini. 


TikTok juga terkenal dengan format konten yang pendek, unik, dan kreatif. Influencer TikTok memiliki kemampuan untuk menciptakan konten yang menarik dan menghibur, yang dapat membuat brand Anda lebih menonjol di tengah kebisingan media sosial. Dengan berkolaborasi dengan influencer yang berbakat, Anda dapat menciptakan influencer marketing TikTok yang menarik dan membuat pengguna terlibat secara aktif dengan brand Anda.

3. Pengguna TikTok Cenderung Membeli Produk

Dilansir dari situs resminya, TikTok memastikan pengguna mendapatkan ‘the journey of retail’, yang terdiri atas discovery, consideration, & purchase. Berkat layanan yang diberikan oleh TikTok, pengguna TikTok 1,5 kali lebih mungkin membeli produk yang mereka temukan melalui TikTok dibandingkan dengan pengguna media sosial lainnya.

Sebagai pemilik bisnis, perlu untuk Anda merancang konsep yang matang. Hal ini dikarenakan konten yang disajikan kepada publik harus mewakili ‘the journey of retail’ seperti yang disebutkan di atas.

4. Targeting yang Lebih Efektif

TikTok menawarkan alat yang kuat untuk menargetkan audiens berdasarkan demografi, minat, dan perilaku pengguna. Dengan bekerja sama dengan influencer TikTok yang memiliki basis pengikut yang relevan dengan target pasar Anda, Anda dapat mencapai audiens yang tepat dengan pesan yang sesuai. Hal ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan konversi dan ROI (Return on Investment) dari campaign influencer marketing TikTok Anda.

Kesimpulan

TikTok sebagai platform yang sedang booming dengan jutaan pengguna aktif, menawarkan potensi pasar yang besar untuk memperluas jangkauan brand Anda. Melalui influencer marketing TikTok, Anda dapat memanfaatkan popularitas dan pengaruh para influencer untuk memperkenalkan brand Anda kepada khalayak yang lebih luas.

Sudah saatnya Anda menjalankan campaign di TikTok untuk mengembangkan bisnis Anda bersama influencer. LEMON adalah platform yang menyediakan lebih dari 50.000 nano-micro KOL TikTok untuk mempromosikan brand Anda melalui review, affiliate dan UGC (user-generated content).

Masih bingung memilih influencer TikTok yang tepat untuk mempromosikan produk Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan jasa LEMON Influencer Platform untuk membantu Anda memilih influencer terbaik dan menjalankan campaign dengan mudah.

Konsultasi dengan client success kami sekarang melalui link ini. GRATIS.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign