Memahami ROI Influencer Marketing: Panduan Praktis untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis Anda

cara menghitung roi influencer marketing
Influencer marketing dikenal memiliki 11xROI. Namun, apakah Anda mengerti apa itu ROI dan cara menghitungnya? Mari bahas tuntas cara menghitung ROI influencer.

Table of Contents

ROI influencerInfluencer marketing bukan strategi satu malam. Strategi ini bukan hanya sekedar posting dengan influencer yang punya followers banyak dan kemudian ditinggalkan begitu saja. 

Menghitung atau menganalisa efek dari influencer marketing untuk setiap tujuan campaign Anda sangat penting. Hal ini untuk mengetahui apakah Anda bekerjasama dengan influencer yang tepat, konten yang berkualitas, atau produk Anda cukup diminati.

Melalui artikel ini LEMON akan mengupas tuntas cara menghitung return on investment untuk setiap campaign yang Anda jalankan.

Sebagai catatan, ROI dihitung berdasarkan goals yang Anda tetapkan.

Pertama-tama kenali apa itu return on investment dalam influencer marketing.

Apa Itu Return on Investment Dalam Influencer Marketing?

Return on investment atau ROI adalah rasio yang menunjukan hasil dari seluruh aktiva yang digunakan dalam perusahaan.

ROI dalam influencer marketing digunakan untuk menghitung hasil yang didapatkan dari biaya investasi yang dikeluarkan untuk mengejar suatu tujuan.

Contohnya, Anda menggunakan 10 nano influencer melalui paket LEMON Gifting self-service dengan biaya Rp10juta. Dari campaign ini Anda menghasilkan 100 items yang terjual, dengan harga produk satuan Rp150rb.

Maka ROI Anda adalah: 

ROI=(Pendapatan investasi-biaya investasi)/Biata Investasi x 100%

ROI=(15juta-10juta)/Rp10jutax100%= 50%

Namun ROI bukan hanya sebatas hasil berupa uang atau keuntungan yang didapat. 

ROI dalam influencer marketing disesuaikan berdasarkan goals yang ingin Anda capai.

cara menghitung roi influencer

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Menghitung ROI Influencer

Goals

Lagi-lagi goals. Tentunya, untuk melakukan sebuah strategi, hal yang perlu Anda tentukan pertama adalah goals. Jika tujuan tersebut sudah Anda tetapkan, maka stategi yang tepat akan Anda design dan jalankan.

Influencer yang Tepat

Ajak influencer yang tepat untuk sama-sama mencapai tujuan akhir. Sesuaikan dengan niche, enggagement rate yang dimiliki, hingga riset terlebih dahulu bagaimana selebgram tersebut bekerjasama pada campaign sebelumnya. 

Konten

Content is king. Kunci dari setiap strategi yang berhasil. 

Bukan hanya bicara soal popularitas atau jumlah followers, influencer harus memiliki konten yang menarik. Karena influencer menjadi jembatan antara audiens dan brand Anda. 

Namun, influencer sudah terbukti memiliki keunikkan masing-masing dalam menggaet, menghibur, dan engage dengan audiens. Jadi sangat disarankan untuk memberikan influencer kesempatan untuk menuangkan kreativitas dalam membuat konten Anda.

Berbagai Cara Menghitung ROI Influencer Marketing

Lacak Pixel

Di toko offline, mungkin Anda menggunakan perhitungan store traffic analisis. Mengamati jumlah pelanggan yang datang, menyusun layout toko, hingga menghitung berapa dari mereka yang converted menjadi konsumen. 

Namun, di era digital saat ini, Anda mengalami kesulitan untuk menghitung banyaknya orang yang yang berkunjung ke toko secara manual. Inilah sebabnya pentingnya menggunakan pixel untuk melancak aktivitas yang terjadi di website Anda.

Pixel atau biasa disebut sebagai pixel tag merupakan HTML code snippet yang akan menangkap aktifitas yang terjadi saat user masuk ke website atau membuka email Anda.

Dengan pixel ini Anda dapat mengukur efek dari influencer marketing yang Anda jalankan dengan jumlah website visitor Anda. 
Cara menghitung ROI influencer marketing berdasarkan metrik situs web adalah jumlah total sesi atau pengguna dibagi dengan jumlah total konversi.

cara menghitung roi dengan tracking pixel

Kode Promo 

Cara menghitung ROI influencer marketing lainnya adalah dengan kode promo yang Anda padukan dengan influencer Anda. Misalnya jika Anda berkejasama dengan mega atau macro influencer, Anda akan memberikan kode promo seperti [Nama influencer]x[brand].

Dengan begitu Anda bisa menghitung seberapa banyak audiens yang menggunakan kode promo tersebut setelah campaign berjalan.

ROI Influencer dari Affiliate Link

Affiliate marketing adalah proses dimana promotor akan mempromosikan produk dari seller. Salah satu cara menjalankan influencer marketing adalah dengan afiliasi link. Cara menghitung ROI influencer marketing adalah dengan mambayar selebgram dari setiap penjualan yang terjadi melalui link afiliasi tersebut.

Menghitung ROI Influencer dari Engagement per Cost

Cara menghitung ROI influencer berdasarkan berapa engagement yang dihasilkan selebgram untuk brand Anda. Semakin rendah biaya per engagement maka semakin besar ROI yang didapat.

Engagement dihitung berdasarkan komentar yang dihasilkan, partisipasi hashtag, dan lain-lain dari semua aktivitas yang terjadi di ungahan influencer tersebut. 

Cara menghitung ROI influencer marketing dengan EPC adalah biaya influencer dibagi dengan jumlah engagement.

cara menghitung roi influencer dengan engagement

Kesimpulan

Menghitung ROI influencer marketing adalah langkah terakhir dalam menjalankan campaign. Perlu diingat bahwa, dalam mencapai sebuah keberhasilan terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan.

  • Menentukan goals yang mudah dicapai
  • Menentukan strategi sebagai langkah untuk mencapai goals tersebut
  • Menetapkan metriks yang tepat sesuai dengan strategi, dan
  • Menghitung ROI 

Melalui artikel ini, Anda sudah memahami bagaimana cara menghitung ROI influencer marketing. Jika Anda tertarik dengan untuk menjalankan campaign, diskusikan kebutuhan Anda dengan tim kami GRATIS!

influencer insight report 2021, untuk bantu Anda memilih influencer yang tepat

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign