Kenali Apa Itu User Generated Content (UGC) Untuk Bisnis

User Generated Content (UGC) untuk Bisnis
User-generated content dianggap sebagai bentuk marketing yang paling authentic. Apakah sudah mengenali apa itu UGC dan manfaatnnya untuk bisnis? Baca terus ya!

Table of Contents

Apa Itu User-Generated Content?

User-Generated Content atau UGC adalah semua konten (seperti foto, video, teks, ulasan, dll.) yang dibuat oleh para pengguna untuk posting atau disebarkan di media sosial. Konten yang dihasilkan biasanya dalam bentuk cerita pengalaman dan opini mereka menggunakan suatu produk/servis.

Terkadang, mereka juga menggunakan hashtags dan mention brand tersebut agar ditemukan oleh brand nya. Kalau ini terjadi, biasanya brand akan me-repost dan menampilkan konten tersebut dalam situs atau media sosial mereka dan menggunakannya sebagai salah satu bahan marketing mereka.

 

Posted by @yohana.djong on Instagram.
https://www.instagram.com/p/CEnsNq4HN5J/?utm_source=ig_web_copy_link

Beda dengan influencer marketing, brand tidak harus membayar para konsumen untuk UGC karena mereka melakukan ini voluntarily atau dengan suka rela. Maka dari itu, konten ini sangat kuat untuk meyakinkan pembeli potensial karena faktor kejujurannya. Faktanya, 90% pembeli mengatakan bahwa pembelian mereka dipengaruhi oleh UGC dan 73% pembeli mengalami peningkatan dalam kepercayaan pembelian mereka karena UGC.

Selain itu, UGC juga dapat:

1. Meningkatkan traffic yang organik

#FunFact: Menurut 87% dari semua hasil search engine, UGC adalah elemen yang paling berpengaruh No. 2 untuk mempengaruhi keputusan pembelian. Membangun kepercayaan dan komunitas brand yang LEBIH kuat

2. Membangun kepercayaan dan komunitas brand yang LEBIH kuat

3. Meningkatkan engagement

Langkah Pertama Menuju UGC: Influencer Marketing

Sebelum Anda bisa mengharapkan para konsumen untuk membuat konten produk Anda, Anda harus meningkatkan brand awareness terlebih dahulu. Untuk ini, cara paling gampangnya adalah dengan Influencer Marketing. Dengan audiens yang luas dan kepercayaan yang para influencer miliki kepada mereka, influencer dapat memicu engagements dan buzz mengenai brand Anda di antara followers mereka. 

Selain itu, influencer juga sudah mengenal audiens mereka. Dengan ini, mereka dapat menceritakan pesan dan produk brand Anda dengan gaya yang disukai oleh audiens nya. Terkadang, mereka juga dilihat sebagai sosok inspiratif di mata audiens nya. Ketika mereka posting sesuatu yang unik, followers mereka biasanya akan terinspirasi untuk posting dengan gaya yang sama, yang pada akhirnya akan menghasilkan tren. 

Agar lebih interaktif dan menarik, influencer campaign juga bisa melibatkan lomba online ataupun giveaway di media sosial yang akan mendorong lebih banyak orang untuk membuat dan posting user-generated content. Salah satu contohnya adalah campaign LEMON untuk produk Lash Paradise Mascara dari Loreal

 

Posted by @meiangeel on Instagram

Namun, Anda harus ingat bahwa kesuksesan sebuah influencer campaign bergantung pada influencer yang telah brand Anda pilih. Untuk hal ini, LEMON selalu siap untuk membantu loh! Dengan menggunakan servis dari LEMON Influencer Platform , Anda tidak harus takut untuk membuang waktu dan memilih influencer yang salah karena kami yang akan memilih influencer yang TEPAT dan SESUAI  dengan estetika dan value brand Anda.

4 Ide Daur Ulang User-Generated Content

UGC adalah berbagai bentuk konten baik video, foto, review dan tulisan yang dibuat oleh pelanggan. Bisnis dalam skala apapun tentu tidak membatasi penggunaan UGC. 

User-generated content diketahui sangat berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan konsumen. Hal ini disebabkan konten tersebut menggambarkan kepuasan pelanggan yang dikemas dengan rekomendasi yang otentik dan relatable. 

Melalui artikel ini LEMON akan memberikan tips-tips cara mendaur ulang user-generated content atau UGC untuk kebutuhan bisnis.

UGC untuk Konten Media Sosial

Media sosial menjadi langkah utama bisnis dalam meningkatkan eksistensi. Membuat konten harian tentu menjadi tantangan jangka panjang untuk tetap menghibur dan menggaet audiens. Bentuk konten di media sosial pun tidak melulu tentang edukasi produk. 

Dengan UGC, Anda bisa menambah warna konten media sosial Anda agar lebih kredibel. Seperti yang dilakukan brand Simply Juun yang mengunggah ulang UGC yang dihasilkan dari influencer marketing bersama LEMON.

Contoh daur ulang User generated content dari Simply Juun

 

Photo by @juun.id’s Instagram

Jadikan Sebagai Catalog Website

Media sosial tidak menjadi satu-satunya ide dalam mendaur ulang konten UGC. Yang bisa dilakukan untuk menginovasi user-generated content adalah dengan menjadikannya katalog belanja di website

85% konsumen mengandalkan UGC sebagai representasi produk yang ditawarkan dibanding produksi kualitas tinggi konten seperti banner atau photoshoot yang dihasilkan oleh brand. Karena UGC dihasilkan dengan amatir dan otentik. 

Dengan konten berkualitas tinggi, konsumen memiliki ekspektasi lebih terhadap produk yang ditawarkan dengan segala retouch editing yang dihasilkan. Oleh karena itu, UGC yang terlihat amatir namun otentik dapat menjaga ekspektasi konsumen yang tidak terlalu tinggi.

 

Gunakan untuk Advertising

Tentunya alasan Anda menjalankan Ads pasti memiliki beberapa tujuan. Anggap saja, untuk tingkatkan traffic ke website. Dengan begitu, pilihan creative ads yang dibutuhkan adalah catchy, bold, dan unik yang bikin audiens penasaran dengan produk Anda.

UGC adalah konten yang memiliki keunikkan tersendiri yang dapat kamu gunakan untuk ads yang Anda jalankan. User-generated content tentu mendorong banyaknya minat dan membangun rasa penasaran.

Gaet Newsletter Subscriber dengan UGC

Tanpa ragu, newsletter menjadi pondasi dari email marketing strategy bisnis Anda. Harian, mingguan maupun bulanan menjadi touchpoint untuk Anda membangun hubungan yang otentik dengan pelanggan. 

Melalui newsletter, Anda dapat terus menampilkan produk melalui konten ke pelanggan Anda dan UGC adalah salah satu konten yang bisa kamu daur ulang. 

Contoh daur ulang user generated content untuk newsletter

Inilah beberapa ide mendaur ulang user generated content untuk kebutuhan konten bisnis Anda. 

Perlu diingat dalam menarik konsumen, pastikan untuk memposisikan kebutuhan konsumen menjadi yang utama. UGC adalah salah satu konten yang digunakan untuk meyakinkan konsumen Anda atas keraguan dalam melakukan aksi pembelian. 

Pada tahap ini, yang diinginkan konsumen adalah pembuktian apakah produk yang Anda tawarkan patut untuk dicoba.

Kalau kerjasama dengan 100 LEMON influencer dan hasilkan 100 UGC, kamu bisa alokasikan UGC kamu sambil praktekan tips-tips daur ulang di atas!

Hasilkan user-generated content dengan influencer marketing bersama LEMON dan praktikan tips-tips di atas untuk perkembangan bisnis Anda. Di LEMON, semua konten hasil UGC menjadi milik brand kamu jika bekerja sama dengan LEMON! Hasilkan user-generated-content dengan ratusan influencer sekarang dengan daftarkan brand Anda sekarang melalui banner di bawah ini.

Let LEMON help your brand create a successful influencer campaign today!

Photo by abillionveg on Unsplash

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign