Menguak Rahasia Strategi Endorse Influencer yang Efektif dan Terjangkau

cara endorse influencer
Dapatkan interaksi audiens 6,3% lebih tinggi, pakai cara ini buat endorse influencer yang sukses dan lebih unggul dari 81% kompetitor!

Table of Contents

Jika Anda ingin meningkatkan jangkauan audiens untuk produk yang dijual, menggunakan jasa endorse influencer bisa menjadi pilihan strategi marketing yang tepat. 

Banyak perusahaan atau brand mulai menggunakan jasa endorse influencer untuk memakai produk mereka sebagai salah satu strategi pemasaran. 

Hal ini karena menjalankan campaign bersama influencer relatif ramah di kantong dan bisa menjangkau banyak khalayak dari jumlah pengikut mereka.   

Endorsement juga merupakan cara yang bagus untuk menguji hubungan brand dengan influencer. Produk Anda akan dinilai dan dibicarakan, sehingga Anda bisa mengetahui sejauh mana unique selling point Anda menarik audiens.  

Untuk menyusun strategi endorse influencer yang praktis berikut adalah panduan yang bisa Anda gunakan untuk membuatnya jadi sukses. 

Temukan Influencer yang Tepat

cara endorse influencer
Picture by Freepik

81% pemasar menemukan influencer yang tepat adalah tantangan tersulit. Dalam beberapa hal, kemampuan Anda untuk menemukan influencer yang tepat sangat penting dalam melakukan endorse influencer. 

Gimana jika Anda mengirimkan produk ke influencer yang memiliki pengikut di luar area bisnis? 

Gimana jika Anda mengirimkan produk ke influencer yang telah bekerjasama dengan kompetitor? 

Agar menghindari dua hal tersebut, Anda harus punya list terpercaya dengan memanfaatkan data spesifik selama pencarian influencer. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencari influencer:

  • Gali Demografi mengetahui audiens milik KOL  yang sesuai dengan buyer persona merupakan cara endorse influencer terpenting. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan pelanggan yang tepat. Selain itu, pastikan konten mereka saat campaign dengan brand lain memiliki jumlah tayang yang bagus. 
  • Memastikan Kecocokan Produk cara endorse influencer untuk mengetahui apakah mereka cocok atau tidak, adalah dengan melihat jenis konten yang mereka buat selaras dengan suara/nilai brand dan bisa mengakomodasi kebutuhan produk Anda.
  • Fokus pada Minat menggunakan platform adalah cara endorse influencer termudah. Dengan menggunakan dashboard, Anda bisa menampilkan rating dari seorang influencer serta melacak performa konten mereka terdahulu. 

Pastikan untuk melacak KPI ini secara berkala. Influencer platform bisa memberikan tim Anda akses untuk memaksimalkan strategi endorse influencer Anda dan mengevaluasi cara meningkatkannya.

Perhatikan Jumlah Followers Mereka

Jumlah followers adalah hal yang penting untuk strategi endorse influencer di media sosial. Meskipun bukan satu-satunya yang harus diperhatikan, yang terpenting adalah mengetahui seberapa akrab KOL tersebut dengan mengikuti mereka. 

Anda bisa membaca komentar terkait konten yang menampilkan produk yang telah mereka review, serta respon dari influencer ketika menjawab komentar tersebut. Interaksi yang bagus dapat meningkatkan kepercayaan pada produk yang di-endorse. 

Pastikan juga bahwa followers yang mereka miliki adalah real dan bukan beli. Anda bisa mengetahui ini jika melihat angka followers yang tinggi, namun interaksi yang didapatkan sedikit pada konten endorse mereka. Dalam artikel lain, LEMON cuma sempat membahas mengenai cara menghindari influencer palsu.

Tetapkan Key Performance Indicator

strategi endorse influencer
Picture by Raw Pixel from Freepik

Key performance indicator (KPI) adalah pilar untuk campaign Anda dalam strategi endorse influencer. Dalam endorse influencer yang bertujuan mendorong brand awareness, KPI seperti jumlah postingan, jumlah engagement, jumlah penayangan, dan tingkat keterlibatan biasanya digunakan untuk menentukan kesuksesan.

Berikut adalah beberapa hal lainnya yang bisa diukur:

  • Jumlah postingan berdasarkan tingkatan influencer bisa bermanfaat jika Anda bereksperimen dengan tingkatan dan audiens influencer yang berbeda. Misalnya, Anda menemukan bahwa mikro influencer memiliki keterlibatan yang lebih tinggi daripada mega influencer
  • Jumlah penayangan pada tagar brand dapat mengukur program endorse influencer untuk menghasilkan awareness dalam suatu campaign. Tagar ini berguna untuk melacak influencer dan pengikut mereka yang berpartisipasi untuk meramaikan campaign. 
  • Kualitas komentar pada postingan influencer metriks ini bisa membantu menentukan apakah audiens benar-benar tertarik dengan produk Anda. Apakah mereka hanya mengomentari emoji atau mendiskusikan produk di pos? 

Jalin Hubungan Baik

Setelah Anda mengirimkan produk, luangkan waktu sejenak untuk mengirimkan DM atau email follow up kepada mitra Anda di sela-sela waktu luang.

Anda dapat mengingatkan mereka dan membangun antisipasi dengan memberi tahu mereka status paket saat sedang dalam perjalanan. Bentuk kesopanan kecil ini akan menjadi bukti bahwa Anda menghargai kemitraan mereka.

Sebagai catatan, mungkin akan lebih baik jika Anda menunjukkan ketertarikan dan memperkuat pengetahuan Anda terhadap konten mereka. 

Misalnya, jika mereka dikenal suka membuat konten riasan yang berani dan kreatif, lalu Anda mengirimkan palet eyeshadow, ucapan seperti “Kami tidak sabar untuk melihat Anda menggunakan eyeshadow kami untuk konten berikutnya!” dapat menjadi salam yang baik.

Hal ini bisa menjaga hubungan Anda dalam menjalankan endorsement bersama influencer. Ketika mereka benar-benar menyukai produk Anda, influencer akan sungguh-sungguh membicarakan brand Anda dengan sangat baik dan jujur.

Sehingga pengikut mereka cukup tertarik untuk memakai produk Anda, karena telah mendapatkan kepercayaan dari influencer yang mereka ikuti.  

Gandeng Mikro Influencer 

strategi endorse influencer
Picture by Way Home Studio from Freepik

Saat memikirkan strategi endorse influencer, jangan lupakan mikro-influencer. Di tingkat mikro, terdapat engagement yang lebih tinggi, biaya yang lebih rendah, dan peluang yang signifikan untuk pertumbuhan brand.

Influencer dengan 1.000-5.000 pengikut memiliki tingkat interaksi 6,3% sedangkan influencer dengan lebih dari 10.000 hanya memiliki 3,6%. 

Berkolaborasi dengan mikro-influencer adalah salah satu tren pemasaran terbaik karena Anda dapat menghemat anggaran serta membuat pelanggan melihat bahwa Anda bekerja dengan “everyday people”. Bagian terbaik tentang mikro-influencer adalah mereka punya interaksi NYATA bersama pengikutnya.

Kesimpulan

Jika Anda ingin meningkatkan jangkauan audiens untuk produk Anda, menggunakan jasa endorse influencer bisa menjadi pilihan strategi marketing yang tepat. Banyak perusahaan dan brand yang mulai menggunakan jasa endorse influencer karena campaign bersama influencer relatif terjangkau dan bisa menjangkau banyak pengikut mereka. Endorsement juga dapat menjadi cara yang baik untuk menguji hubungan brand dengan influencer, sehingga brand dapat mengetahui sejauh mana unique selling point produk mereka menarik audiens.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyusun strategi endorse influencer yang praktis.

Pertama, Anda harus menemukan influencer yang tepat, yang cocok dengan audiens target Anda dan dengan nilai-nilai brand Anda. Selain itu, pastikan juga bahwa influencer tersebut memiliki pengikut yang asli dan terlibat dalam konten yang mereka buat.

Kedua, pastikan untuk memperhatikan jumlah followers influencer tersebut, tetapi bukan menjadi satu-satunya faktor dalam memilih influencer.

Ketiga, tetapkan key performance indicator (KPI) yang akan digunakan untuk mengukur kesuksesan endorse influencer Anda. Terakhir, jalin hubungan baik dengan influencer Anda, kirimkan DM atau email follow up, dan perkuat pengetahuan Anda terhadap konten mereka.

LEMON adalah platform jasa endorse influencer dengan membiarkan mereka yang mendaftar ke campaign Anda sehingga Anda dapat memilih influencer yang telah menyukai produk Anda.

Mulai kesuksesan endorse influencer untuk menggaet pelanggan lebih banyak dengan mudah, bersama LEMON Influencer Platform dengan konsultasi gratis melalui link ini.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign