Kolaborasi dengan Influencer: Melalui Unique Selling Proposition (USP) yang Tepat Sasaran

unique selling proposition adalah
Pimpin sektor terdepan pada bisnis dan datangkan pelanggan baru. Unique selling proposition, “jurus” jitu yang bikin konsumen terpikat dengan brand Anda!

Table of Contents

Jika Anda ingin mencapai kesuksesan dalam bisnis, unique selling proposition adalah salah satu kunci yang dibutuhkan. Setiap bisnis membutuhkan satu kualitas yang jelas dan unik untuk terhubung dengan pelanggan dan menunjukkan apa yang membedakan brand Anda.

Anda mungkin memiliki produk atau layanan inovatif yang lebih menarik daripada penawaran lainnya di industri bisnis tersebut. Namun, jika konsumen tidak terlalu tertarik dengan penawaran tersebut, bisnis Anda tidak akan berhasil.

Menentukan dan memaksimalkan USP merupakan hal yang penting untuk memastikan brand dapat terhubung dengan konsumen. Melalui unique selling proposition Anda lebih mudah mengomunikasikan penawaran terbaik ke konsumen. 

Sebagian besar marketer memandang USP sebagai cara untuk menonjolkan brand. Padahal, masih banyak manfaat lainnya yang bisa dimaksimalkan. Hal ini adalah strategi marketer yang penting agar dapat membangun identitas sebuah bisnis:

  • USP membedakan brand Anda dari kompetitor.
  • Pesan dari brand Anda akan lebih mudah disampaikan dengan adanya USP.
  • Menemukan USP Anda dimulai dengan memahami pelanggan, kompetitor, dan produk Anda.

Apa itu Unique Selling Proposition? 

unique selling proposition adalah
Picture by Freepik

USP atau biasa disebut unique selling proposition adalah elemen atau fitur yang membedakan produk atau layanan sebuah bisnis dari kompetitor. Fungsi USP adalah sebagai pernyataan singkat yang memberi tahu pelanggan saat ini dan calon pelanggan, mengapa mereka harus memilih penawaran Anda.

Kehadiran USP menjanjikan manfaat yang disampaikan dengan jelas kepada konsumen dan menawarkan sesuatu yang tidak dapat atau tidak ditawarkan oleh produk kompetitor. USP juga harus cukup menarik untuk menggaet pelanggan baru.

Ide pokoknya adalah membuat produk menonjol dari kompetitor dengan pendekatan yang unik. Selling proposition harus menarik perhatian pelanggan dan menjadi pembeda antara Anda dengan kompetitor.

Adanya USP membantu menyampaikan semua aktivitas bisnis Anda, termasuk slogan, pengembangan produk, layanan baru dan bagaimana brand berinteraksi dengan pelanggan Anda. 

Lebih dari sekadar pemanis, unique selling proposition membutuhkan kedalaman yang selaras dengan nilai bisnis dan strategi bisnis Anda.

Lakukan competitor analysis saat mengembangkan USP bisnis harus dapat menyampaikan dengan jelas tentang perbedaan-perbedaan ini, dengan cara yang menempatkan penawarannya tetap unggul melalui unique selling proposition

Cara Menentukan Unique Selling Proposition

cara menentukan unique selling point
Photo by Tirachardz from Freepik

Unique selling proposition bukanlah satu ukuran paten. Bisnis di industri yang serupa dapat memiliki USP yang berbeda dengan mewakili nilai bagi pelanggan mereka.

Meskipun semua unique selling proposition berbeda secara unik, sebagian besar bisnis melalui proses serupa untuk menghasilkannya. 

Berikut adalah empat cara menentukan unique selling proposition pada bisnis Anda:

Terhubung dengan Audiens

Audiens adalah sumber informasi paling handal dan berharga untuk unique selling proposition produk Anda karena tindakan mereka dapat mendorong penjualan pada bisnis. 

Cara menentukan unique selling proposition bisnis mengharuskan Anda untuk memahami alasan di balik perilaku mereka.

Jika kita memiliki sebuah bisnis online, mengetahui karakteristik audiens akan memudahkan kita untuk menghasilkan produk yang tepat bagi mereka.

Sebagai contoh, menentukan demografi usia sangat penting untuk mengetahui status pekerjaan audiens Anda. Jika audiens memiliki usia rata-rata 18-22 tahun dengan status pelajar dan mahasiswa, maka Anda perlu menyediakan produk dengan harga terjangkau. 

Dengan menyesuaikan pelayanan yang baik, Anda dapat menciptakan unique selling proposition dari produk yang terjangkau dan cocok dengan kantong pelajar. 

Identifikasi Keunggulan Bisnis  

“U” dalam USP adalah singkatan dari unique, keunikan apa yang dimiliki oleh brand Anda?

Mampu menyampaikan apa yang membuat brand lebih unik dan berbeda dari yang lain di industri yang sama menjelaskan mengapa audiens harus membeli produk Anda. 

Hal ini juga membantu Anda fokus pada elemen unik ini dan mengubahnya menjadi kunci kesuksesan yang lebih menguntungkan. 

Analisis Kompetitor

Chrys Tan, pendiri Chrys Media, mengatakan bahwa menganalisis kompetitor Anda adalah cara terbaik untuk memahami bisnis beroperasi

Daripada berfokus pada produk apa yang mereka jual, lihat iklan apa yang mereka tayangkan atau pesan pemasaran yang disampaikan.

Hal ini akan membantu Anda menentukan apa proposisi penjualan unik masing-masing perusahaan dan bagaimana mereka membedakan diri satu sama lain.

Dengan menganalisis iklan kompetitor, Anda bisa mendapatkan gambaran tentang bagaimana produk mereka ingin dipersepsikan. Hal ini merupakan langkah penting sebagai cara menentukan unique selling proposition dan mempertimbangkan posisi bisnis Anda di pasar.

Up to Date dengan Tren

Anda mungkin sudah memahami keinginan pelanggan dan apa yang membuat bisnis Anda lebih unggul di antara kompetitor. 

Namun, informasi ini tidak akan membantu jika Anda tidak sejalan dengan tren pasar saat ini, termasuk tren teknologi, tren pemasaran, tren ritel, dan lainnya.

Preferensi konsumen berubah dengan cepat tergantung pada apa yang sedang tren, dan Anda harus dapat menyesuaikan inisiatif pemasaran atau penjualan untuk mengakomodasi perubahan ini. Jika tidak, strategi pemasaran Anda mungkin akan sia-sia.

Contoh Unique Selling Proposition dari Brand Terkenal

Berikut adalah tiga contoh unique selling proposition dari brand terkemuka yang telah berhasil mengembangkan bisnis mereka. Mari kita lihat apa yang dapat dipelajari dari: 

NETFLIX

Alasan utama sebagian besar orang dalam menggunakan Netflix adalah untuk menemukan film dan acara TV baru. Netflix membuatnya sangat mudah dan bahkan mempersonalisasikannya untuk konsumen mereka. 

Netflix menyediakan fitur untuk penggunanya dapat menilai dan memberikan peringkat pada film favorit mereka. Berdasarkan peringkat ini, Netflix kemudian dapat merekomendasikan judul lain yang relevan. 

Pengalaman Pengguna sangat penting saat merancang dan mengembangkan situs web Anda. Pelanggan harus selalu menjadi yang terdepan dalam pikiran Anda selama proses berlangsung. Ini juga tercermin dalam perubahan interface Netflix yang kini menawarkan pengalaman visual dan interaktif yang jauh lebih menarik bagi pengguna.

Uji coba gratis juga menjadi contoh unique selling proposition yang kuat untuk Netflix melalui penggunaan email, yang ditargetkan kepada mereka yang memilih untuk tidak melanjutkan layanan setelah uji coba selesai.

H&M

Bisnis ritel fashion mengandalkan strategi penjualan yang efektif untuk perputaran barang dagangan yang tinggi. 

H&M menggunakan fast fashion mode yang memasok model dari desainer dengan produksi secara masal. Strategi ini memungkinkan pengiriman barang dagangan dengan cepat dari meja desainer hingga kepada ruang display pada toko.

Terlepas dari jenis produknya harga tetap menjadi perhatian utama. H&M berusaha untuk menjadi ritel fashion yang paling berkelanjutan, dengan memanfaatkan fleksibilitas dan efektivitas biaya fast fashion mode.

Strategi tersebut untuk menawarkan produk berkualitas tinggi dengan harga lebih relatif murah sebagai unique selling proposition.

Berbagai macam produk yang tersedia menarik banyak konsumen. Mulai dari pakaian hingga hingga kosmetik, sepatu, selimut, pot, tempat lilin, dan sebagainya. Brand unik perusahaan seperti Cheap Monday, H&M Home, dan ARKET tersedia di sebagian besar toko H&M.

Bioderma

Melunjurkan produk baru, Bioderma melakukan campaign secara masif melalui berbagai platform media sosial dan e-commerce. Sebanyak 154 LEMON Influencer yang terbagi dalam beberapa jenis dan tier membantu untuk menunjang kesuksesan dalam mencapai tujuan tersebut.

Dalam menjalani campaign ini, postingan influencer di awali dengan storytelling dalam memberikan edukasi mengenai kulit sensitif yang disebabkan oleh berbagai hal. Sehingga audiens tidak serta merta secara direct diberikan konten yang berupa promosi saja.

Campaign Bioderma berfokus pada satu CTA yaitu e-commerce, sehingga traffic ke sana pun meningkat. Untuk melakukan suatu campaign memang sangat diperlukan call to action yang jelas dan mengerucut pada satu tujuan.

Coca-Cola

Coca-Cola adalah salah satu brand terkemuka di sektor makanan & minuman. Kekuatan Coca-Cola terlihat pada aspek kunci dari bisnisnya yang memberikan keunggulan kompetitif di pasar.

Beberapa faktor penting dalam kekuatan brand antara lain keuangan, tenaga kerja berpengalaman, keunikan produk & aset tidak berwujud seperti nilai brand.

Perusahaan terus berinovasi menjaga lingkungan dengan menggunakan 100% bahan daur ulang. Coca-Cola menggunakan teknik pengemasan yang efektif dan efisien dengan penekanan pada daur ulang dan penggunaan kembali sebagai salah satu contoh unique selling proposition.

Coca-Cola memiliki nilai yang kuat dari semua produk Coca-Cola melalui periklanan dan pemasaran dengan menggandeng para influencer dan brand ambassador.

#ThisOneFor adalah satu campaign Coca-Cola yang sukses dengan berkolaborasi bersama influencer. Campaign  ini berkolaborasi dengan  Fashion, Travel, dan Lifestyle influencer.

Tujuan utama dari kampanye ini adalah untuk mempromosikan brand Coca-Cola di wilayah Eropa. Coca-Cola berkolaborasi dengan 14 mega influencer Instagram dengan total 22 postingan bersponsor.

Semua postingan menggunakan tag @cocacola.eu dan #ThisOnesFor. Campaign ini menghasilkan lebih dari 1.73.000 suka dan 1600 komentar. Dan hashtag ini menjadi salah satu hashtag yang paling populer di Instagram.

Kesimpulan 

unique selling propositions adalah
Photo by Wirestock from Freepik

Mengetahui unique selling proposition adalah kunci utama kesuksesan sebuah bisnis. Tanpa USP yang kuat brand akan kesulitan untuk menjangkau konsumen baru.

Dengan memahami USP pada bisnis, Anda dapat mengetahui dengan baik target audiens yang ingin dituju untuk meningkatkan penjualan brand. 

Sehingga, sebelum memulai suatu campaign penting bagi marketer untuk melakukan Identifikasi Keunggulan Bisnis hingga menganalisis kompetitor untuk menentukan keberhasilan unique selling proposition. 

Salah satu cara untuk menyampaikan USP secara tepat kepada audiens adalah dengan berkolaborasi dengan influencer. Influencer memiliki segudang cara unik untuk menyampaikan USP brand Anda kepada audiens melalui storytelling berkesan. 

Solusinya, Anda bisa memanfaatkan pihak ketiga untuk membantu Anda dalam hal mengomunikasikan USP Anda ke konsumen. Anda bisa menggunakan LEMON, aplikasi influencer platform yang super lengkap.

Konsultasi dengan client succes kami sekarang melalui link ini.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign