Beauty Influencer: Potensi untuk Brand Anda

Beauty influencer adalah jenis influencer yang paling banyak digeluti, khususnya di Indonesia. Cari tau manfaatnya disini.

Table of Contents

Industri kecantikan adalah salah satu sektor terdepan yang merangkul influencer dalam pemasarannya. Salah satu alasan utamanya adalah karena industri kecantikan membutuhkan aspek visual, dan influencer marketing bekerja paling baik dalam penampilan visual. Khususnya beauty influencer.

Beauty influencer adalah salah satu jenis influencer yang paling banyak digeluti, khususnya di Indonesia. Perkembangan pun semakin besar dan signifikan. Hal ini juga diiringi dengan banyaknya brand produk kecantikan yang lahir dan bermunculan.

Pengertian Beauty Influencer

Pada definisinya, beauty influencer adalah influencer yang bergelut dalam bidang kecantikan. Hal ini sangat penting untuk membantu memperkuat strategi marketing para brand.

Karena dengan konten yang dibuat oleh para beauty influencer dapat meningkatkan brand awareness ataupun lebih baik lagi dapat mempengaruhi penjualan produk Anda. Konten yang dibuat selalu berkaitan dengan produk kecantikan.

Mulai dari makeup hingga perawatan wajah atau skincare. Bentuk dari kontennya pun sangat beragam, mulai dari review, tutorial ataupun tips and tricks yang berhubungan dengan kecantikan.

Tidak jarang para beauty influencer juga membuat konten terkait dengan kecantikan, seperti healthy lifestyle yang mendukung kecantikan wajah dan tubuh,  fashion, ataupun olahraga. Karena keberagaman ini maka banyak peminat dari beauty influencer. 

Para beauty influencer biasanya memiliki karakteristik masing-masing, hal itu dilakukan untuk bisa mencapai berbagai target segment yang ada.

Contohnya adalah ada influencer yang konsisten untuk mengunggah honest review terhadap produk kecantikan, ada juga yang dengan menunjukan skill makeup,  ataupun dengan membagikan tips merawat kulit.

Dengan beragamnya konten yang ada di media sosial akan menjadi peluang bagi brand kecantikan untuk melakukan promosi. Promosi dengan melibatkan beauty influencer akan menjadi strategi yang baik karena dapat memperluas jangkauan.

Kelebihan Beauty Influencer

manfaat beauty influencer adalah
Photo by Mateus Campos from Unsplash
  1. Memiliki audience yang spesifik

Para followers dari beauty influencer adalah mereka yang tertarik dengan dunia kecantikan. Hal ini membuat audiens dari beauty influencer menjadi cukup spesifik. Di sisi yang lain hal ini dapat memudahkan brand kecantikan untuk meningkatkan para beauty enthusiast. 

  1. Konten yang menarik

Dengan banyaknya beauty influencer yang bertebaran di media sosial mengharuskan mereka untuk membuat konten yang semenarik mungkin. Hal ini dilakukan agar mereka dapat dipilih oleh brand untuk membantu campaign yang akan dilakukan.

Semakin banyak brand yang memilih untuk menggunakan beauty influencer semakin banyak juga audience yang akan tertarik karena percaya dengan konten yang dibuat oleh selebgram dengan niche kecantikan tersebut.

Hal ini juga akan mempengaruhi honor yang harus dibayarkan, mengingat upaya yang dikerahkan juga tidak sedikit. 

  1. Berbagai pilihan beauty influencer

Banyaknya beauty influencer dapat menjadi salah satu yang harus diperhatikan. Dalam pemilihan beauty influencer, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Seperti kecocokan personality brand dan jenis demografi yang dimiliki oleh beauty influencer tersebut. 

Beauty Influencer di Media Sosial

Tidak mengherankan jika media sosial seperti Instagram dan TikTok adalah platform termudah untuk menemukan beauty influencer. Namun, Youtube juga tidak luput dari ranah beauty influencer dalam membuat konten yang memiliki durasi lebih panjang dari 2 platform lainnya.Anda juga akan menemukan lebih banyak beauty influencer yang menggunakan YouTube untuk membagikan konten yang lebih spesifik.

Instagram dan Youtube adalah platform yang lebih digemari oleh beauty influencer. Pada Mei-Agustus 2022 menemukan bahwa 1.288 beauty influencer aktif di Instagram, 1.090 di YouTube, dan 167 di TikTok. Seperti yang telah kita lihat, beauty influencer di TikTok jauh lebih sedikit daripada di Instagram atau YouTube. Namun, influencer TikTok memiliki jumlah pengikut rata-rata tertinggi.

Walaupun jumlahnya lebih sedikit, Mungkin beauty influencer di TikTok tidak sebanyak seperti di Instagram atau YouTube. Namun, beauty influencer di TikTok memiliki engagement yang jauh lebih tinggi dengan pengikut mereka dibandingkan platform lain.

Engagement rate Tingkat keterlibatan rata-rata untuk beauty influencer adalah 7,52% di TikTok ,adalah 7,52%, dibandingkan dengan 1,87% diuntuk Instagram dan hanya 0,56% untuk beauty influencer YouTube.

Artinya, beauty influencer memiliki performa berbeda di setiap platform, dan tantangan ini perlu dipahami agar meningkatkan potensi bisnis Anda dalam menjangkau konsumen baru.

buat akun gratis untuk beauty influencer marketing di era new normal

Tips Memilih Beauty Influencer

Tips memilih beauty influencer untuk mensukseskan campaign Anda:

  • Pastikan followers yang dimiliki influencer sesuai dengan target audience Anda
  • Pilihlah beauty influencer dengan engagement rate yang tinggi. Followers tidak selalu menjadi tolak ukur kesuksesan campaign. Nano dan micro influencer yang tidak begitu banyak followers dapat memiliki engagement rate yang tinggi karena memiliki kedekatan lebih dengan followers-nya
  • Pastikan beauty influencer yang akan Anda ajak dalam campaign tidak sedang menjalankan kontrak eksklusif dengan brand lain
  • Sesuaikan rate dengan budget yang Anda miliki

Contoh Kerja Sama Beauty Influencer

Beauty influencer adalah salah satu influencer yang memiliki fleksibilitas tinggi dan dapat diajak kerjasama untuk berbagai campaign. Berikut adalah contoh campaign yang dapat melibatkan beauty influencer:

  • Mempromosikan skincare atau makeup baru yang akan launching
  • Mempromosikan cafe atau restoran hits 
  • Mempromosikan produk skincare atau makeup lokal yang memiliki kandungan yang cocok dengan tipe kulit perempuan Indonesia
  • Beauty influencer juga erat kaitannya dengan fashion, mereka dapat membantu mempromosikan produk fashion Anda dan mem-pairingnya dengan makeup yang sesuai
  • Mengulas secara jujur produk makeup yang berkualitas
  • Mempromosikan alat yang bisa mendukung kecantikan 

Itulah dia penjelasan mengenai beauty influencer yang kita kenal di media sosial. Ingin memulai campaign dengan beauty influencer? LEMON Influencer Platform jawabannya, dengan 40.000 pilihan influencer yang didominasi perempuan dan beauty influencer yang akan mempermudah campaign Anda.

Dapatkan konsultasi gratis untuk menjangkau konsumen lebih luas dengan influencer dan mulai campaign Anda sekarang dengan mengklik banner di bawah.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign