Masa Depan TikTok MCN: Tren yang Wajib Diperhatikan di Tahun 2023

tiktok mcn adalah
TikTok MCN adalah strategi brand untuk mengembangkan influencer campaign yang lebih terukur. Pelajari bagaimana tren TikTok MCN terlihat di 2023 berikut ini!

Table of Contents

TikTok adalah salah satu platform social media yang semakin populer di seluruh dunia. Menurut data Statista, Indonesia menjadi negara dengan jumlah pengguna TikTok terbanyak kedua di dunia. Jumlah penggunanya meningkat menjadi 110 juta pada Januari 2023, satu peringkat di bawah Amerika Serikat yang memiliki 133 juta pengguna. 

Influencer TikTok yang sukses bahkan memiliki power untuk memperngaruhi dan menghibur followers mereka. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh para brand untuk meningkatkan engagement produk mereka. Namun, untuk memaksimalkan potensi, beberapa content creator TikTok memutuskan untuk bergabung dengan TikTok MCN (Multi-Channel Network). Di artikel LEMON berikut ini akan membahas tren tiktok apa yang akan menjadi fokus bagi TikTok MCN di tahun 2023.

Pengertian TikTok MCN

TikTok MCN adalah
Picture by: Constructiv

TikTok MCN adalah manajemen yang memudahkan creator dan brand untuk untuk mendapatkan lebih banyak eksposur dan pendapatan di platform TikTok. Seperti dengan nama nya, layanan ini berupa bantuan pemasaran produk di platform khususnya TikTok.

TikTok MCN adalah salah satu strategi yang menjadi kekuatan besar dalam industri influencer marketing, membantu brand untuk mengembangkan influencer marketing campaign yang lebih terukur dan memberikan dukungan yang lebih besar kepada influencer. TikTok MCN menghubungkan content creator/ influencer dengan brand dan membantu mereka mengoptimalkan kemitraan tersebut untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Tren TikTok MCN 2023

Dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang dan pengaruh media sosial yang meningkat, bagaimana tren TikTok MCN akan terlihat di tahun 2023 dan setelahnya? Simak artikel LEMON berikut ini:

Pengelolaan Influencer yang Lebih Efektif

Salah satu peran utama dari TikTok MCN adalah mengelola influencer di platform TikTok. TikTok MCN membantu brand dalam memilih influencer yang paling sesuai sesuai kebutuhan brand serta memberikan dukungan dalam mengelola campaign. Hal ini memastikan bahwa brand dapat memanfaatkan influencer yang tepat untuk mencapai target pasar yang diinginkan.

Konten Bergerak ke Lebih Banyak Niche

Pada tahun-tahun awal TikTok, konten yang paling populer umumnya bersifat lucu, singkat, dan natural. Namun, seiring dengan meningkatnya popularitas TikTok, muncul kebutuhan akan konten yang lebih bervariasi dan spesifik. Influencer TikTok akan terus beralih ke niche yang lebih spesifik, seperti beauty, fashion, dan kesehatan, yang membutuhkan persiapan dan produksi yang lebih banyak. MCN yang mampu memberikan dukungan dan pelatihan untuk memproduksi jenis konten ini akan menjadi lebih diminati oleh para influencer.

Strategi Pemasaran Berbasis Data

tiktok mcn adalah
Picture by: Rankbeauty

MCN harus memanfaatkan data untuk menciptakan strategi influencer marketing yang efektif dan efisien. Dengan menggunakan data pengguna, MCN dapat mencari tahu apa yang diminati oleh pengguna TikTok dan membantu influencer mereka dalam membuat konten yang lebih relevan. MCN dapat memanfaatkan data untuk mengukur keberhasilan influencer marketing campaign yang dijalankan oleh brand.

Inovasi dalam Pembayaran TikTok Influencer

MCN bertanggung jawab membayar TikTok influencer di bawah naungan mereka. Pada saat ini, sebagian besar MCN membayar influencer TikTok berdasarkan persentase dari pendapatan iklan. Namun, ada kemungkinan bahwa model pembayaran akan berubah menjadi lebih fleksibel di masa depan, seperti pembayaran berdasarkan durasi tontonan atau jumlah viewers. MCN yang mampu menawarkan model pembayaran yang lebih menarik akan memiliki keunggulan untuk menarik berbagai influencer potensial.

Kesimpulan

Dalam beberapa tahun ke depan, TikTok MCN akan terus berkembang dan menjadi lebih penting dalam ekosistem influencer marketing TikTok. Sekarang LEMON Influencer Platform sudah menjadi bagian dari TikTok Affiliate Partner untuk membuka peluang baru bagi klien kami untuk menjangkau audiens yang lebih luas di platform media sosial yang tumbuh TikTok.

Anda tertarik untuk meningkatkan sales perusahaan Anda bersama para influencer dengan join TikTok MCN? LEMON Influencer Platform siap menjadi partner terbaik Anda influencer marketing.

Konsultasi dengan client success kami sekarang melalui link ini. GRATIS.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign