TikTok Affiliate Program: Strategi Marketing Paling Dicari

TikTok Affiliate Program: Strategi Marketing Paling Dicari
Bisnis mulai berlomba menjalankan TikTok affiliate program agar mendapat keuntungan. Namun, mengapa harus spesifik pada media sosial satu ini? Simak alasannya

Table of Contents

TikTok affiliate program menjadi strategi yang memiliki segudang manfaat bagi pelaku bisnis dan kami pun pernah menuliskan pengertian affiliate marketing secara general. Secara ringkas cara kerja affiliate marketing melibatkan pelaku yang disebut sebagai afiliator dalam mempromosikan dan menjual produk Anda untuk mendapatkan komisi. Hal ini memberikan afiliator uang tambahan dari penjualan tanpa harus membuat produk sendiri. 

TikTok Affiliate Marketing Program
Photo by micheile dot com on Unsplash

Affiliate marketing program menggunakan tautan unik untuk masing-masing affiliator sebagai alat pelacak hasil dari usaha yang dilakukan. Berkat link tersebut Anda dapat membedakan siapa yang membuat konsumen membeli melalui tautan tersebut dan, sebagai imbalannya Anda membayar afilliator persentase dari uang yang dihabiskan oleh konsumen.

Affiliate marketing terbilang sukses jika memiliki audiens yang cukup besar dan relevan. Paling sering dilakukan di media sosial, blog, podcast, atau video streaming. Dan saat ini, setidaknya untuk generasi muda, influencer TikTok menjadi affiliator terbaik dalam program ini. 

Mengapa Harus Affiliate Marketing di TikTok?

TikTok affiliate marketing program
Photo by Solen Feyissa on Unsplash

TikTok sudah menjadi media sosial dengan pertumbuhan tercepat di dunai dengan lebih dari satu milliar pengguna aktif perbulannya

Awalnya mungkin TikTok dikenal sebagai media sosial yang menghibur dengan tren-tren menari, acting challange, make up, dan hal lainnya yang mendorong kreativitas para pengguna. Namun ternyata, TikTok memiliki manfaat yang LEBIH banyak lagi. 

Affiliate marketing program pun secara bersamaan menjadi sangat populer dan menjadikannya kombinasi yang kuat dengan TikTok affiliate marketing.

Jika Anda ingin membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen, mendapatkan konsumen baru, dan meningkatkan awareness, TikTok affiliate marketing merupakan cara yang ideal. Interaksi dengan brand melalui cara yang menyenangkan sangat disukai oleh para pengguna media sosial ini. Mengingat digital mobile marketing sangat efektif dan affiliate marketing dapat mengambil manfaat dari keragaman demografi di TikTok untuk menjangkau audiens baru. 

Kebayang kan manfaat-manfaat di atas akan sangat powerful jika dijalankan bersama influencer? Tapi mengapa anda harus memasukan influencer sebagai strategi tambahan affiliate marketing?

Mengapa Harus Memasukkan Influencer dalam Program Afiliasi?

platform apa yang tepat untuk endorse influencer

Influencer dan affiliate marketing program adalah strategi tumpang tindih yang melibatkan brand advocate untuk mempromosikan sebuah produk maupun jasa. Berikut beberapa alasan utama mengapa anda harus memasukkan influencer ke dalam program afiliasi.

Marketing Channel yang Sudah Memiliki Komunitas

Influencer membangun media sosial mereka dari nol hingga memiliki followers yang telah memercayai. Sehingga jika anda menempatkan produk langsung di akun milik influencer, brand Anda tepat di depan audiens yang ditargetkan.

Rekomendasi Sebagai Power of Influence

Rekomendasi adalah power yang cukup kuat dalam memengaruhi orang lain, dan hal itu adalah rutinitas keseharian influencer. Delapan dari 10 konsumen membeli produk setelah melihat rekomendasi dari KOL.

Bagaimana Cara Memilih Influencer untuk Affiliate Marketing?

buat akun gratis untuk influencer marketing di era new normal

Industri yang berkembang ini memberikan peluang bagus untuk affiliate marketing, jadi tidak ada waktu yang lebih baik untuk mulai mencari partner dengan influencer. Inilah cara Anda dapat memulainya.

Cari influencer yang sesuai dengan niche Anda

Influencer dapat menjadi tokoh media sosial, pakar industri, pemimpin pemikiran, trendsetter, blogger niche. Mereka dapat berkisar dari influencer selebritas berskala besar dengan jutaan pengikut hingga mikro-influencer dengan audiens khusus.

Kecuali Anda berencana untuk bermitra dengan influencer tingkat selebriti, yang terbaik adalah menemukan influencer yang sesuai dengan merek Anda dan berbagi target audiens yang sama.

Manfaatkan Kekuatan Micro-Influencer

Sementara sebagian besar influencer skala besar seperti macro dan mega influencer tidak mungkin berpartisipasi dalam pay-for-perfomance model, micro influencer lebih terbuka terhadap jenis kompensasi ini, menjadikannya afiliasi yang ideal untuk program Anda.

Cara yang lebih mudah menemukan micro influencer dengan LEMON. Anda bisa rekrut ratusan micro influencer untuk promosikan produk Anda. LEMON memiliki 40.000++ micro influencer yang terdaftar dan siap membantu campaign Anda. Anda hanya tinggal membuat campaign yang sesuai dengan ide brilian Anda.

Thumbnail by Dylan Gillis on Unsplash

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign