Kenali Apa itu Affiliate Marketing dan Penerapannya dengan Influencer

Affiliate marketing
Dengan kepercayaan dari followers, Influencer adalah pilihan tepat sebagai promotor untuk affiliate marketing. Baca selengkapnya.

Table of Contents

Sebagai brand, pernah gak terlintas untuk kerjasama bareng Influencer untuk affiliate marketing produk kamu. Padahal Influencer sudah cocok banget dengan kriteria publisher yang dibutuhkan, walaupun influencer dan affiliate marketing memiliki tujuan yang berbeda.

Untuk memulai, kamu harus tahu dulu apa itu Affiliate marketing?

Apa itu Affiliate Marketing?

Dimulai dengan ketahui 3 pihak yang menjadi pelaku saat affiliate marketing.

  1. Seller

Seller sebagai pihak brand, retail atau bisnis owner yang memiliki produk untuk dipasarkan. Produknya pun berbagai macam, dari mulai produk fisik atau jasa. Sebagai seller, tugas yang dijalankan hanya sedikit dan tidak terjun langsung pada proses affiliate marketing.

  1. Promotor

Promotor sebagai pihak yang mempromosikan produk dari seller. Produk akan dipromosikan ke pihak-pihak yang berpotensi melakukan pembelian. Pihak tersebut adalah konsumen

  1. Konsumen

Pastinya, konsumen disini sebagai pihak yang menjadi target promotor mempromosikan produk seller. Jangan sampai mengeluarkan tenaga untuk promosi produk namun tidak memiliki target konsumen.

Konsumen sebagai target affiliate marketing
Photo by Melanie Deziel

Setelah mengetahui 3 pihak yang bersangkutan untuk affiliate marketing, saatnya mengetahui apa itu affiliate marketing. 

Affiliate marketing adalah proses dimana promotor akan mempromosikan produk dari seller. Sebagai hasilnya, promotor mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah yang terjual. Untuk mendeteksi penjualan yang dihasilkan, affiliate marketing menggunakan link atau kode promo khusus untuk strategi ini. Secara sederhananya, affiliate marketing adalah pemasaran yang mengandalkan kemampuan promotor untuk memasarkan produk. Dengan begitu, Influencer adalah promotor yang tepat untuk affiliate marketing kamu.

Influencer Dapat Menciptakan Affiliate Marketing yang Efektif

Karena fakta dari 92% konsumen lebih percaya Influencer, secara bersamaan menjadi kesempatan yang bagus. Influencer yang tepat tidak merekomendasikan produk yang tidak dipakai. Mereka juga memberikan testimonial secara langsung, mendemonstrasikan dan memberikan call to action dalam waktu yang bersamaan. 

Percentage of customer who use adblock and who trust influencer recommendation as a best choice for affiliate marketing

Para Influencer ini memperhatikan kualitas konten yang disajikan untuk audiensnya. Sehingga, Influencer tahu konten seperti apa yang audiensnya sukai atau tidak.

Kesimpulannya, adanya hubungan baik, kepercayaan dan hal-hal yang diketahui Influencer terhadap followers merupakan kesempatan affiliate marketing yang efektif. Nantinya, Influencer bisa menyajikan konten menarik yang sesuai dengan followers atau audiensnya.

Berikut beberapa cara mendapatkan Influencer untuk affiliate marketing yang bisa kamu ikuti.

Affiliate Marketing dengan Influencer

Tingkatkan revenue dengan Affiliate Marketing
Photo by Austin Distel

Influencer dikenal sudah memiliki komunitas. Dengan menjalankan afiiliate marketing dengan influencer, tentu brand sudah memiliki gambaran konsumen potensial.

Mempromosikan produk dengan keahlian influencer dalam memberi pengaruh dalam keputusan pembelian konsumen menjadi perpaduan yang pas.

Dalam mencari Influencer untuk kebutuhan affiliate marketing, sama halnya dengan strategi marketing lainnya. Temukan yang sesuai dengan niche brand kamu.

Namun mencari Influencer yang tepat untuk affiliate marketing ternyata membutuhkan tenaga dan waktu. Untuk itu, ada beberapa cara mendapatkan Influencer untuk affiliate marketing kamu.

Pastikan Influencer belum pernah mempromosikan pesaing

Pentingnya untuk memastikan Influencer pilihan kamu belum menjadi promotor besar untuk produk atau brand pesaing. Namun, jika Influencer ini benar-benar incaranmu, sebaiknya perhatikan juga cara Influencer ini dalam mempromosikan brand lain. Apakah pesan tersampaikan dengan baik?

Pertimbangkan untuk menawarkan rate yang exclusive

Untuk Influencer berfollowers tinggi seperti Mega Influencer, bisa kamu tawarkan untuk rate yang exclusive. Ini juga bisa meningkatkan loyalitas Influencer. 

Karena affiliate marketing ini menggunakan link atau kode promo, kamu juga bisa membuatkan landing page khusus Influencer incaranmu. Hal ini bisa menambahkan pengalaman eksklusif untuk brand, produk dan Influencer.

Shopee ecommerce affiliate marketing with LEMON Influencer Platform
Shopee Ecommerce, Affiliate Marketing with LEMON Influencer Platform on @xdesiiiii’s Instagram

Jangan lupa untuk memberikan sample produk ke Influencer incaranmu, nantinya Influencer dapat mencoba dulu dan memastikan, apakah produk kamu aman untuk para followersnya.

Temukan Influencer untuk Affiliate Marketing dengan LEMON Influencer Platform

LEMON Influencer Platform mempermudah kamu dalam mencari Influencer yang tepat untuk campaign kamu. Bukan hanya affiliate marketing, influencer marketing juga bisa kamu dapatkan dengan LEMON. 

1000 brand sudah percaya dengan LEMON. Tinggal brand kamu nih. Click here to find your Influencer to drive successful business!

banner-cta-make-smarter-investment-on-influencer-marketing-start-from-Rp10juta-pick-up-100-influencers-monitor-your-campaign-and-generate-more-word-of-mouth-discovery-more

Photo by Unsplash

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign