Maksimalkan Strategi Marketing Anda dengan TikTok Story

Strategi Marketing TikTok Story
Jangkau konsumen lebih banyak dengan tingkatkan performa campaign Anda di TikTok melalui fitur Story. Pakai strategi berikut agar lebih unggul dari kompetitor!

Table of Contents

Sebagai marketer, tugas Anda adalah memastikan bisnis dapat memimpin agar lebih menonjol dari kompetitor. Artinya Anda perlu terus berinovasi dengan strategi marketing yang baru dan kreatif.

Sebagai salah satu platform unggulan para marketer, TikTok telah meluncurkan fitur story. TikTok Story yang memungkinkan Anda berbagi video yang secara otomatis menghilang dari profil Anda setelah 24 jam. Video ini bisa berdurasi hingga 15 detik hingga tiga menit, sama seperti dengan Instagram. 

Apa Itu TikTok Story?

Fitur story TikTok sangat mirip dengan yang terdapat pada platform Instagram. Misalnya, Anda akan dapat melihat daftar pengguna yang telah melihat atau berinteraksi dengan Story yang telah Anda posting. 

Selain itu, akan ada lingkaran biru di sekitar foto profil Anda untuk menunjukkan kepada pengikut bahwa Anda memiliki Story untuk dilihat. Orang dapat mengetuk gambar profil Anda untuk melihat story Anda.

Ketika orang menemukan video TikTok Anda di halaman For You, tag story akan muncul di video untuk memberitahu mereka bahwa Anda memiliki story untuk ditonton. Ini adalah salah satu fitur TikTok story sedikit berbeda dari platform Instagram.

Maksimalkan Strategi Marketing dengan TikTok Story
Photo from Dexerto

Keunggulan TikTok story 

Meskipun Anda memiliki 0 pengikut. Jika video Anda memiliki performa bagus, TikTok story akan terus mendorong lebih banyak orang untuk menontonnya. Karena itu, biasanya Anda dapat mengetahui dalam satu atau dua jam pertama jika konten Anda menjadi viral di TikTok. 

Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan TikTok Story:

Video Berdurasi Pendek Lebih Menarik

Mengutip Sprout Social, video berdurasi pendek 2,5x lebih menarik bagi konsumen daripada video berdurasi panjang. Tidak mengherankan, video berdurasi pendek TikTok cukup unggul sebagai jenis konten yang paling menarik. Dengan durasi pendek TikTok Story bisa menjadi media untuk menarik interaksi audiens Anda.

Konten Yang Natural

Konten dalam story cenderung kurang terorganisir, oleh karena itu menawarkan cara otentikuntuk melibatkan audiens Anda.

Ini merupakan salah satu alasan TikTok mengembangkan fitur tersebut untuk mendorong para pengguna membuat konten yang lebih spontan.

Popularitas TikTok yang Tinggi

TikTok telah mendapatkan tempatnya sebagai dari empat platform teratas yang paling banyak digunakan konsumen selama 2022.

Dengan meningkatnya penggunaan TikTok, marketer harus beradaptasi dengan memfokuskan upaya dan sumber daya mereka pada platform ini. Hal ini untuk mendapatkan keunggulan kompetitif sebagai strategi marketing menggunakan TikTok.

Bagaimana Marketer dapat Memanfaatkan TikTok Story?

Ingin mencoba TikTok story tetapi belum yakin bagaimana memulainya? Berikut adalah beberapa ide untuk Anda agar dapat bereksperimen dengan TikTok story untuk merek Anda. 

Maksimalkan Strategi Marketing dengan TikTok Story
Photo by Our-Team from Freepik

Bagikan Penawaran Khusus

Ide ini adalah cara yang bagus untuk menerapkan prinsip urgensi, yang dapat memicu rasa takut ketinggalan dan membuat pengikut Anda mengambil tindakan dengan cepat. 

Dengan demikian, format TikTok Story bekerja dengan sangat baik untuk penawaran yang sensitif terhadap waktu seperti penjualan kilat, penawaran waktu terbatas, dan promosi satu hari.

Misalnya, gunakan TikTok story untuk memberi tahu mereka saat kupon terjual habis dengan cepat. Anda juga bisa memberikan mereka sedikit dorongan sebelum hari terakhir untuk mengikuti penawaran tersebut.

TikTok Story memberi Anda peluang untuk memberikan sifat mendesak dari penawaran tertentu. Tujuannya adalah untuk membantu audiens Anda memahami urgensi penawaran tertentu sehingga mereka dapat mengambil tindakan segera. 

Ini adalah cara yang bagus untuk mendorong konversi pada campaign Anda karena Anda membuat audiens mengambil tindakan sebelum terlambat.

Buat Penawaran Eksklusif

Sejalan dengan ide di atas, TikTok Story juga cocok untuk menciptakan eksklusivitas. Audiens pasti suka dibuat merasa istimewa.

Itulah sebabnya menawarkan kesempatan eksklusif kepada mereka dapat membantu Anda menarik interaksi audiens dengan lebih baik. Dengan menggunakan TikTok story, Anda dapat memberikan penawaran yang tidak tersedia di tempat lain.

Misalnya, Anda dapat memposting produk eksklusif dari brand Anda pada TikTok Story. Artinya konsumen tidak akan dapat menemukan produk tersebut di tempat lain bahkan di halaman marketplace Anda.

Anda juga dapat menyelenggarakan flash sale eksklusif yang hanya tersedia selama story berlangsung. Ini akan menggabungkan konsep urgensi dengan eksklusivitas untuk dampak yang lebih besar.

Dengan begitu, Anda dapat menarik minat audiens yang terus terlibat dengan cerita Anda karena mereka tidak ingin melewatkan kesempatan untuk menikmati pengalaman eksklusif tersebut.  

Jawab Pertanyaan yang Sering Diajukan

Jika Anda ingin audiens berinteraksi dengan cerita Anda, Anda harus menawarkan sesuatu yang berharga. Hal ini bisa berupa informasi berharga. 

Selenggarakan sesi Tanya Jawab sesekali melalui story agar pengikut Anda bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka. Ambil kesempatan untuk terbuka dan beri mereka jawaban jujur ​​​​untuk pertanyaan mendesak. 

Ini adalah cara yang bagus untuk menciptakan peluang interaksi dan mendorong keterlibatan audiens. Selain itu, Anda dapat memberikan sesuatu yang berharga kepada audiens, yaitu informasi atas pertanyaan mereka.

Sebelum sesi, Anda dapat membuat pengumuman melalui Story dan meminta mereka untuk mengirimkan pertanyaannya. Anda kemudian dapat menyusun daftar pertanyaan populer dan relevan lalu menjawabnya melalui serangkaian video.

Untuk hasil terbaik, jadikan sesi ini sebagai hal yang rutin. Anda dapat menyelenggarakan sesi Tanya Jawab mingguan atau bahkan bulanan untuk membantu audiens mengatasi masalah mereka dengan lebih efektif.

Kesimpulan

TikTok menawarkan inovasi seperti Instagram dengan algoritma yang lebih optimal dalam menjangkau audiens dengan fitur story. Sebagai marketer, penting untuk menentukan platform beserta mitra yang tepat dalam melakukan aktivitas campaign. 

Pembaruan ini juga perlu Anda pertimbangkan sehingga Anda bisa mendapatkan keunggulan kompetitif, dari manfaat fitur tersebut.

Bekerja sama dengan influencer adalah pilihan tepat yang dapat digunakan sebagai corong informasi untuk bisnis Anda, baik TikTok maupun Instagram. 

Hal ini dikarenakan influencer memiliki audiens spesifik yang dapat membantu keperluan brand dalam meningkatkan penjualan. 

LEMON Influencer Platform menghubungkan brand dan influencer untuk menjalankan kolaborasi marketing yang ideal tanpa ribet.

Jangkau audiens Anda lebih luas dengan influencer marketing bersama LEMON Influencer Platform. Daftarkan brand Anda sekarang melalui banner di bawah. 

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign