Bagi Pengguna Baru Tiktok Wajib Tahu: Apa Itu FYP

Table of Contents

Trends come like a series of ocean waves, bringing the high tide when things are good and, as conditions recede, the low tide appears. These trends come unexpectedly, unpredictably, and they have to be weathered with temperance, poise, and patience- good or bad

Jesse Lauriston

Tiktok merupakan aplikasi yang saat ini tengah trend di berbagai kalangan. Tidak mengenal usia dan jenis kelamin, Tiktok diyakini mampu menjadi aplikasi hiburan bagi setiap orang. Bagi kamu yang baru menggunakan Tiktok wajib tahu istilah berikut ini, FYP. Apa itu FYP? For Your Page atau sering disebut dengan FYP ini menjadi salah istilah yang wajib kamu ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan Tiktok. FYP merupakan halaman utama yang akan ditampilkan saat kamu pertama kali membuka aplikasi. Berbeda dengan platform lainnya, pada Tiktok halaman utama ini disesuaikan dengan ketertarikan pengguna dalam berbagai jenis video rekomendasi. Jika kita dapat bandingkan FYP pada Tiktok ini kurang lebih seperti halaman explore pada Instagram. Semakin sering kita mencari kategori video tertentu maka Tiktok akan menampilkan jenis video tersebut pada FYP kamu. 

FYP menjadi salah satu tujuan utama bagi para pengguna Tiktok yang harus mereka capai, kira-kira mengapa? Pada dasarnya ketika video dapat masuk pada FYP berarti konten tersebut banyak menarik penonton dari pengguna lain, jadi video yang masuk pada FYP bukanlah video sembarangan loh. Itulah mengapa bagi para pembuat konten di Tiktok berlomba-lomba agar video yang mereka buat masuk ke FYP pengguna lain. Dengan kata lain jika video kamu masuk FYP kemungkinan besar konten tersebut tengah viral dan terkenal di kalangan pengguna Tiktok lainnya. Alasan itulah yang membuat banyak pengguna Tiktok menginginkan video nya dapat masuk FYP. 

Tips Masuk FYP Di Tiktok

Pada kenyataan nya untuk masuk ke dalam FYP ini tidak mudah untuk dilakukan loh lemonians. Dapat masuk ke dalam FYP pengguna lain merupakan pencapaian yang perlu dilakukan bagi para pembuat konten aktif di Tiktok. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips agar video Tiktok kamu masuk FYP. Yuk disimak baik-baik!

~ Menggunakan musik yang tengah trending

Musik merupakan salah satu hal wajib yang perlu kamu tambahkan dalam sebuah video agar lebih menarik atau sekedar pemanis. Ternyata menggunakan musik yang tengah trending atau yang sedang ramai dibicarakan dapat menjadi salah satu cara agar video kamu masuk FYP di Tiktok loh. Hal tersebut terjadi karena akan banyak orang yang akan mencari video tersebut berdasarkan lagu yang digunakan, secara otomatis video kamu pun akan muncul dalam pencarian tersebut.

~ Membuat konten video yang sedang ramai dibicarakan, seperti trend challenge

Pasti kalian sudah tidak asing lagi kan dengan trend challenge yang ada pada Tiktok, dari konten menari, hingga konten yang memiliki unsur komedi sekalipun. Kamu bisa mengikuti trend challenge tersebut pada konten kamu agar dapat masuk FYP loh. Kamu perlu aktif dan mampu mengikuti trend yang ada agar mampu engaged dengan publik.

~ Memperhatikan caption yang dibuat semenarik mungkin, clickbait

Kata siapa clickbait dibuat hanya untuk judul berita, kamu bisa menggunakan trik ini untuk caption pada konten video Tiktok kamu loh. Salah satu alasannya adalah untuk menarik publik agar menonton video kamu hingga selesai. Bangun rasa penasaran orang dengan caption yang kamu buat akan memberikan dampak bagus mereka dalam engaged video konten kamu.

~ Menggunakan hashtag, agar video kamu mudah ditemukan

Selain berbicara mengenai caption dan musik, ada hal lain yang tidak kalah penting lemonians yaitu penggunaan hashtag. Gunakan hashtag yang sesuai dengan konten video kamu. Hashtag akan memudahkan video kamu untuk ditemukan karena fungsi dari hashtag sendiri adalah untuk mengerucutkan video kamu agar lebih spesifik pada kategori video tertentu.

~ Melakukan interaksi dengan pengguna Tiktok lainnya

Dan untuk yang terakhir adalah bangun interaksi dengan pengguna Tiktok lain. Kamu bisa memulai dengan membuat komentar pada video-video yang tengah viral, atau kamu juga bisa dengan membalas komentar-komentar pada akun kamu. Selain itu kamu juga bisa membuat konten duet dengan pengguna Tiktok yang lain, ada banyak kan video-video menarik yang bisa kamu buat dengan pengguna lain? Yuk di coba!

KESIMPULAN

Jadi itulah tips yang dapat kamu coba agar konten video Tiktok kamu masuk FYP, atau jika kamu punya pendapat lain silahkan komen langsung dibawah ini ya! Dan perlu diingat lemonians, segala suatu pencapaian itu tidak akan langsung berhasil dimana semuanya itu perlu proses. Algoritma pada setiap pengguna Tiktok berbeda-beda, jadi jangan lupa selalu rajin membuat konten di Tiktok. 

Nah sekarang kalian sudah ada sedikit gambaran kan terkait membuat konten di Tiktok. Masih ingat ga beberapa minggu lalu kami juga sempat bahasa mengenai fitur-fitur dasar yang ada pada Tiktok. Kalian bisa gunakan fitur tersebut untuk membuat konten video kamu agar terlihat lebih menarik dan juga selipkan tips-tips yang aku tuliskan di atas agar video kamu masuk FYP. Sebagai seorang konten kreator kamu harus keep update dengan hal-hal yang tengah trend saat ini, salah satu nya aktif membuat konten di Tiktok.

BACA JUGA : Kenali Berbagai Fitur Dasar Membuat Konten Di Tiktok Untuk Pemula

Kita mau kasih bocoran nih kalau sekarang beberapa brand sedang tertarik menjajal platform baru yaitu Tiktok untuk mereka gunakan sebagai salah satu bentuk promosi produk dan proyek mereka loh. Kalian pasti ga mau kan tertinggal kesempatan tersebut, nah yuk coba mulai aktif membuat konten di Tiktok dengan melakukan hal-hal basic yang sudah kita berikan. Selamat mencoba dan teruslah mencari ide-ide kreatif lainnya…

Tertarik menjadi bagian dari Lemon Influencer? banyak produk menarik menanti untuk kamu review loh..Daftarkan diri kamu sekarang! Langsung aja klik disini

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign