Perbedaan House Ambassador dan Global Ambassador

House Ambassador & Global Ambassador adalah duta yang ditugaskan brand untuk kepentingan tertentu. Mirip tapi tak sama, intip beberapa perbedaannya berikut ini.

Table of Contents

Dalam dunia marketing, House Ambassador memiliki peran penting dalam memperkenalkan brand dan produk kepada masyarakat. Ada banyak jenis duta brand, termasuk House Ambassador dan Global Ambassador. Namun, apa perbedaan di antara keduanya? Pada artikel LEMON kali ini, kita akan membahas perbedaan House Ambassador dan Global Ambassador berikut.

Pengertian House Ambassador

Apa itu House ambassador? Menurut Livemint, House ambassador mewakili merek/brand dari negaranya. House Ambassador adalah duta dari sebuah brand yang ditugaskan untuk mempromosikan produk dalam satu toko atau cabang dari brand tersebut. Tugas utama dari House Ambassador adalah memastikan bahwa pelanggan berhubungan langsung dengan brand dan produk melalui campaign, presentasi, dan pengalaman langsung. Contoh dari House Ambassador adalah Tara Basro yang menjadi BA Olay Indonesia.

house ambassador
Sumber: Andriani.net

Pengertian Global Ambassador

Global ambassador adalah duta brand yang tugasnya mempromosikan brand dan produk secara global di seluruh dunia. Peran utama dari global ambassador adalah untuk memastikan brand dan produk dikenal secara internasional melalui berbagai campaign, acara, dan kegiatan promosi lainnya. Contoh Global Ambassador adalah Jisoo BLACKPINK yang menjadi GA dari Dior Fashion & Beauty.

Apa Perbedaan Antara House Ambassador dan Global Ambassador?

Wilayah Kerja

Perbedaan utama antara House Ambassador dan Global Ambassador adalah wilayah kerja. House Ambassador berfokus pada promosi brand dan produk di toko atau cabang, sedangkan Global Ambassador bertanggung jawab untuk promosi brand dan produk di seluruh dunia.

Tanggung Jawab

House Ambassador cenderung berinteraksi lebih langsung dengan audiens (follower mereka) sementara Global Ambassador berfokus pada campaign dan acara pemasaran yang lebih besar dan berskala luas. Karena peran dan tanggung jawab mereka yang berbeda, kualifikasi dan pengalaman yang dibutuhkan untuk menjadi House Ambassador dan Global Ambassador pun berbeda.

Jangkauan Campaign

Jangkauan campaign House Ambassador adalah audiens atau followers mereka di media sosial, dan fokus pada peningkatan awareness brand secara lokal. Sedangkan jangkauan campaign Global Ambassador adalah audiens yang lebih luas dan dapat membantu meningkatkan brand awareness produk secara internasional.

Gaji / Bayaran

Untuk bayaran House Ambassador bervariasi tergantung public figur yang ditunjuk sebagai House Ambassador. Umumnya mereka dibayar mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Sedangkan Global Ambassador umumnya adalah selebriti / artis papan atas kelas dunia yang nilai kontrak kerjasamanya bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran rupiah.

Keuntungan dari House Ambassador & Global Ambassador

global ambassador
Picture from: Dreamers.id

Ada keuntungan yang berbeda bagi brand Anda yang menggunakan House Ambassador atau Global Ambassador. Berikut adalah beberapa keuntungan dari masing-masing opsi:

House Ambassador

Lebih dekat dengan brand

House Ambassador biasanya dipilih dari kalangan influencer lokal yang sudah dikenal oleh target pasar brand. Keterlibatan mereka dalam campaign brand dapat membantu menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan konsumen.

Biaya lebih rendah 

House Ambassador biasanya lebih murah dibandingkan dengan Global Ambassador yang jauh lebih mahal karena mereka tidak memerlukan biaya akomodasi untuk bekerja.

Relevansi yang lebih tinggi

House Ambassador lebih relevan untuk brand yang beroperasi di daerah tertentu karena mereka lebih akrab dengan budaya lokal, bahasa, dan preferensi konsumen.

Global Ambassador

Jangkauan yang lebih luas

Global Ambassador dapat membantu brand untuk memperluas jangkauan ke pasar internasional karena mereka biasanya memiliki pengikut besar dari seluruh dunia.

Reputasi yang lebih besar

Global Ambassador lebih terkenal dan memiliki reputasi yang lebih besar dibandingkan dengan Brand Ambassador, yang dapat membantu memperkuat citra brand.

Dampak yang lebih besar

Global Ambassador dapat memberikan dampak yang lebih besar pada brand dalam hal awareness karena mereka dapat membawa pengaruh yang signifikan pada jutaan pengikut mereka di media sosial.

Kesimpulan

House Ambassador dan Global Ambassador memainkan peran penting dalam mempromosikan brand dan produk kepada publik. Meskipun keduanya mempunyai tujuan yang sama, yaitu memperkenalkan brand, namun tugas, ruang lingkup, dan tanggung jawab mereka dapat berbeda secara signifikan.

Namun, dalam memilih antara House Ambassador atau Global Ambassador, Anda sebagai brand harus mempertimbangkan tujuan campaign, budget marketing, target pasar, dan produk yang diinginkan. Pilihan terbaik adalah memilih Ambassador yang paling cocok untuk brand dan campaign, terlepas dari apakah mereka lokal atau global.

Jika masih bingung, Anda bisa menggunakan jasa LEMON Influencer Platform untuk membantu menjalankan influencer marketing & memilih Ambassador terbaik. Ada juga banyak fitur untuk membantu Anda menjalankan campaign dengan lebih mudah. 

Konsultasi dengan client success kami sekarang melalui link ini. GRATIS.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign