Simak Panduan Penting Untuk Melakukan Strategi Influencer Marketing

apa itu exposure
Simak dan ketahui panduan penting dalam menjalankan strategi marketing yang kerap bertumbuh pesat setiap tahunnya

Table of Contents

Influencer marketing akhir-akhir ini menjadi populer karena banyaknya bintang media sosial bermunculan. Jenis pemasaran ini cenderung lebih kuat daripada yang terlihat. Yang dimana anda sangat memerlukan strategi influencer marketing ini. Simak selengkapnya!

Di sini kami akan menjawab semua pertanyaan anda terkait bagaimana membangun strategi influencer yang berhasil. Bagaimana menemukan influencer yang tepat dan bagaimana men-track influencer. Panduan-panduan di bawah ini akan membantu anda menjadi influencer marketing yang expert!

strategi influencer marketing
Photo by airfocus on Unsplash

Gambaran umum tentang influencer marketing

Sebelumnya jika anda belum tahu arti dari influencer marketing, anda bisa simak penjelasannya di sini.

Strategi influencer marketing memiliki berbagai manfaat, yaitu:

  • Menjangkau audience yang lebih luas
  • Membentuk kepercayaan terhadap brand anda
  • Menaikkan traffic
  • Mendapatkan lebih banyak leads
  • Mendorong penjualan

Namun alangkah lebih baiknya kalau kita mengetahui pelajaran yang perlu dipelajari dari influencer marketing sehingga tidak mengulangi hal-hal yang salah. Anda bisa pelajari ide-ide influencer marketing campaign yang pernah dijalankan oleh brand lain.

Ketika sudah sekian lama melakukan strategi influencer marketing, kami merasa influencer marketing yang penyebarannya tidak merata itu kurang efektif dan tidak berdampak begitu besar.

Photo by Rémi Walle on Unsplash

Bagaimana meningkatkan bisnismu dengan pemasaran influencer marketing yang saling menguntungkan

Referral telah lama menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling efektif.

Ibaratnya begini, jika anda memiliki suatu masalah dan ternyata teman anda memiliki solusinya untuk anda. Ada kemungkinan besar anda akan membelinya. Cara kerja influencer marketing hampir sama seperti itu. Simple-nya karena audience membutuhkan produk tersebut dan percaya kepada influencer.

Sekitar 82% orang percaya dengan rekomendasi dari micro influencer. Kini brand dengan influencer sekarang menjalin hubungan jangka panjang. Hubungan jangka panjang ini tidak hanya menarik bagi influencer namun juga memberikan ROI yang lebih besar.

“Bekerja sama dengan influencer bahkan bisa lebih murah daripada paid advertising karena lebih efektif.”

Ruang untuk influencer marketing ini masih memiliki perjalanan yang panjang sebelum akhirnya menjadi sesuatu yang jenuh. Memang kenapa sih brand sangat mengandalkan influencer marketing? Jawabannya, karena influencer marketing merupakan strategi yang masih baru. Dan terus menjadi solusi sampai akhirnya bisa menumbuhkan kepercayaan audience.

Maka dari itu mengapa brand + influencer marketing = saling menguntungkan.

Ada beberapa cara untuk memberikan kompensasi kepada influencers.

1. Cash

Ini adalah kompensasi yang umum bahkan sebagian besar influencer lebih memilihi metode ini. Tapi yang perlu diperhatikan oleh para brand, bahwa orang yang akan digunakan sebagai influencer yang mengiklankan produk dan brand anda adalah orang yang dengan sepenuh hati mengerjakan projeknya tidak semata-mata hanya karena cash dan bisa lari tidak bertanggung jawab.

2. Free product atau diskon

Tidak hanya cash, anda juga bisa menukarkan exposure yang diberikan oleh influencer dengan diskon dari produk anda atau produk gratis.

3. Komisi

Ini adalah metode yang win-win. Karena cara ini biasanya akan saling menguntungkan. Anda membayar influencer selama dia berhasil untuk menjualkan produk itu ke orang lain.

Photo by Brooke Cagle on Unsplash

3. Evaluasi Influencer Marketing untuk Campaign Marketing-mu

Menurut survei yang dijalankan oleh Qualtrics, sekitar 91% orang berusia 18-34 tahun mempercayai ulasan online seperti halnya rekomendasi pribadi, yang mengarah pada kesimpulan yang sangat penting:

“Pelanggan menempatkan kepercayaan pada orang asing lebih dari yang mereka lakukan di perusahaan terkenal.”

Kali ini anda akan kami bantu mulai mengevaluasi campaign marketing-mu. Berikut metrik yang perlu anda siapkan.

1. Social Media Reach

Simple-nya adalah semakin besarnya jangkauan yang dicapai, semakin besar juga audience yang mengetahui brand dan produk anda. Namun tentu saja, yang besar belum tentu yang terbaik. Anda juga harus mempertimbangkan engagement nya pula.

2. Influencer Rate

Bila sudah mempunyai list harga-harga influencer, anda pelu untuk membuat sebuah database. Jika anda ingin mempersingkat waktu, percayakan soal database influencer kepada LEMON. Daftarkan diri anda di sini untuk segera dapat slot di bulan ini!

buat akun gratis untuk influencer marketing di era new normal

Ini saatnya anda untuk men-track campaign marketing yang telah anda lakukan. Kenapa tracking influencer marketing campaign itu sangat penting? Kembali lagi di awal yang sudah kami mention terkait ROI, tracking ini dilakukan agar bisa menghasilkan ROI yang baik dan menguntungkan.

Apa saja tools yang bisa dipakai untuk men-track influencer marketing campaign anda? Dari menemukan influencer yang sesuai dengan brand anda hingga bagian akhirnya yaitu tracking influencer marketing campaign, bisa anda akses di LEMON dashboard. Hanya dengan 1 platform saja, anda sudah bisa melakukan end to end influencer marketing campaign tanpa membuang waktu dan tenaga terlalu besar. Tunggu apalagi? Daftarkan diri anda di sini untuk mempersiapkan keberhasilan campaign marketing anda!

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign