Collaborative Marketing: Bekerja Sama Menuju Kesuksesan

contoh kolaborasi marketing adalah
Ketahui apa itu collaborative marketing dalam memberikan nilai tambah pada produk, berbagai contoh kolaborasi dan manfaat lainnya bagi kesuksesan brand Anda

Table of Contents

Melakukan strategi marketing secara mandiri terkadang cukup membuat kita kewalahan.

Apalagi di antara banyaknya perusahaan yang telah memulai kompetisi marketing duluan hingga bisnis baru yang lahir.

Dengan begitu, perusahaan membutuhkan adanya kolaborasi dengan perusahaan lainnya untuk menjalankan pemasaran bersama yang disebut sebagai co-marketing.

Strategi ini dinilai powerful dalam menjangkau lebih luas pangsa pasar.

Simak lebih lanjut apa itu co-marketing dan contoh kolaborasi marketing di bawah ini!

Apa Itu Collaborative Marketing?

Pengertian dari kolaborasi atau collaborative marketing adalah dua atau lebih perusahaan bersatu untuk melakukan promosi. Kemitraan ini bertujuan menghasilkan konten atau produk berkualitas tinggi. 

Dalam praktiknya, kolaborasi marketing tidak hanya sebatas pada perusahaan, melainkan dapat dilakukan bersama komunitas, influencer hingga pelanggan.

Menjalankan strategi ini dibutuhkan kesamaan tujuan dan segmentasi pasar agar tetap relevan.

Walaupun sebenarnya perusahaan dapat melakukan pemasarannya sendiri, co-marketing bisa memaksimalkan upaya lainnya. Kedua pihak pun tidak berat sebelah atau lebih untung dan rugi. Melainkan keduanya dapat merasakan hasil yang setara.

Berikut merupakan contoh kolaborasi marketing di Indonesia yaitu:

Contoh Kolaborasi atau Co-Marketing

LEMON x Niagahoster Webinar

Bentuk kolaborasi marketing dalam event atau webinar

Salah satu merek yang melakukan brand collaboration marketing adalah LEMON Influencer Platform dan Niagahoster dengan cara membuat webinar yang membahas tentang pentingnya nano-micro influencer untuk bisnis.

LEMON platform dan Niagahoster memiliki kesamaan target pasar yaitu para pelaku bisnis yang mulai mengoptimasi digital untuk kegiatan pemasaran. Webinar ini pun relevan bagi target market dari kedua belah pihak brand sebagai salah satu contoh kolaborasi marketing yang efektif.

Oreo x Blackpink

Sumber Gambar: Antara News

Oreo x Blackpink merupakan salah satu contoh kolaborasi marketing lainnya. Oreo mengembangkan produk yang sudah ada dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan dengan memberikan photo card member K-pop superstar ini

Dua atau lebih perusahaan dapat bekerja sama untuk menciptakan produk baru — atau mengubah produk yang sudah ada — untuk memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Produk tersebut seringkali merupakan produk gabungan yang menciptakan produk atau penawaran yang lebih bernilai.

Dabe Beauty x LEMON Influencer

@shafirasas Masker peel off yang unik dari @Dabe Beaute by Bella Shofie @Bella Shofie Rigan #dabebeaute, #dabebeauteskincare, #skincareviral, #glowingskin, #dnasalmon ♬ Aesthetic – Tollan Kim

Dabe Beauty dan LEMON Influencer menjalani kolaborasi dengan affiliate marketing.

Affiliate marketing, cukup sederhana, melibatkan sellet dan affiliator atau influencer

LEMON Influencer menampilkan iklan dalam bentuk video TikTok dan menyelipkan link tracker pada keranjang kuning untuk audiens melakukan pembelian. Setiap klik atau pembelian dapat disesuaikan dan promotor membayar untuk setiap referensi.

Keuntungan Menjalani Collaborative Marketing

Tujuan dari co-marketing adalah untuk memberikan keuntungan bersama. Secara umum, kolaborasi marketing bersama dapat meningkatkan reputasi perusahaan dan menghemat uang. Keuntungan lainnya termasuk:

Menjangkau Audiens Lebih Luas

Salah satu keuntungan utama collaborative marketing adalah brand dapat menggandakan audiens antara pelaku brand yang bermitra.

Keuntungan terkait lainnya untuk kolaborasi marketing adalah bahwa perusahaan dapat menggunakan campaign terpisah untuk menjangkau audiens yang lebih besar secara umum. 

Memperkenalkan Keahlian Baru

Anda mungkin yang terbaik di bisnis ini, tetapi Anda mungkin bukan yang terbaik di setiap bisnis. Berkolaborasi dengan perusahaan lain memungkinkan Anda belajar dari mitra, mengidentifikasi area pertumbuhan, dan menunjukkan kepada audiens apa yang ditawarkan.

Kesimpulan

Collaborative marketing adalah cara terbaik untuk menghadirkan sesuatu yang baru kepada audiens dan untuk meningkatkan reputasi Anda dan mitra Anda. Terdapat beberapa contoh kolaborasi marketing yang dilakukan salah satunya influencer marketing dan affiliate program.

LEMON Influencer Platform menghubungkan brand dan influencer untuk menjalankan kolaborasi marketing yang ideal tanpa ribet.

Jangkau audiens Anda lebih luas dengan influencer marketing bersama LEMON Influencer Platform. Daftarkan brand Anda sekarang melalui banner di bawah

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign