Rate card adalah dokumen atau hal yang paling sering ditanyakan suatu brand sebelum menjalani kerja sama dengan influencer.
Hal tersebut akhirnya menjadikan rate card adalah hal yang wajib dimiliki oleh setiap content creator.
Melalui artikel ini, LEMON akan mengupas tuntas apa itu rate card dan berapa kisaran budget yang dibutuhkan dalam menjalankan influencer marketing.
Apa Itu Rate Card?
Rate card influencer adalah informasi harga, yang biasa digunakan oleh influencer untuk memberikan informasi kepada brand. Tidak hanya tarif, isi dari rate card adalah gambaran demografis, ada juga yang mencantumkan engagement rate, kebijakan, dan ketentuan pilihan paket atau bundle posting hingga hasil campaign yang pernah dijalankan influencer tersebut dengan brand sebelumnya. Seperti halnya dengan portfolio, rate card menjadi gambaran untuk brand bekerja sama dengan influencer.
Rate card adalah informasi harga, yang biasa digunakan oleh influencers untuk memberikan informasi kepada brand.
Influencer marketing memang menjadi cara efektif untuk menggaet audiens baru, terutama di media sosial. Namun, rate card influencer bisa bermacam-macam dan agak mahal tergantung dari goals, media, dan frekuensi unggah.
Jika Anda hendak menggunakan jasa influencer marketing. Penting bagi Anda untuk mengetahui rate card influencer yang Anda pilih.
Jika Anda menggunakan jasa Mega dan Macro Influencer, biasanya mereka sudah memiliki tarif tersendiri karena kedua jenis influencer ini sudah berpengalaman.
Berapa Rate Card Influencer di Instagram?
Menemukan rate card influencer ternyata tidak terlalu sulit. Anda harus memerhatikan beberapa faktor penentunya terlebih dahulu.
Influencer harus minimal memiliki 1.000 followers untuk di endorse dimana mereka sudah memasuki tingkat influencer paling pemula yaitu Nano Influencer. Artinya Rate card influencer yang dikeluarkan pun tergantung dari jumlah followers ini.
- Nano Influencer ≥ 1.000 followers rate card berkisar Rp350.000
- Micro Influencer ≥ 10.000 rate card berkisar Rp600.000
- Macro Influencer ≥ 100.000 rate card berkisar Rp6.000.000
- Mega Influencer ≥ 1.000.000 berkisar Rp12juta ke atas
Rate card influencer di Instagram rata-rata berkisar antara Rp350.000 – Rp12.000.000 untuk scope of work posting Instagram Photo Feed, Instagram Stories, Instagram Video dan Instagram Swipe Up.
Rate Card Influencer di TikTok
Untuk rate card influencer Tiktok, tidak jauh berbeda dengan Instagram, seperti:
- Nano Influencer ≥ 1.000 followers rate card berkisar Rp100.000
- Micro Influencer ≥ 10.000 followers rate card berkisar Rp200.000
- Macro Influencer ≥ 100.000 followers rate card berkisar Rp500.000-2.000.000
- Sementara untuk Macro Influencer dengan pengikut lebih dari 1 juta, rate card berkisar hingga Rp5.000.000 ke atas.
Rate Card Influencer di Youtube
- Nano Influencer berkisar Rp300.000
- Micro Influencer berkisar Rp500.000
- Macro Influencer berkisar Rp2.000.000-Rp5.000.000
- Sementara untuk Macro Influencer berkisar hingga Rp6.000.000 ke atas.
Faktor yang Menentukan Rate Card Influencer?
Namun, isi rate card adalah tarif dari masing-masing influencer yang dapat berubah berdasarkan pertumbuhan audiensnya. Selebgram pun banyak yang mematok harga sendiri dan dipengaruhi beberapa faktor.
Faktor-faktor yang mempengaruhi rate card adalah pertumbuhan followers, engagement dan reach, dan scope of work. Berikut penjelasan yang mempengaruhi rate card influencer.
Pertumbuhan Followers
Influencer yang serius dalam mendedikasikan sosial media pasti akan terus memiliki followers baru. Awal mulanya mungkin adalah Nano influencer bisa saja menjadi Macro influencer dalam 2 tahun.
Karena itu harga yang dipatok pasti akan naik mengikuti jumlah followers yang juga bertumbuh.
Engagement dan Reach
Ini adalah 2 metrik penting yang menjadi pertimbangan Anda dalam influencer marketing. Data tersebut dihasilkan dari user yang berinteraksi dengan akun selebgram. Angka-angka ini dapat dilihat dari insight yang tercantum pada fitur business profile di Instagram.
Engagement dan reach menjadi gambaran besar performa akun tersebut. Apakah influencer menjangkau luas followers? Sehingga campaign yang Anda jalankan tidak terasa sia-sia. Kedua data ini juga harus Anda dapatkan sesuai dengan platform untuk lakukan campaign.
Scope of Work
Faktor lain yang mempengaruhi rate card adalah scope of work. Seperti yang sudah LEMON sampaikan di atas, default satu kali campaign SOW influencer adalah 1 x Instagram Feed dan 1 x Instagram Stories. Jika Anda berencana untuk menambah task, maka harga endorse selebgram pun juga akan bertambah sesuai dengan brief kerja tambahan tersebut.
Bagaimana Cara Cek Rate Card Influencer?
Tentukan Influencer yang Sesuai dengan Brand Anda
Menentukan influencer yang tepat untuk Anda memang tidak mudah. Terlebih jika kita ingin memiliki hasil yang maksimum dengan budget terbatas. Untuk itu, Anda perlu memilih influencer yang tepat. Umumnya, influencer terbagi menjadi beberapa kategori yaitu Mega, Macro, Micro, dan Nano
Kontak Manajer Mereka Satu per Satu
Seorang mega dan macro influencer biasanya memiliki manager untuk mengatur semua bisnis mereka. Termasuk untuk bekerjasama dengan brand. Cara mendapatkan rate card adalah langsung melalui DM akun influencer dan menanyakan rate card. Biasanya mereka akan mengarahkan ke manajer mereka. Namun, tidak mudah untuk bisa mendapatkan nomer manajer mereka. Apalagi jika Anda baru membangun komunikasi dengan influencer tersebut. Ingat! Ada ratusan DM yang masuk ke akun mereka.
Menggunakan Influencer Marketing Platform
Tidak mudah untuk mendapatkan rate card influencer, belum lagi menentukan mana siapa selebgram yang tepat untuk Anda. Tapi tenang, Anda bisa menggunakan LEMON Influencer Platform. Terdapat 50.000+ influencer yang tergabung di platform kami. Tim LEMON akan memberikan Anda pilihan yang tepat untuk produk Anda.
Buat campaign untuk produk Anda dengan registrasi di website LEMON.
Anda juga bisa membuka campaign (open campaign) Anda dan melihat sudah berapa banyak influencer yang join dengan Anda
Penasaran dengan performance Mega dan Macro influencer? Anda bisa mendapatkan akses untuk hal tersebut.
Bagaimana? Simple bukan?
Penasaran dengan list harga endorse selebgram yang terkenal? LEMON akan memberikan sedikit gambaran untuk Anda.
5 Daftar List Rate Card Influencer di Instagram yang Paling Banyak Dicari
- Rachel Vennya – 6,5M Followers
Rachelvennya’s Instagram Selebgram yang dikenal sebagai Buna Rachel ini ternyata memiliki biaya endorse yang fantastis. Biaya endorse Rachel Vennya rata-rata adalah Rp17juta.
Rachel yang sudah bertahun-tahun bernaung di sosial media memang menjadi salah satu faktor kenapa Rachel memiliki rate card Instagram yang tinggi.
- Tasya Farasya – 4,7M Followers
Tasya Farasya’s Instagram Post Tasya Farasya selebgram yang memiliki minat di beauty menjadi idola para skincare dan make up enthusiast. Cara perempuan yang lahir kembar ini sangat unik dan bikin para penonton jadi keracunan dengan setiap produk yang Tasya ulas. Persiapkan biaya sebesar Rp13,5juta untuk endorse selebgram Tasya Farasya.
- Dinda Hauw – 12M Followers
Dindahauw’s Instagram Post Selebgram yang memulai karir sebagai seorang aktris ini juga memiliki harga endorse yang tidak kalah fantastis. Harga endorse Dinda Hauw rata-rata adalah Rp15juta.
- Karin Novilda – 7M Followers
awkarin’s Instagram Post
Banyak sekali yang penasaran dengan biaya endorse Awkarin. Karin atau biasa dikenal sebagai Awkarin ini memiliki harga endorse rata-rata Rp25juta.
- Gisella Anastasia – 33M Followers
Gisela’s Instagram Post
Selebgram satu ini juga sukses bikin para pebisnis dan brand bertanya-tanya kira-kira berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk endorse. Biaya endorse Gisel mencapai rata-rata Rp17juta.
Bekerja sama dengan influencer yang memiliki kredibilitas dan pengalaman yang banyak memang membutuhkan budget yang cukup besar. Belum lagi, produk kita harus mengantri untuk bisa diulas oleh mereka karena banyak sekali brand yang ingin bekerja sama.
Lalu apakah perlu membutuhkan budget yang sangat besar untuk kerja sama bareng influencer? Bagaimana dengan UMKM?
Jawabannya tidak harus. Anda bisa bekerja sama dengan influencer pemula seperti nano-micro influencer dengan jumlah yang banyak terlebih dahulu.
Di LEMON, Anda bisa menemukan 55rb+ nano-micro influencer untuk mulai populerkan produk Anda. Temukan mereka dengan buat akun melalui banner di bawah.