Branding: Jenis, Tujuan, Unsur dan Manfaatnya

branding adalah
Branding adalah salah satu elemen yang diperlukan dalam bisnis. Pelajari bagaimana branding memainkan peran krusial dalam mempengaruhi kesuksesan bisnis Anda.

Table of Contents

Branding adalah salah satu hal terpenting yang diperlukan oleh sebuah bisnis di era globalisasi. Tidak menutup kemungkinan, membuat persaingan antar perusahaan juga semakin ketat. Hal ini bisa dilihat dari perusahaan dari luar negeri yang berdiri di Indonesia dengan total ribuan perusahaan.

Maka dari itu, sebagai seorang pebisnis, Anda juga harus membangun branding untuk bisnis Anda. Konsumen akan dengan mudah mengenali merek yang kuat, sehingga jumlah pesaing tidak akan menjadi masalah untuk Anda. LEMON Influencer Platform  telah merangkum jenis, tujuan, unsur dan manfaatnya berikut ini.

Pengertian Branding dalam bisnis

branding adalah
Picture from: Unsplash.com

Branding adalah kegiatan mengomunikasikan, mempekuat, serta mempertahankan sebuah brand dalam rangka memberikan garis besar kepada audiens yang melihatnya.

Philip Kotler menambahkan, branding adalah nama, ekspresi, tanda, simbol, pola atau kombinasi dari apapun yang bertujuan untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual yang membedakan mereka dari barang atau jasa pesaing yang berbeda.

Unsur-Unsur Branding

  • Nama brand. Nama brand dalam branding adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Tanpa nama, produk tidak memiliki identitas sehingga lebih mudah dikenali oleh masyarakat. Oleh karena itu, dalam hal pembuatan logo brand Anda harus mempercayakannya pada jasa pembuatan logo profesional seperti di Sribu.com.
  • Logo brand. Saat membuat logo, perhatikan faktor keunikan dan gambar yang sesuai dengan brand. Logo yang unik meninggalkan kesan yang tak terlupakan bagi konsumen.
  • Tampilan visual. Aspek visual ini dapat diterapkan pada desain produk, desain kemasan, desain seraga, dll. 
  • Penggunaan juru bicara. Dalam hal ini bisa jadi seorang CEO dari perusahaan, maskot, perwakilan perusahaan, atau orang terkenal seperti para influencer yang diajak bekerja sama untuk meningkatkan branding.
  • Suara (lagu tematik). Kehadiran lagu akan melengkapi unsur visualisasi sehingga semakin indah dan berkesan.
  • Kata-kata (Tagline, slogan, jingle, akronim). Slogan cerdas selalu meninggalkan kesan mendalam.

Jenis-Jenis Branding

  1. Product Branding

Produk branding adalah jenis yang paling umum. Hal ini dikarenakan brand yang sukses mampu mendorong audiens untuk memilih sendiri produknya dibandingkan produk competitor. Ini juga merupakan upaya untuk memberikan identitas pada suatu produk yang dapat membuat konsumen memilih produk tersebut dibandingkan produk pesaing lainnya. Tipe ini biasanya hanya berfokus pada hasil produk, bukan keseluruhan perusahaan.

  1. Personal Branding

Ini adalah strategi pemasaran yang paling populer di kalangan tokoh publik seperti artis, musisi, politisi, ambassador, serta Key Opinion Leader (KOL) untuk berbagi pandangan mereka dengan publik. Anda bisa dengan mudah menggunakan branding jenis ini dengan bantuan para influencer sehingga dapat meningkatkan tujuan branding Anda.

  1. Corporate Branding

Seluruh area perusahaan, mulai dari produk atau jasa yang ditawarkan hingga kontribusi karyawan di mata masyarakat. Semua hal ini sangat penting untuk mengembangkan reputasi perusahaan di pasar. Pertimbangan tersebut meliputi: logo, visi perusahaan, website, kualitas, periklanan, pemasaran, kredibilitas, layanan. 

  1. Destination Branding

Tujuan destination branding adalah untuk memperkenalkan produk atau jasa ketika seseorang menyebutkan lokasinya. Jadi ketika seseorang menyebut nama kotanya, misalnya Yogyakarta, langsung terpikir Gudeg atau Bakpia.

Jenis ini menggambarkan identitas kota, wilayah, negara, atau wilayah tertentu. Gaya ini biasanya digunakan untuk mempromosikan kebutuhan wisata atau komersial daerah tersebut. Contoh: Wonderful Indonesia.

  1. Cultural Branding

Cultural branding adalah upaya untuk menciptakan identitas atau merek yang disesuaikan dengan reputasi, budaya, dan adat istiadat masyarakat suatu bangsa, tempat, atau wilayah. Contohnya adalah: Budaya kebersihan dan disiplin Jepang.

Fungsi Branding

fungsi branding
Picture from: Pinterest
  • Sebagai pembeda: Dimana perusahaan dengan brand yang kuat akan dengan mudah menonjol dari pada para pesaingnya. 
  • Promosi dan Daya Tarik: Bila Anda memiliki brand yang kuat, promosi menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Pelanggan biasanya memilih brand yang kuat dan tetap setia pada merek yang sama.
  • Bangun citra, kepercayaan, kualitas, dan prestise: Beberapa hal ini membuat perusahaan Anda akan mudah untuk diingat.
  • Pengendali pasar: brand yang kuat dapat mengendalikan pasar karena masyarakat sudah mengenalnya dengan baik.

Tujuan Branding

Tujuan dari branding adalah untuk membentuk sudut pandang masyarakat, meningkatkan kepercayaan audiens terhadap brand, dan membangun kecintaan masyarakat terhadap brand tersebut. Tujuan ini merupakan salah satu yang sangat bermanfaat bagi perusahaan. Strategi yang tepat akan membuat pelanggan semakin percaya dengan produk Anda dan semakin setia kepada perusahaan Anda.

Manfaat Membangun Branding

Seperti yang telah disebutkan, branding sangat penting bagi perusahaan saat ini. Salah satu alasannya adalah perusahaan bisa mendapatkan banyak keuntungan darinya.

  • Memberikan daya tarik untuk konsumen.
  • Permudah bisnis untuk mendapatkan loyalitas pelanggan dari produk atau layanan Anda.
  • Peluang terbuka bagi perusahaan untuk menetapkan harga jual yang tinggi. 
  • Sebagai pengusaha, Anda memiliki kesempatan untuk diferensiasi produk Anda.
  • Menjadi pembeda penjualan yang unik atau fitur khusus yang membedakan produk perusahaan dari produk pesaing.

Pentingnya Branding Dalam Kemajuan Bisnis

Sekarang Anda juga perlu memahami pentingnya branding dalam kemajuan bisnis Anda. Branding adalah cara menyampaikan pesan produk perusahaan kepada konsumen.

Dengan penerapan yang baik, perusahaan dapat memberikan kesan yang baik kepada para penggunanya agar pelanggan tetap loyal terhadap produk tersebut.

Selain itu, ini membuka jalan bagi perusahaan untuk menyebarkan berita ke lebih banyak orang, baik melalui logo atau campaign marketing. Mempertimbangkan manfaatnya, membangun branding adalah investasi yang harus dilakukan setiap bisnis.

Proses branding sebuah perusahaan tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu, Anda juga perlu mulai mengatur keuangan dengan baik. Karena dengan pengelolaan keuangan yang baik dan benar, perusahaan Anda terhindar dari pengeluaran bisnis yang tidak perlu.

LEMON, platform influencer marketing terpercaya untuk perluas branding bisnis Anda!

LEMON Influencer Platform

Dalam era digital yang serba cepat ini, LEMON Influencer Platform hadir sebagai solusi terpercaya untuk memperluas branding bisnis Anda melalui influencer marketing. Menawarkan keaslian dan profesionalisme, LEMON memberikan akses ke jaringan influencer terbaik, memastikan promosi yang efektif dan hasil yang luar biasa. Dengan LEMON, Anda dapat meningkatkan visibilitas merek Anda, menjangkau audiens yang relevan, dan mencapai tujuan bisnis yang lebih tinggi.

Konsultasi dengan client success kami dan perluas branding bisnis Anda melalui link ini. GRATIS.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign