Dalam dunia marketing, House Ambassador memiliki peran penting dalam memperkenalkan brand dan produk kepada masyarakat. Ada banyak jenis duta brand, termasuk House Ambassador dan Global Ambassador. Namun, apa perbedaan di antara keduanya? Pada artikel LEMON kali ini, kita akan membahas perbedaan House Ambassador dan Global Ambassador berikut.
Pengertian House Ambassador
Apa itu House ambassador? Menurut Livemint, House ambassador mewakili merek/brand dari negaranya. House Ambassador adalah duta dari sebuah brand yang ditugaskan untuk mempromosikan produk dalam satu toko atau cabang dari brand tersebut. Tugas utama dari House Ambassador adalah memastikan bahwa pelanggan berhubungan langsung dengan brand dan produk melalui campaign, presentasi, dan pengalaman langsung. Contoh dari House Ambassador adalah Tara Basro yang menjadi BA Olay Indonesia.
Pengertian Global Ambassador
Global ambassador adalah duta brand yang tugasnya mempromosikan brand dan produk secara global di seluruh dunia. Peran utama dari global ambassador adalah untuk memastikan brand dan produk dikenal secara internasional melalui berbagai campaign, acara, dan kegiatan promosi lainnya. Contoh Global Ambassador adalah Jisoo BLACKPINK yang menjadi GA dari Dior Fashion & Beauty.
Apa Perbedaan Antara House Ambassador dan Global Ambassador?
Wilayah Kerja
Perbedaan utama antara House Ambassador dan Global Ambassador adalah wilayah kerja. House Ambassador berfokus pada promosi brand dan produk di toko atau cabang, sedangkan Global Ambassador bertanggung jawab untuk promosi brand dan produk di seluruh dunia.
Tanggung Jawab
House Ambassador cenderung berinteraksi lebih langsung dengan audiens (follower mereka) sementara Global Ambassador berfokus pada campaign dan acara pemasaran yang lebih besar dan berskala luas. Karena peran dan tanggung jawab mereka yang berbeda, kualifikasi dan pengalaman yang dibutuhkan untuk menjadi House Ambassador dan Global Ambassador pun berbeda.
Jangkauan Campaign
Jangkauan campaign House Ambassador adalah audiens atau followers mereka di media sosial, dan fokus pada peningkatan awareness brand secara lokal. Sedangkan jangkauan campaign Global Ambassador adalah audiens yang lebih luas dan dapat membantu meningkatkan brand awareness produk secara internasional.
Gaji / Bayaran
Untuk bayaran House Ambassador bervariasi tergantung public figur yang ditunjuk sebagai House Ambassador. Umumnya mereka dibayar mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Sedangkan Global Ambassador umumnya adalah selebriti / artis papan atas kelas dunia yang nilai kontrak kerjasamanya bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran rupiah.
Keuntungan dari House Ambassador & Global Ambassador
Ada keuntungan yang berbeda bagi brand Anda yang menggunakan House Ambassador atau Global Ambassador. Berikut adalah beberapa keuntungan dari masing-masing opsi:
House Ambassador
Lebih dekat dengan brand
House Ambassador biasanya dipilih dari kalangan influencer lokal yang sudah dikenal oleh target pasar brand. Keterlibatan mereka dalam campaign brand dapat membantu menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan konsumen.
Biaya lebih rendah
House Ambassador biasanya lebih murah dibandingkan dengan Global Ambassador yang jauh lebih mahal karena mereka tidak memerlukan biaya akomodasi untuk bekerja.
Relevansi yang lebih tinggi
House Ambassador lebih relevan untuk brand yang beroperasi di daerah tertentu karena mereka lebih akrab dengan budaya lokal, bahasa, dan preferensi konsumen.
Global Ambassador
Jangkauan yang lebih luas
Global Ambassador dapat membantu brand untuk memperluas jangkauan ke pasar internasional karena mereka biasanya memiliki pengikut besar dari seluruh dunia.
Reputasi yang lebih besar
Global Ambassador lebih terkenal dan memiliki reputasi yang lebih besar dibandingkan dengan Brand Ambassador, yang dapat membantu memperkuat citra brand.
Dampak yang lebih besar
Global Ambassador dapat memberikan dampak yang lebih besar pada brand dalam hal awareness karena mereka dapat membawa pengaruh yang signifikan pada jutaan pengikut mereka di media sosial.
Kesimpulan
House Ambassador dan Global Ambassador memainkan peran penting dalam mempromosikan brand dan produk kepada publik. Meskipun keduanya mempunyai tujuan yang sama, yaitu memperkenalkan brand, namun tugas, ruang lingkup, dan tanggung jawab mereka dapat berbeda secara signifikan.
Namun, dalam memilih antara House Ambassador atau Global Ambassador, Anda sebagai brand harus mempertimbangkan tujuan campaign, budget marketing, target pasar, dan produk yang diinginkan. Pilihan terbaik adalah memilih Ambassador yang paling cocok untuk brand dan campaign, terlepas dari apakah mereka lokal atau global.
Jika masih bingung, Anda bisa menggunakan jasa LEMON Influencer Platform untuk membantu menjalankan influencer marketing & memilih Ambassador terbaik. Ada juga banyak fitur untuk membantu Anda menjalankan campaign dengan lebih mudah.
Konsultasi dengan client success kami sekarang melalui link ini. GRATIS.