Yuk mengenal lebih dekat insight performa kamu di Instagram!

Table of Contents

Statistic is a grammar of science

Karl Pearson

Hai lemonians!πŸ‹πŸ’›

Tahukah kamu apa itu insight ?

Pada Instagram terdapat fitur yang dinamakan insight, dimana fungsi fitur tersebut adalah sebagai salah satu tolak ukur performa kamu pada setiap postingan di Instagram. Fitur ini cukup membantu untuk keperluan bisnis, oleh karena itu Instagram insight dapat kamu peroleh ketika akun kamu sudah menjadi akun bisnis. 

Kira-kira Instagram insight ini meliput apa saja sih?

Jadi Instagram insight ini meliputi beberapa hal diantaranya, untuk mengetahui berapa jumlah interaksi yang terjadi pada akun dan postinganmu, lalu bisa juga loh mengetahui data diri dari followers kamu yang meliputi jenis kelamin, usia, dan juga geografis nya.

Instagram insight ini juga menyediakan statistik dasar untuk dijadikan tolak ukur sebagai upaya memaksimalkan penggunaan Instagram kamu untuk berbisnis. Karena pada statistik ini tersedia juga loh data waktu dan hari kapan followers kamu banyak menggunakan Instagram, dimana hal tersebut dapat membantu kamu kapan waktu yang tepat untuk memposting konten. Sehingga kamu bisa mendapatkan engagement dari followers yang cukup tinggi, dimana baik untuk performa bisnis kamu di Instagram.

Nah buat kamu yang sudah beberapa kali mengikuti campaign pasti sudah tidak asing lagi kan, ketika setelah selesai posting kamu akan diminta untuk submit insight baik itu Instagram story atau feeds. Kira-kira tahu kenapa? 

Ya, seperti yang sudah aku coba jelaskan diawal bahwa insight itu dijadikan sebagai salah satu tolak ukur dari pihak brand untuk melihat bagaimana performa kamu saat menjalankan campaign tersebut. Jadi perlu diingat lemonians, sebagai influencer itu tidak hanya sekedar terima barang gratis lalu buat konten saja loh tapi kamu juga punya tanggung jawab besar dalam mempengaruhi followers kamu. Nama nya juga influencer , jadi kamu harus punya kemampuan untuk bisa mempengaruhi orang lain terkait dengan produk yang kamu promosikan. 

Memang hal tersebut bisa terukur kak?

Bisa dong, dilihat dari data-data pada insight tersebut.

Setiap campaign sudah berakhir, tim Lemon akan satu persatu meminta influencer pada campaign tersebut untuk submit insight. Proses selanjutnya adalah kami membuat report dimana nantinya akan dikirimkan ke pihak brand yang akan dievaluasi. Di report tersebut data nya akan sangat transparan, dimana akan terlihat mana yang mendapat least post dan best post, diukur dari Engagement Rate Post mereka. Dampak nya apa kak kira-kira kalau least post? Bisa jadi di next campaign tim Lemon dan brand akan mempertimbangkan lagi untuk memilih kamu. So pastikan ER kamu stabil yaa, caranya gimana? Langsung cek Lemonblog ini..

Oke, sekarang aku mau mengajak lemonians untuk mengenal lebih dekat lagi penjelasan dari masing-masing data insight kamu!

  1. Reach

Data reach berfungsi untuk mengetahui berapa banyak jumlah akun yang sudah menjangkau postingan kamu. Reach ini hanya menghitung per-akun bukan jumlah berapa banyak kamu menjangkau postingan tersebut. Jika kamu sudah melihat postingan tersebut maka sudah terhitung satu, meskipun kamu berkali-kali menjangkau akan tetap terhitung satu.

2. Impression

Impression merupakan data yang dapat digunakan untuk melihat berapa kali konten kamu dilihat. Berbeda dengan reach, impression ini akan menghitung berapa banyak kamu melihat postingan tersebut sehingga data angka impression sering lebih besar dibandingkan reach karena tidak menghitung per-akun melainkan dihitung berapa kali konten dilihat.

3. Save dan Share

Kedua fitur ini memiliki fungsi nya masing-masing. Save digunakan untuk mengetahui seberapa banyak jumlah akun yang menyimpan postingan kamu. Sedangkan untuk fitur share adalah menghitung seberapa banyak akun yang membagikan postingan kamu kepada akun lain. Kedua fitur ini termasuk penting dalam interaksi bisnis di Instagram, mengapa? Karena pihak agensi dan brand mampu mengukur seberapa besar postingan atau campaign tersebut diketahui oleh publik. Ketika kita berbagi postingan secara tidak langsung kita telah menyebarkan informasi terkait campaign tersebut, maka semakin banyak orang yang akhirnya mengetahui campaign dan produk yang tengah di promosikan.

4. Interaction

Dan yang terakhir ada interaksi. Data ini biasanya dapat diperoleh untuk Instagram story, yang meliputi data replies, profile visit, dan sticker taps. Kita bedah satu persatu yaa..

Replies , meliputi berapa jumlah balasan yang kamu peroleh pada foto atau video story kamu. Hal tersebut terjadi ketika followers kamu menanyakan β€œbeli dimana kak?” β€œbarang nya bagus kak?” atau sekedar memberikan reaksi seperti β€œwah aku jadi mau coba”.

Profile visit , fitur ini menghitung berapa banyak jumlah akun yang mencoba masuk ke halaman profil akun kamu.Sticker taps, berapa banyak orang meng-klik hashtag atau mention yang kamu lampirkan pada story kamu. Ini cukup berperan penting sebagai tolak ukur pihak brand, kenapa? Karena melalui sticker taps ini mereka mampu mengetahui seberapa besar rasa ingin tahu followers kamu terhadap produk, brand, dan project yang sedang kamu jalankan

Nah..jadi itu dia lemonians apa-apa saja yg termasuk dari bagian Instagram insight

Jadi sekarang kalian sudah tau kan bagaimana pihak agensi dan brand dalam menilai performance kamu di setiap campaign nya? Hal tersebut dapat diukur melalui insight di setiap post, yang meliputi seberapa banyak like, comment, share, save, reach, impression, dan (khususnya) views untuk konten video. Semakin bagus insight yang didapat, maka konten yang kalian buat sudah cukup menarik dan semakin efektif informasi yang diterima oleh followers kalian. Selain itu, untuk mengetahui performa kalian melalui Instagram story, bisa kalian lihat dari interactions yang kalian dapat. Semakin banyak replies, profile visit, dan sticker taps yang kalian dapatkan maka konten yang kalian buat sesuai dengan minat followers kalian.Perlu diingat lemonians Insight disini tidak hanya dijadikan sebagai penilaian performa kamu di Instagram loh, tapi juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatur konten kamu agar lebih terarah yang dapat disesuaikan dengan minat dari followers kamu tentunya juga tetap masih dalam kategori minat kalian juga yaa..

So, cukup sampai disini lemonblog kali ini, sampai bertemu di lemonblog selanjutnya!

(Sources cover : https://pngio.com/PNG/a105454-cartoon-graph-png.html)

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign