Tips Meningkatkan Jumlah Followers (dan Engagement Rate) ala Lemon

Table of Contents

If you are persistent, you will get it. If you are consistent, you will keep it

Harvey Mackay

Nggak terasa kita udah satu bulan di masa karantina, ya, Lemonians! Namun walaupun kita #dirumahaja, bukan berarti hanya bisa bermalas-malasan setiap hari. Diam di rumah berarti kita bisa meluangkan lebih banyak waktu dengan keluarga, olahraga, dan tentunya memperbanyak konten. Wah, dijamin deh. karantina ini bisa meningkatkan kreativitas kalau kita punya niat, hihi. Duh, duh… Tapi, kok, followers Instagram terus menurun ya? Bagaimana ya cara mempertahankan sekaligus meningkatkan jumlah followers walaupun lagi dikarantina begini? Lemonians tenang aja, Lemon punya tipsnya!

Agar konten lebih terfokus, tentukan kategori yang tepat untuk kontenmu, apakah beauty, traveling, food, lifestyle, atau lainnya. Kamu harus memilih kategori yang sesuai dengan pengetahuan dan minat agar konten yang ditampilkan informatif dan tidak memuat hoax. Selain itu, kamu juga akan lebih enjoy membuat kontennya apabila sesuai dengan diri kamu. Intinya, just be yourself! 

Selain terfokus, akan lebih baik jika kontenmu juga terstruktur; bisa dimulai dari membuat daftar konten dan jadwal posting untuk satu bulan. Jangan terlalu sering memposting di feeds sampai kesannya seperti ‘nyampah’, tapi jangan juga terlalu lama membiarkan feeds ‘kering’ tanpa postingan baru terlalu lama. Seimbangkan juga postingan endorsement dengan konten pribadi; jangan biarkan feeds-mu terlihat seperti katalog yang semua postingannya berupa endorsemen karena bisa mengurangi estetika feeds-mu. Di samping itu, konten pribadi memberikan ruang bagi followers-mu untuk mengenal diri kamu lebih baik. 

Tingkatkan kreativitas kamu dalam membuat konten untuk menarik lebih banyak likes, comments, dan share. Daya Tarik sebuah konten bukan hanya dilihat dari foto dan videonya, loh, tapi bisa juga dari caption. Jika kamu kesulitan membuat foto dan video yang berbeda dari yang lain, cobalah membuat caption yang unik: bisa bersifat informatif dengan berbagai research sebelumnya atau bahkan dengan cara penyampaian yang lucu. Tapi kembali lagi: just be yourself, jangan coba menjadi atau hanya ikut-ikutan orang lain. Nah, kalau postinganmu banyak likes, comments, dan share, kemungkinan besar akan banyak juga orang yang tertarik untuk klik tombol follow. Disarankan juga untuk menjadi seseorang yang komunikatif di kolom komentar agar orang-orang yang sudah berkomentar tidak merasa ‘dicuekkin’. Membalas comment dalam waktu 1 jam adalah salah satu cara yang efektif untuk Instagram Algorithm ‘mengenali kamu’, loh, Lemonians. Selain itu, jangan lupa comment & like postingan IG orang lain juga. Semakin authentic hubungan kalian, maka Instagram akan merekam algoritma tersebut sehingga kemungkinan besar followers dari orang yang sering berinteraksi dengan kamu bisa melihat postinganmu di explore-nya.

Sangat penting bagi seorang content creator untuk mengenal followers-nya, seperti berapa mayoritas umur mereka dan gender mereka. Cari juga postingan yang memiliki likes, comments, dan share terbanyak melalui insight yang dapat ditemukan di bawah postingan kalian. Dengan begitu, menentukan jenis konten yang perlu dibuat akan lebih mudah. 

Gimana, Lemonians? Sudah siap mempraktekkan tips-tips dari kami? Selain untuk meningkatkan jumlah followers, tips-tips di atas juga berguna untuk meningkatkan engagement rate, loh! Jadi sambil menyelam minum air gitu, deh~

Yuk follow akun Instagram Lemon di @lemoninfluencer.id dan download aplikasinya di App Store atau Playstore. Tinggal gabung dan rasakan keseruannya, deh. Dijamin nggak akan nyesel! Sampai keremu di Lemon Blog selanjutnya, Lemonians😊

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign