Manfaatkan Strategi Influencer Marketing untuk Natal 2022

Akhir tahun telah tiba, tingkatkan potensi penjualan brand Anda hingga 49% dengan strategi influencer marketing pada Natal 2022

Table of Contents

Hari raya Natal hampir tiba dan tren belanja hadiah untuk perayaan Natal akan meningkat.  Pada momen ini, penting bagi sebuah brand untuk memastikan keberhasilan strategi marketing mereka. Sepanjang tahun 2022, terdapat banyak brand telah meningkatkan upaya marketing, untuk memastikan kesuksesan kampanye mereka. Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk memastikan brand Anda lebih dominan daripada brand lain?

Dengan melakukan kampanye influencer marketing menjelang Natal 2022, Anda dapat memasarkan produk Anda ke audiens, dengan mendorong penjualan, meningkatkan brand awareness, serta meningkatkan return on investment.

Strategi influencer marketing semakin meningkat selama bertahun-tahun. Pada tahun 2021 sebanyak 63% brand telah meningkatkan anggaran mereka untuk influencer marketing. Menjelang hari raya Natal, LEMON Influencer Platform telah membuat panduan yang akan membantu Anda untuk meluncurkan kampanye influencer marketing melalui kolaborasi influencer.

Manfaat Influencer Marketing

Sampai kita pada hari-hari di mana iklan raksasa e-commerce menguasai layar gadget kita. Preferensi di antara konsumen semakin condong kepada belanja online daripada toko fisik, dengan laporan yang menyatakan bahwa tingginya aktivitas belanja berlangsung secara online sebanyak 63%.

Influencer marketing memiliki keunggulan dibandingkan iklan tradisional karena pendekatan intrapersonalnya. Dengan memanfaatkan persona dari influencer yang autentik bagi audiens, mereka membantu menciptakan rasa percaya dan personalisasi. Ini merupakan kunci untuk menciptakan kampanye pemasaran yang efektif dan berdampak.

Kampanye influencer marketing relatif hemat biaya dan lebih organik bagi audiens dan calon konsumen. Data statistik memproyeksikan bahwa terdapat 4,4 miliar orang, akan menggunakan media sosial pada tahun 2025. Sehingga dengan melakukan organic campaign di platform media sosial dengan influencer, pasti akan memaksimalkan jangkauan audiens brand Anda.

Tentukan Goals 

Kunci untuk meluncurkan kampanye influencer marketing yang sukses adalah dengan mengetahui tujuan awal. Meskipun terdapat fitur Instagram ads berbayar, opsi itu tidak selalu tepat bagi produk atau brand spesifik milik Anda. Apa yang membuat influencer marketing sukses bergantung pada dua faktor

Pertama adalah jumlah influencer yang akan diajak berkolaborasi. Jika anggaran Anda cukup besar, maka memungkinkan brand Anda untuk bekerja dengan beberapa influencer, dan dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Semakin besar anggaran Anda, semakin besar pula influencer yang dapat Anda ajak berkolaborasi. Artinya, demografi yang dijangkau akan bervariasi. Sebagai contoh, Nike menggandeng berbagai influencer untuk memberikan awareness tentang hadiah pilihan terbaik bagi atlet saat Natal tiba.

https://www.tiktok.com/@_christmasvibes2_/video/7024357725794487558?is_from_webapp=v1&item_id=7024357725794487558

Dalam kasus ini, influencer dapat menyampaikan pesan terhadap audiens yang merupakan olahragawan, atau memiliki ketertarikan minat dengan olahraga, untuk memilih produk Nike sebagai hadiah Natal mereka.

Kedua adalah menentukan prioritas. Apakah Anda ingin influencer media sosial mempromosikan produk tertentu atau brand Anda secara umum? Apakah Anda ingin menyesuaikan lebih banyak set produk edisi Natal, atau sekadar membuat nama brand Anda diperhatikan oleh calon pelanggan? Melalui kolaborasi bersama influencer yang sesuai dengan minat audiens brand, Anda mampu meningkatkan kepercayaan terhadap audiens. Dilaporkan bahwa 49% konsumen mengandalkan opini influencer sebelum melakukan pembelian, sehingga poin ini sangat penting untuk mendorong penjualan.

Memastikan Niche

Dengan memilih influencer platform yang tepat, influencer marketing merupakan strategi terbaik untuk menyesuaikan kecocokan tema brand bagi sebuah kampanye. Misalnya, jika Anda memasarkan peralatan rumah tangga, brand disarankan untuk berkolaborasi dengan influencer yang bertemakan lifestyle. Karena pengikut mereka akan mewakili target audiens Anda. Namun, menentukan tema influencer yang ingin Anda ajak berkolaborasi adalah tantangan awal. bentuk konten yang direncanakan untuk digunakan, dapat meluncur dengan sukses atau kurang perform ketika kampanye Natal 2022 telah dimulai.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki brand kecantikan, maka bekerja sama dengan beauty influencer untuk kampanye adalah hal yang tepat. Mengatur strategi influencer marketing bagi keperluan kampanye melalui konten media sosial perlu diperhatikan. Hal ini dapat diperlihatkan dari kampanye christmas with maybelline oleh Maybelline. 

@maybelline_de

IT‘S CHRISTMAS TIME @karo.cerni 😍 Was ist euer liebster Look für die Festtage? #maybelline #maybellinechristmas

♬ CHRISTMAS WITH MAYBELLINE – MAYBELLINE NEW YORK

Strategi kampanye ini menargetkan audiens untuk tampil menarik pada momen hari raya Natal dengan produk dari Maybelline. Kampanye christmas with maybelline dapat mengundang partisipasi audiens, dan menghasilkan user generated content dari mengikuti kampanye tersebut, dengan membuat konten make up menggunakan produk maybelline. Hal ini tentunya meningkatkan engagement terhadap Maybelline kepada audiens mereka melalui influencer marketing. 

Lebih lanjut, beauty influencer dapat menyematkan tag brand Anda di postingan mereka, dan membuat halaman Anda mudah dijangkau, serta dapat menggunakan ruang teks untuk memposting deskripsi singkat tentang produk yang Anda iklankan pada kampanye Natal 2022. Lalu, untuk di halaman brand Anda sendiri, Anda dapat menggunakan fitur belanja Instagram, di mana Anda dapat menandai setiap produk untuk dijual melalui tautan ke situs e-commerce

Melalui konten short video, influencer akan mendapat kesempatan untuk mempromosikan produk Anda tanpa membosankan. Kunci keberhasilan kampanye Produk kecantikan adalah dengan menekankan visual. Terlebih lagi ketika musim kampanye Natal tiba. Sehingga konten short video akan menjadi pilihan yang tepat, karena memungkinkan konsumen untuk melihat produk Anda digunakan secara real-time tanpa melihat detail produk.

Memaksimalkan fitur Instagram Stories sangat cocok untuk strategi influencer marketing pada kampanye Natal 2022. Selama Anda bekerja dengan influencer yang memenuhi dua parameter utama, Anda akan memperoleh interaksi target audiens, melalui kampanye dan konten interaktif dari influencer. Artinya, konsumen yang melihat story tersebut akan dengan mudah mengetuk tautan dan menuju ke halaman brand atau produk Anda, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dengan tujuan melakukan pembelian.

Luncurkan Kampanye Terbaik Anda Untuk Natal 2022

Manfaat influencer marketing telah terbukti dengan tingginya. Influencer marketing mampu meningkatkan insight brand pada momen Natal 2022, dengan menghubungkan brand kepada pengikut, sehingga mampu meningkatkan potensi penjualan dan pendapatan brand Anda. Influencer dapat mempromosikan produk Anda dengan cara yang lebih autentik. Ketika konsumen lebih percaya terhadap pendapat influencer yang mereka ikuti, mereka juga akan lebih cenderung percaya kepada brand Anda. Segera luncurkan kampanye Anda bersama LEMON Influencer Platform dengan klik banner di bawah

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign