Semakin Besar Followers Influencer, Semakin Baik Untuk Brand Anda? SALAH!

strategi influencer marketing
Kalau influencer tidak harus berfollowers tinggi, lantas apa yang harus dipertimbangkan? Baca selengkapnya untuk cari tahu

Table of Contents

Maraknya penggunaan media sosial di Indonesia membuat para pebisnis harus mengikuti perkembangan tren dunia digital, khususnya marketing.

Salah satu yang sangat penting adalah penggunaan KOL (Key Opinion Leader) atau Influencer. Strategi influencer marketing ini dapat efektif apabila digunakan dengan benar.

Kita mulai dulu dari Influencer, simple nya Influencer itu adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk dapat meng-influence yang lainnya. Dalam Influencer Marketing, orang-orang tersebut yang memiliki pengaruh besar dapat bekerja sama dengan brand-brand dalam mempromosikan sesuatu. Dan perlu digaris bawahi, seseorang yang memiliki konten niche dan telah mendedikasikan dan malah melibatkan followers nya dalam setiap konten yang diunggah.

Sebelum kita tahu soal strategi jitunya, kita wajib tahu tipe-tipe social media influencers agar kamu bisa memilih influencer yang tepat dan efektif. Karena faktanya, untuk beberapa brand, influencer yang mempunyai followers yang kecil namun niche dan engagement nya lebih tinggi, akan jauh lebih efektif. Berikut tipe-tipenya yang wajib anda catat!

Sebelum membahas tips dan strategi marketing dalam memilih Influencer, Anda harus mengerti apa itu KOL dan Influencer Marketing.

Apa itu KOL dan Influencer Marketing?

ketahui dulu apa itu influencer marketing sebelum menentukan strategi influencer marketing
Source: Photo by Brooke Lark on Unsplash

KOL atau Influencer adalah individu yang sudah memiliki kredibilitas pada bidangnya dan pendapatnya dapat dipercaya oleh masyarakat. Mereka memiliki followers yang setia, sehingga mereka dapat mempengaruhi pertimbangan dan perilaku followers ketika ingin membeli sebuah produk dan jasa.

KOL atau Influencer dapat ditemukan diberbagai platform seperti Instagram, Youtube, TikTok, dan Twitter dengan berbagai bidang seperti beauty, fashion, foodies, dll.

Salah satu Beauty Influencer yang menggunakan platform Instagram (@tasyafarasya) dan Youtube (Tasya Farasya).

beauty influencer Tasya Farasya
Source: Liputan 6

Tips dan Strategi Influencer Marketing

Pilih Platform Sosial Medianya Dulu

Photo by Adem AY on Unsplash

Tidak semua influencer punya pengikut yang sama diberbagai platform media sosial. Memilih platform yang tepat menjadi tips dan strategi influencer marketing yang pertama. Apa gunanya jika influencer yang diincar punya followers ratusan ribu di platform A tapi yang ingin Anda gunakan ada platform B? Anda perlu memahami karakteristik influencer disetiap platform dan menyesuaikan tipe pengguna media sosial dengan target bisnis Anda.

Membuat Brand Guidelines

strategi influencer marketing harus menerapkan brand guidelines
Source: freepik.com

Meskipun KOL atau Influencer yang terpilih memiliki kebebasan dalam membuat konten, Anda harus memiliki brand guidelines agar Influencer dapat mempresentasikan nilai dari bisnis Anda dan mengkomunikasikan pesan yang bisnis Anda ingin sampaikan. 

Brand guidelines adalah pedoman brand yang berisikan elemen desain dan bagaimana pengaplikasian desain tersebut di seluruh media cetak maupun digital. Jika dilakukan dengan benar, brand guidelines dapat memperkuat bisnis Anda di benak para konsumen.

Menentukan Kategori Influencer

menentukan kategori influencer yang paling cocok
Photo by Mateus Campos Felipe on Unsplash

Influencer memiliki tiga kategori berdasarkan jumlah followers nya, yaitu:

  • Mega Influencer : memiliki followers di atas 500.000
  • Macro Influencer : memiliki range followers 100.000 – 500.000
  • Micro Influencer : memiliki range followers 10.000 – 100.000
  • Nano Influencer : memiliki range followers 1.000 – 10.000

Sistem Kerjasama Influencer

Setelah anda menentukan kategori Influencer, Anda perlu menentukan bagaimana sistem kerjasama yang tepat untuk menjalankan marketing campaign. Berikut adalah beberapa ide kerjasama yang dapat anda pertimbangkan.

  • Product review: Anda dapat mengirimkan produk kepada KOL atau Influencer yang sesuai dengan bidang bisnis Anda untuk di review di media sosialnya.
  • Giveaway: cara ini tidak kalah menarik untuk menjangkau pengikut dari KOL atau Influencer yang Anda pilih. Dengan sistem ini, Anda dapat dengan cepat memperkenalkan produk Anda dengan memberikan produk atau layanan gratis.
  • Store visit: Anda dapat mengundang KOL atau Influencer pilihan Anda untuk mendatangi toko Anda.

3R Dalam Influencer

Tiga komponen penting dalam Influencer Marketing yang perlu dipertimbangkan untuk membuat strategi, yaitu Relevance, Reach dan Resonance.

Mengukur keberhasilan Influencer Marketing

mengukur keberhasilan strategi influencer marketing
Source: vectorstock.com

Langkah terakhir yang tidak kalah penting adalah dalam strategi influencer marketing adalah dengan mengukur hasil dari penggunaan Influencer Marketing. Untuk melakukan hal ini, Anda perlu menentukan metrics atau KPI (Key Performance Indicator) bisnis Anda.

Fokus pada metrics-metrics yang diukur dalam melakukan Influencer Marketing, contohnya seperti total engagement. Namun, agar pengukuran sebuah campaign lebih efektif, kamu harus memahami ROI nya.

Anda perlu mengetahui Influencer mana yang memberikan ROI terbaik dan yang memberikan dampak positif bagi bisnis Anda. 

Jika Anda bekerja sama dengan LEMON, setiap performance yang dihasilkan influencer dapat Anda track dengan mudah melalui dashboard platform kami. Dengan begitu Anda tidak perlu mengumpulkan data-data yang terpisah.

Biaya atau Budget Influencer Marketing

tetapkan budget untuk strategi influencer marketing
Source: istockphoto.com

Biaya para influencer berkisar ratusan ribu hingga ratusan juta per posting. Fee influencer biasanya bergantung pada jumlah followers dan kategori atau bidang Influencer tersebut. Semakin tinggi followers nya, maka semakin besar juga rate influencer.

Selain itu, biaya influencer selalu berubah dari tahun ke tahun. Kemungkinan besar fee yang mereka tetapkan di tahun 2021 akan berbeda dengan tahun 2022.

Menentukan budget yang akan Anda keluarkan untuk menggunakan Influencer Marketing sangatlah penting. Mengapa? Hal ini berhubungan dengan perhitungan ROI dari campaign yang Anda jalankan.

Tidak semua Influencer dengan followers banyak dapat menghasilkan ROI yang lebih tinggi dari Influencer dengan followers sedikit. 

Influencer Marketing Platform

Kami yakin keefektifan adalah goals yang ingin anda capai melakukan sebuah strategi Influencer Marketing. LEMON sebagai platform yang menghubungkan antara brands dan influencers siap membantu anda kapanpun ingin memulai mempromosikan brands anda menggunakan influencers.

Anda bisa langsung registrasi sekarang juga di sini sebagai langkah awal untuk membuat strategi Influencer Marketing yang efektif.

Buat strategi Influencer Marketing lebih mudah dengan LEMON yang dimana hanya Buat akun 1 platform, kebutuhan anda akan terpenuhi.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Tips dan Trick Campaign

Dapatkan pekembangan Influencer Marketing terkini untuk bisnis Anda.

Rahasia Campaign Sukses

Tips Campaign Influencer Marketing Sukses hanya di LEMON Influencer Platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit