Selebgram: Definisi dan Cara Memilih Selebgram yang Tepat untuk Campaign 2022

selebgram artinya

Table of Contents

Terlepas dari kepopuleran Instagram sebagai sosia media, Instagram melahirkan banyak lapangan kerja baru yaitu influencer. Seringkali muncul istilah selebgram. Dimana selebgram artinya adalah Seleb Instagram baik dari sosialita, politisi, maupun orang tersohor lainnya.

Ini bukan masalah wajah yang terkenal saja. Namun, seringkali kita juga memiliki rasa bersalah melihat ada seseorang menggunakan barang yang kita idam idamkan, sehingga kita merasa FOMO (Fear of Missing Out) untuk membeli barang yang mereka endorse. Inilah mengapa influencer marketing sangat laku di pasaran.

Tapi kini, yang laku di pasaran dan dikatakan sebagai selebgram adalah orang-orang yang kita rasa kehidupannya ‘normal’, namun berbakat, berhasil membangun citra diri mereka sendiri bahkan hingga ke berbagai sosial media. Kita juga perlu mengetahui apakah selebgram ini bagus untuk brand yang kita bawa? Berapa uang yang perlu kita investasikan? Siapa yang harus kita jadikan sebagai selebgram resmi dari produk kita.

Untuk beberapa brand global seperti Tokopedia dan Shopee bahkan rela menggunakan artis Korea seperti BTS sebagai brand ambassador mereka. Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki budget miliaran atau bahkan triliunan untuk menggunakan artis Korea yang terkenal. Apakah ini tandanya Anda tidak bisa investasi di Influencer marketing?

Micro Influencer sebagai Selebgram Produk

Untuk Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia marketing, mungkin Anda sudah sering mendengar tentang micro-influencer. Micro-influencer ini bisa menjadi selebgram untuk produk Anda karena memiliki engagement rate yang tinggi, terutama untuk di platform Instagram dan Youtube. Apalagi untuk mendukung posting-an dari influencer Mega dan Macro dan memberikan gaung dalam campaign marketing Anda.

https://www.instagram.com/channyanasthasia/

Brand kini sudah mengganti kegiatan marketing mereka semenjak era pandemi dengan merubah keseluruhan kegiatan pemasaran dengan digital. Ini berarti social media menjadi tempat yang sangat ramai bagi Brand-brand untuk bersaing agar produk mereka muncul dan membuat calon customer menjadi aware dengan produk mereka. Inilah mengapa Selebgram sangat potensial. Terutama karena Instagram merupakan ada di peringkat lima teratas sosial media yang seringkali digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Ketika memilih micro-influencer sebagai selebgram produk Anda, rata-rata followers mereka di kisaran 10,000-50,000 sangat engaged dengan audiens mereka dan mengetahui apa yang followers mereka ingin lihat. Namun, Anda juga perlu memilih influencer yang efektif dengan tidak hanya memerhatikan bayaran merka saja dalam membuat konten, namun apakah selebgram ini peduli dengan produk Anda dan bagaimana membuat review produk Anda jujur sesuai dengan yang followers mereka ingin rasakan. Tentu saja impact mereka tidak langsung ke ROI, namun bisa dilihat dari bagaiamana performa engagement mereka di campaign-campaign sebelumnya

Bagimana Jika Macro-Influencer yang Saya Pilih Sebagai Selebgram?

Ketika memilih antara selebgram dengan 10K followers atau dengan 1 juta followers, kuantitas tidak lagi bisa disandingkan dengan kualitas. Nyatanya, kami sudah pernah memberikan report bagaimana penggunaan micro influencers juga bisa menjadi keuntungan seperti di case study beberapa klien kita di sini https://lemon.cm/case-study

Penggunaan macro influencers memang tidak se-spektakuler penggunaan selebriti sinetro dan engagement mereka pun juga tidak setinggi micro-influencers. Namun, macro influencer biasanya merupakan ahli dari bidang mereka tersendiri. Sebut saja, seperti Jovi Adhiguna misalnya yang ahli di bidang fashion dan makeup. Di sinilah yang bisa membuat kolaborasi antara brand dan selebgram menjadi naik kelas karena value Brand dan value influencer sejalan, sehingga konten mereka dapat mengangkat Brand menjadi lebih dikenal.

Memilih Influencer yang Paling Efektif untuk Campaign

Entah Anda ingin bekerjasama dengan micro atau macro Influencer, riset adalah hal yang paling penting untuk mengukur ROI. Anda tidak bisa hanya melihat dari kontennya sekilas. Anda juga perlu melihat secara dala mulai dari engagement, data, dan audiens mereka.

https://www.instagram.com/awkarin/

Mulailah untuk menanyakan ke diri Anda sendiri, audiens seperti apa yang ingin Anda jadikan customer Anda dan di sektor apa. Siapa saja big player-nya? Dan siapa yang paling engaged dengan audiens nya dan yang paling penting, siapa yang paling bisa merepresentasikan antara brand dengan pembawaan mereka ketika review produk.

BACA JUGA: Berbagai Cara Menghitung ROI Influencer Marketing

Percayakan pada Data

Mungkin Anda sudah sering mendengar mengenai “data” dan bagaimana marketer bisa mengetahui bahwa selebgram yang mereka pilih sudah tepat. Namun, dalam influencer marketing, mengerti tentang ata dan engagement akan sangat menentukan campaign Anda.

Salah satu fitur di LEMON Platform dapat menjabarkan berapa engagement yang influencer miliki, terutama ketika di Instagram menyembunyikan jumlah likes postingan mereka. LEMON sudah terpercaya memiliki 700 brand terdaftar dengan 40.000 micro-influencer di beberapa platform seperti selebgram dan TikTok.

Selama campaign, Anda bisa melihat di dashboard secara keseluruhan engagement dari selebgram yang mendaftar ke acampaign Anda, sehingga Anda bisa menentukan sendiri mana influencer yang tepat dan perlu dipilih.

Ketahui Platform Anda

Sosial media berganti sangatlah cepat, mulai dari Instagram yang bergonta-ganti algrotima dan update fitu mereka sehingga membuat user menjadi lebih nyaman. Namun, Anda tidak perlu menjadi seorang ahli dalam menciptakan tren sosial media. Anda perlu menanyakan ke diri Anda sendiri. Tidak hanya pada selebgram saja, bisa jadi Anda ingin memanfaatkan SelebTok.

  1. Bagaimana audiens menggunakan cannel ini?
  2. Apa Bahasa yang digunakan?
  3. Bagaimana influencer membuat konten di platform ini?
  4. Apakah customer saya mengonsumsi konten seperti ini?
  5. Tipe konten seperti apa yang perlu saya buat?

Pastikan Anda aware dengan dengan bagaimana influencer berlaku di platform yang telah Anda targetkan.

Coba Step by Step

Influencer marketing memang hal yang memusingkan, dari mulai banyaknya content creator di laur sana, fake followers, dan memastikan Anda dapat mengembalikan ROI. Lakukan riset Anda dengan baik dan familiarisasi apa yang Anda inginkan dengan influencer Anda apakah itu dari sistema barter atau endorsement.

Anda juga bisa membangun hubungan dengan agency atau ahli di bidang influencer marketing untuk memperbesar kesuksesan Anda di Influencer Marketing. Konklusinya, influencer marketing memiliki impact yang tinggi di keseluruhan strategi marketing Anda dan lebih sukses di ROI, dan membangun hubungan yang baik dengan selebgram, sehingga bisa membuat ROI yang jauh dari target Anda.

Melalui artikel ini, Anda sudah memahami bagaimana cara menghitung ROI influencer marketing. Jika Anda tertarik dengan untuk menjalankan campaign, diskusikan kebutuhan Anda dengan tim kami GRATIS!

Photo by Nguyễn Hiệp on Unsplash

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign