Sebelum kamu tanda tangan, pahami dulu apa itu SKK!

Table of Contents

Accept responsibility for your actions. Be accountable for your results. Take ownership of your mistakes

Hai lemonians! 🍋💛

Bagaimana kabarnya? Masih semangat kan untuk baca seputar info dari lemonblog? Masih dong yaa, karena dimana lagi kalian bisa dapat info-info menarik seputar dunia influencer kalau bukan di lemonblog..

So, minggu ini kita mau bahas terkait dengan Surat Konfirmasi Kerjasama atau SKK!

Untuk kalian yang sudah menjalankan campaign di lemon pasti sudah tidak asing lagi dengan kata SKK kan? 

Ya, jadi setiap campaign di lemon kita memberikan fasilitas kepada para influencer  untuk menandatangani SKK tersebut, fungsi nya buat apa sih? Fungsi nya adalah agar seluruh kerjasama yang dilakukan antara influencer dan lemon itu legal di atas kertas. Tapi terkadang banyak juga influencer yang asal tanda tangan tanpa membaca ulang atau mengkonfirmasi isi dari SKK, hati-hati yaa lemonians karena segala yang tercantum pada SKK harus dipertanggung jawabkan kedepannya!

Memang isi SKK itu ada apa aja sih?

SKK pada lemon sendiri mencangkup,

  1. deskripsi detail berapa banyak scope of work yang harus dilakukan influencer. Contoh satu kali story unboxing dan satu kali posting foto feed. Poin ini bertujuan untuk menjelaskan  kesepakatan kepada influencer apa kewajiban yang mereka harus jalankan. Oleh karena itu jangan lalai dalam menjalankan tugas kamu yaa, jangan sampai kamu hanya posting satu kali story lalu lalai tidak menjalankan posting foto feed bisa jadi kelalaian kamu tersebut akan diminta pertanggung jawaban nantinya.
  2. Kesepakatan jumlah bayaran yang akan kamu terima setelah campaign berakhir. Tidak sedikit campaign di lemon ini juga menawarkan kerjasama dengan fixed payment lemonians. Biasanya SKK yang harus ditandatangani oleh influencer mencangkup jumlah bayaran yang akan diterima beserta dengan waktu kapan tim lemon melakukan pembayaran. 
  3. Denda-denda yang akan diterima influencer jika lalai dalam menjalankan tugas. Jadi tujuan lain lemon menerbitkan SKK disetiap campaign adalah untuk menghindari pembatalan kerjasama dari satu pihak. Bisa saja influencer mangkir dalam menjalankan tugas lalu hilang begitu saja. Nah di SKK sudah tercantum beberapa denda yang akan diterima bagi siapa saja yang melanggar kewajibannya. Jika campaign bersifat produk barter maka denda nya adalah influencer wajib mengembalikan produk. Lalu jika campaign bersifat fixed payment maka influencer akan menerima denda dengan cara pemotongan fee. Hal-hal tersebut dilakukan untuk menghindari pemberhentian sepihak di dalam kerjasama tersebut.
  4. Data diri influencer yang meliputi nama, alamat, KTP, nomor telepon,  dan nomor rekening. Mungkin buat kamu yang baru pertama kali menerima SKK berpikir “aduuh itu kan personal kak, ga mau ah ribet!”. Etttts, tunggu dulu. Kira-kira kenapa sih perlu data diri tersebut kamu isi pada SKK? Kembali lagi SKK ini diterbitkan agar segala aktivitas kerjasama tersebut legal di atas kertas dan kita ingin semua transparan jadi sangat diperlukan data diri kamu. Dan tenang saja semua aman kita arsipkan. Selain itu juga bisa sebagai bukti bahwa kamu dengan nama, alamat, dan KTP demikian sudah menyetujui kerjasama dengan lemon.

Itu dia lemonians, isi dari SKK atau Surat Konfirmasi Kerjasama. So, ga usah ragu lagi untuk daftar campaign-campaign menarik di lemon yaa. Karena semua yang akan kamu kerjakan itu legal. Tidak cuman itu saja, dengan ada nya SKK kamu pun jadi belajar untuk bisa bertanggung jawab dalam menyelesaikan kerjasama tersebut hingga tuntas. Nah aku mau tanya nih, setelah kamu baca-baca apa aja isi SKK dan fungsi nya. Menurut kamu penting ga sih SKK itu? Komen di bawah yaa!

Sekian lemonblog kali ini, sampai bertemu di lemonblog selanjutnya! 🍋💛

sources cover : https://www.shutterstock.com/es/video/clip-400780-signing-contract

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign