Salah Satu Cara Meningkatkan Engagement Dengan Melakukan, Giveaway!

Table of Contents

Recognize that every interaction you have is an opportunity to make positive impact on others

Shep Hyken

Tahukah kalian apa itu engagement?

Engagement merupakan sebuah angka yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur sebuah akun Instagram, dengan melihat seberapa besar interaksi yang dilakukan oleh followers baik yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Interaksi di Instagram dapat dilihat melalui beberapa hal seperti jumlah Likes, Views, Comments, Share dan juga Saved. Elemen-elemen inilah yang dapat mempengaruhi secara langsung pertumbuhan akun Instagram kamu. 

Pada umumnya, tidak sedikit brand mempertimbangkan engagement rate dari tiap influencer yang akan mereka pilih untuk mempromosikan produk mereka. Oleh karena itu, bagi para influencer engagement rate sangatlah penting agar mereka dapat bekerjasama dengan brand-brand tersebut. Tahukah kalian faktanya ketika followers naik terkadang engagement menurun? Apakah dari lemonians juga ada yang merasakan hal tersebut? Hal itu wajar terjadi lemonians, jadi ga perlu khawatir. Namun ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga angka engagement agar tetap stabil. Salah satunya adalah dengan melakukan GIVEAWAY!

Penjelasan Giveaway

Giveaway sendiri diambil dari kata dalam bahasa inggris yang berarti memberikan secara gratis. Giveaway sendiri sekarang tengah ramai dilakukan oleh para pebisnis dan juga artis, pasalnya giveaway merupakan salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan engagement kamu dalam waktu cepat. Bagi pebisnis, giveaway dilakukan sebagai salah satu trik untuk memasarkan produk nya dengan menarik masa yang cukup besar dalam waktu singkat. 

Sedangkan untuk influencer, giveaway dapat dilakukan sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan engagement rate dan promosi akun Instagram mereka ke masyarakat yang belum menjadi followers nya.

Biasanya giveaway dilakukan dengan beberapa cara, seperti follow akun, memberikan komentar, sampai repost foto. Selanjutnya kamu cukup menyiapkan hadiah kecil-kecil an untuk kamu bagikan nantinya kepada para pemenang. Jika kamu tidak memiliki barang untuk dibagikan kamu bisa memulai giveaway dari hal-hal kecil seperti bagi-bagi pulsa atau transfer uang digital. Buatlah syarat yang sederhana dan mudah dilakukan, jadikan giveaway pertama kamu sebagai modal awal kamu di dunia sosial media. Atau giveaway dapat kamu lakukan untuk memeriahkan event tertentu seperti di hari ulang tahun, pencapaian 10k followers, dll. 

Keterkaitan antara giveaway dan engagement rate

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa giveaway merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan engagement rate bahkan followers. Giveaway dapat kamu sesuaikan dengan tujuan awal kamu ingin mengadakan giveaway ini. Jika untuk menambah jumlah followers maka kamu bisa memasukan syarat untuk follow akun kamu. Namun jika kamu ingin meningkatkan engagement rate maka salah satu syarat giveaway nya adalah dengan melakukan like dan komen pada postingan tertentu. 

Sudah tahu campaign di Lemon yang satu ini?

Campaign L’OREAL Paris ini mengajak para KOL Lemon untuk mengadakan giveaway dimana produk nya disponsori langsung oleh L’OREAL Paris. Syarat dari giveaway ini terbilang cukup mudah, dimana kalian cukup regram/repost postingan KOL Lemon di feeds sebanyak-banyaknya. Dan tahukah kalian bahwa campaign ini menarik banyak peserta, kurang lebih dalam waktu dua minggu sudah terdaftar 12 ribu partisipan. Hal ini tentunya memberikan keuntungan bagi brand dalam mempromosikan produknya. Dan juga disisi lain, influencer mendapatkan keuntungan dari bertambahnya jumlah followers hingga meningkatnya engagement rate mereka.Seperti salah satu influencer lemon kita yang beruntung dapat mengikuti campaign tersebut adalah, Regina Bundiarti. Jumlah followers regina bertambah kurang lebih 500 followers. Selain itu engagement rate nya pun juga bertambah dari yang semula 2.26% menjadi 3.63%.

BACA JUGA : Tips Meningkatkan Jumlah Followers (dan Engagement Rate) ala Lemon

Apakah kamu tertarik juga untuk mengadakan giveaway? Jika kamu tertarik untuk mengadakan giveaway kira-kira apa yang akan kamu rayakan dan apa hadiahnya, bisa langsung tulis komen di bawah ini ya. Pasalnya ada pepatah yang mengatakan, tulislah semua impianmu sampai itu jadi kenyataan. Selamat mencoba lemonians!

Source cover : https://www.wallpaperflare.com/pile-of-gift-boxes-wallpaper-25414

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign