Ketahui Potensi Audio di TikTok sebagai Strategi Influencer Marketing

Pertahankan engagement rate terhadap audiens, dengan memanfaatkan tren Audio TikTok sebagai identitas brand Anda

Table of Contents

Berbeda dari platform lainnya, TikTok telah berulang kali menginformasikan bahwa sound atau lagu sangat penting untuk penggunaan konten video di TikTok terhadap pengalaman pengguna. Karena terdapat berbagai jenis konten yang ada di TikTok, ternyata lagu yang sedang tren juga sama pentingnya dengan visual konten. Hal ini membuat potensi Audio di TikTok bisa menjadi strategi marketing buat brand  

TikTok sendiri juga telah menegaskan bahwa penting bagi brand untuk memaksimalkan penggunaan lagu dalam kampanye mereka. Menurut informasi data yang telah dikumpulkan oleh TikTok, terdapat 9 dari 10 user menganggap suara dan lagu sebagai hal yang penting untuk pengalaman mereka menikmati konten di TikTok. 

Khususnya untuk brand, audio khas dari brand bikin audiens lebih mudah mengingat dan engage sehingga disarankan untuk memanfaatkannya dalam campaign. Bahkan lebih baik dibandingkan dengan elemen lain seperti slogan dan logo. 

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Kombinasi Audio dan Influencer Marketing

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan::

Seperti apa suara brand Anda?

Apakah brand Anda memanfaatkan suara secara strategis?

Bagaimana brand Anda dapat memanfaatkan suara di TikTok?Karena, audio adalah salah satu elemen branding yang sama pentingnya dengan konten visual, Anda Pun perlu memperhatikan hal-hal di atas.Pada artikel ini, LEMON telah menguraikan beberapa cara agar Anda dapat memaksimalkan branding audio dengan influencer marketing.

Photo by: luisanm on Freepik

Trend

Perhatikan bagaimana audio menyebar di TikTok dan menjadi viral.sehingga dapat digunakan oleh brand, influencer, hingga audiens. Beberapa tren dapat dimulai dari pengganti suara yang telah berulang kali digunakan, hingga terbentuk audio dengan versi studio rekaman yang lebih bagus. Anda dapat melihat laman for your page untuk menemukan audio yang sedang tren.

Musik

Pilih musik yang sesuai dengan narasi brand karena musik bisa mengatur suasana hati audiens dan ritme pada konten video. Anda dapat membuat audio yang benar-benar baru untuk memperkuat branding, atau melisensikan lagu yang sedang tren menjadi untuk branding konten anda. Terdapat berbagai opsi yang dapat disesuaikan dengan keperluan kampanye.

Narasi

Narasi memungkinkan pengguna untuk mengikuti aktivitas pada video, atau menambahkan suara yang relevan dengan konten tersebut. Setelah mengambil dan menyimpan draft footage Anda di aplikasi TikTok, langkah selanjutnya adalah menambahkan narasi dengan memilih opsi ‘Voiceover‘ untuk digunakan sebagai influencer marketing. Anda juga dapat melakukan personalisasi audio menggunakan narasi, dengan memaksimalkan strategi influencer marketing sehingga audiens akan familiar terhadap brand Anda. 

Teks

Menambahkan teks berfungsi untuk menyampaikan pesan pokok pada  konten TikTok, agar video Anda dapat dipahami dan juga dapat membantu target audiens yang tidak dapat mendengarkan.

Kedengarannya sederhana namun memaksimalkan audio dapat memperkuat jangkauan konten video pada TikTok. Saat Anda memposting video dengan audio asli, memungkinkan audiens untuk dapat menggunakan audio yang sama untuk kreasi video mereka sendiri. 

Dengan memahami tentang bagaimana suara atau tindakan yang menyertai dalam konten video di TikTok, brand Anda dapat menarik orang untuk bergabung dan memposting versi mereka sendiri. Suara yang menjadi viral dapat membawa merek Anda ke hadapan audiens yang lebih luas.

Beberapa pertimbangan utama dalam influencer marketing dalam pendekatan branding di TikTok, adalah karena akan terdapat lebih banyak brand yang akan menggunakan TikTok ke dalam jaringan pemasaran digital mereka pada tahun 2023. Dengan aplikasi yang berada di jalur yang tepat untuk menjangkau 1,5 miliar pengguna, penting bahwa jika Anda ingin tampil menonjol di mata pengguna TikTok, untuk mempertimbangkan audio termasuk elemen yang menjadikan brand sebagai pilihan top of mind oleh audiens.

Tertarik buat bikin brand Anda jadi viral pakai audio tapi bingung cari influencer yang tepat? Segera daftarkan brand Anda LEMON Influencer Platform untuk terhubung dengan ribuan influencer terbaik dengan klik banner di bawah!

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign