Kupas Tuntas Perbedaan Influencer, Brand Advocate dan Brand Ambassador

cover-article-perbedaan-influencer-brand-advocate-dan-brand-ambassador
Seringnya terdengar istilah influencer, brand advocate, dan brand ambassador membuat sejumlah brand bingung apa perbedaannya. Mari kita kupas tuntas.

Table of Contents

 

Anda pasti sering mendengar istilah influencer, brand advocate dan brand ambassador yang dipercaya dapat meningkatkan eksistensi Anda. Namun, apakah Anda tau perbedaan dari ketiganya?

Walaupun ketiganya sama-sama mempromosikan produk, tapi terdapat beberapa hal yang menjadi faktor pembeda. 

Melalui artikel ini, LEMON ingin mengupas tuntas perbedaan influencer, brand advocate dan brand ambassador.

Influencer 

contoh penggunaa influencer untuk perbedaan brand advocate, brand ambassador dan influencer.

 

Photo by @valensiapriska‘s Instagram

Influencer adalah pengguna sosial media yang mempromosikan produk di bawah naungan brand Anda dan dengan imbalan. Mereka adalah pengguna yang memiliki sejumlah followers dengan minimal 1.000 untuk dikategorikan sebagai influencer

Campaign yang dilakukan oleh influencer memiliki scope-of-work lebih simple dengan jangka yang pendek. SOW pun dilakukan di sosial media selama berjalannya campaign untuk menargetkan audiens dari followers yang dimiliki. Platform yang digunakan tidak terbatas di Instagram, namun juga TikTok, Twitter, Youtube hingga Blogspot.

Contoh penggunaan Influencer:

Brand Advocate

Brand advocate adalah konsumen yang aktif menceritakan produk Anda berdasarkan kepuasan yang dialami tanpa imbalan. Umumnya, pelanggan setia yang terus membeli produk Anda secara berulang memiliki potensi untuk melakukan hal ini. Namun, bukan berarti brand advocate adalah hanya membicarakan keunggulan produk saja. 

Anda pasti terus lakukan perubahan yang terjadi pada periode-periode tertentu untuk meningkatkan kualitas produk. Pelanggan loyal ini menjadi saksi mata perubahan yang terjadi, sehingga mereka tentu memiliki sudut pandang dari sisi konsumen tentang kelebihan dan kekurangan Anda.

Dengan begitu, brand advocate adalah sumber evaluasi untuk tetap menjaga kualitas produk hingga kepuasan konsumen. Tentu Anda ingin melakukan yang terbaik untuk konsumen, kan? 

Ringkasnya, brand advocate adalah konsumen paling loyal yang dengan senang hati membicarakan Anda terus menerus sesuai pengetahuan mereka tentang produk berdasarkan pengalaman yang dialami. Dan poin-poin yang disampaikan brand advocate adalah sumber yang dapat membantu Anda tetap berkembang!

Brand Ambassador

illustrasi brand ambassador

 

Photo by Deposit Photos

Berbeda dengan advokasi yang berasal dari pelanggan setia, brand ambassador adalah seseorang yang Anda pilih untuk mewakilkan brand Anda dalam mempromosikan dan meningkatkan brand awareness secara positif. 

Brand ambassador pilihan Anda tidak dapat bekerjasama dengan brand lain dalam rentang waktu lebih panjang seperti 1 hingga 5 tahun. Kata lainnya, brand ambassador adalah seseorang yang akan secara eksklusif promosikan produk Anda. Image personal seorang brand ambassador akan sangat mempengaruhi citra brand di mata konsumen.

Mungkin Anda melihat kemiripan antara influencer dan brand ambassador. Namun, berbeda dengan influencer yang hanya berfokus pada sosial media, brand ambassador mencangkup platform lebih luas seperti offline campaign, community engagement, bahkan CSR.

Misalnya, jika Anda pergi ke eyewear store, mungkin Anda akan melihat beberapa foto selebriti menjadi display untuk sebuah brand. Selebriti tersebut menjadi brand ambassador sebagai jati diri brand tersebut. 

Perbedaan Influencer, Brand Advocate dan Brand Ambassador

 InfluencerBrand AdvocateBrand Ambassador
Media PromosiOnlineOffline dan OnlineOffline dan Online
Jangka Waktu KerjasamaJangka Pendek, hanya mempromosikan brand Anda satu atau dua kaliJangka panjang, tergantung dari seberapa puas dan loyal dengan produk AndaJangka Panjang
PembayaranDengan imbalan yang dapat berupa produk, potongan harga, atau feeBisa bekerja dengan brand favoritnya sudah sebuah imbalan yang besarImbalan berupa fee sesuai jangka waktu. Misalkan perbulan dan seterusnya
Hubungan dengan AndaBelum pernah menggunakan produk AndaLoyal dan fanatik dengan brandMenyukai produk Anda
Source: Referral Rock

Siapa yang Paling Penting untuk Bisnis?

Influencer, Brand Advocate dan Brand Ambassador, mana yang lebih penting?

Ketiga kategori ini mampu memberikan efek yang bagus untuk perkembangan bisnis Anda. Namun, Anda pasti sering bertanya siapa di antara mereka yang paling penting untuk Anda.

Sebagai brand ketiga kategori ini harus Anda pertimbangakan keberadaannya. Dan mengkombinasikan ketiganya akan lebih memberikan hasil yang maksimal. 

Misalnya, brand advocate seperti yang sudah dijelaskan di atas adalah pelanggan yang loyal. Ini kembali lagi ke produk dan bisnis Anda, bagaimana Anda mendapat pelanggan setia yang dengan sendirinya mempromosikan produk Anda? Maka, pertanyaan yang seharusnya ditanya adalah, bagaimana? 

Bagaimana Anda bisa mendapatkan konsumen yang loyal kepada Anda?

Influencer dengan kemampuan dalam mempengaruhi opini dari suatu topik yang dibincangkan dapat meningkatkan loyalty konsumen Anda. Influencer akan mendorong audiens untuk mencoba produk Anda. 93% pelanggan membaca ulasan online sebelum melakukan pembelian.

Kombinasikan influencer dan brand ambassador. Anda bisa menggandeng keduanya untuk memberikan brand awareness lebih luas ke pasar. 

Kerjasama dengan LEMON untuk menemukan influencer yang cocok dengan kriteria dan jati diri brand Anda. Jika Anda tertarik, klik link ini dan jadwalkan konsultasi untuk kebutuhan bisnis Anda untuk influencer marketing atau klik banner di bawah untuk pelajari lebih lanjut.

banner cta make smarter investment on influencer marketing start from Rp10juta pick up 100 influencers monitor your campaign and generate more word of mouth

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign