Perbedaan Celebrity Endorsements vs. Influencer Marketing

“Kalau kita endorse Influencers dan selebriti itu bukannya sama saja ya?”Walaupun mereka terlihat sama, Celebrity Endorsements dan Influencer Marketing adalah dua strategi marketing yang berbeda loh. Tapi beda dalam hal apa dan mana yang lebih efektif? Baca selengkapnya di artikel ini.

Table of Contents

Saat mempromosikan suatu produk atau layanan, para brands akan selalu mencari cara baru untuk menarik perhatian calon konsumen mereka. Karena iklan tradisional bukanlah saluran yang paling efektif saat ini, pemasar dan brands kini lebih fokus pada strategi marketing baru yang menggunakan media sosial. Saat ini, pastinya kita sangat sering melihat berbagai selebritis dan influencer media sosial mereview dan merekomendasikan produk atau layanan tertentu di akun media sosial pribadi mereka. Meskipun apa yang mereka lakukan di akun mereka terlihat sama saja, para brands tetap harus memahami bahwa influencer dan selebriti dapat mempengaruhi audiens mereka dengan cara yang berbeda, yang pada akhirnya akan menghasilkan hasil marketing yang berbeda.

Celebrity Endorsements

Ketika selebriti favorit Anda mempromosikan sebuah produk, apakah Anda akan tergiur untuk membelinya? Kebanyakan besar orang pastinya akan menjawab iya. Tapi ketika dipikir lagi, apakah kita ingin membelinya karena memang tertarik dengan produknya atau karena ingin sama seperti idola favorit kita? Nah ini baru namanya celebrity endorsements. Celebrity Endorsements adalah strategi yang menggunakan ketenaran seorang selebriti untuk membuat konsumen tertarik dengan suatu brand atau produk. 

Pros (+):
  1. Selebriti memiliki kekuatan BESAR atas fans nya
  2. Selebriti mampu menjangkau audiens yang lebih besar dan luas
  3. Bisa meningkatkan boost brand image

Walaupun strategi ini memang cara yang cepat untuk meningkatkan brand dan product awareness ke publik, strategi ini juga berisiko tinggi karena image brand Anda akan sangat mengikat dengan image selebriti yang Anda pilih. Selain itu, harus diingat juga bahwa biaya untuk ini SANGAT tinggi karena ada banyak biaya tambahan yang menyertainya. 

Influencer Marketing

Punya budget minim tapi mau menghasilkan hasil yang tetap bikin hati happy? Anda bisa coba dan explore strategi Influencer Marketing!

Beda dengan Celebrity Endorsements, Influencer Marketing membuat word-of-mouth advertising atau “buzz” dengan bantuan orang-orang terpercaya di lingkaran-lingkaran tertentu. Biasanya, mereka juga dikenal sebagai “content creators” karena kebanyakan konten yang mereka posting adalah hasil karya mereka sendiri. Dengan ini, konten mereka tidak hanya dilihat lebih autentik, tapi juga bisa disesuaikan dengan tipe dan format konten yang diminati audiens mereka.

Pros (+):
  1. Lebih sering berinteraksi dengan audiens mereka (higher engagement rate)
  2. Audiens nya lebih targeted dan spesifik
  3. Punya expertise masing-masing = lebih kredibel, autentik & terpercaya
  4. Lebih cost-friendly

Namun, Anda harus ingat bahwa kunci dari kesuksesan strategi ini adalah pilihan influencers brand Anda. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pastikan brand Anda memilih influencers yang kriteria nya relevan dan sesuai dengan produk ataupun brand yang sedang Anda promosikan. 

“Tapi agar tahu seorang influencer tepat dengan
brand atau produk saya gimana ya?”
“Yang harus diperhatikan apa aja sih?”
“Rahasia suksesnya apa lagi?”

Untuk mempelajari tips, trik, dan rahasia sukses lainnya dari Influencer Marketing, yuk langsung baca e-book kami dengan klik link di sini!

Kesimpulan

Dari tipe konten, jumlah followers, biaya, dan interaksi nya, kita sudah bisa melihat bahwa Celebrity Endorsements dan Influencer Marketing adalah dua strategi marketing yang berbeda. Namun, keputusan tentang strategi marketing yang akan diambil akan bergantung pada brand nya sendiri. Untuk memberikan hasil terbaik, pastikan bahwa strategi yang Anda pilih sesuai dengan budget dan goals brand Anda.

Punya pertanyaan lainnya seputar topik ini? Silahkan tanyakan di kolom komen.
Ingin menguasai influencer marketing sebelum memulai dengan influencer, kamu bisa download Ebook di sini https://lemon.cm/training.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign