Nano Influencer: Definisi, dan Cara Menemukannya

nano influencer adalah
Bukan hanya bicara tentang budget yang lebih terjangkau, nano influencer adalah kol yang punya pengaruh besar untuk influencer marketing campaign

Table of Contents

Nano influencer adalah kol yang dikenal lebih terjangkau dibandingkan dengan kategori lainnya. 

Influencer marketing adalah cara dalam memperluas jangkauan di sosial media melalui endorsement atau produk barter. Tetapi sementara influencer marketing terus membanggakan cara meningkatkan ROI, biayanya bisa menjadi sangat tinggi. Terutama jika menyangkut influencer tingkat macro, mega dan selebritas.

Apa Itu Nano Influencer

Nano influencer adalah mereka yang memiliki followers mulai dari 1.000 hingga 10.000.

Nano influencer adalah mereka yang memiliki followers mulai dari 1.000 hingga 10.000. Biasanya, nano influencer adalah individu yang cenderung memiliki engagament yang tinggi meskipun followers-nya terbilang tidak begitu banyak. Namun, konten yang mereka bagikan biasanya sudah diketahui oleh komunitas kecil mereka dan dari pengalaman atau kegiatan dalam bidangnya sehari-hari yang disukai oleh audiens. 

Memiliki jumlah audiens yang kecil mempermudah nano influencer untuk berinteraksi 2 arah. Sehingga, pesan yang disampaikan akan diterima oleh pengikut mereka dengan lebih mudah. 

Nano influencer adalah salah satu cara untuk memberikan kesan autentik seputar produk atau jasa yang akan dipromosikan. 

Untuk para pelaku usaha yang baru mau mulai berbisnis, namun punya budget tidak begitu besar atau memiliki segmentasi tertentu, nano influencer akan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda! 

Selain konten yang diberikan sudah memiliki selling point, harga yang ditawarkan oleh nano influencer adalah harga yang sangat terjangkau. Bahkan biasanya mereka pun menerima barter value dengan produk atau jasa yang ingin dipasarkan. Sehingga mereka memberikan potensi yang bagus untuk bisnis dengan budget minim atau bisnis dengan segmentasi tertentu.

Berbagai Jenis Nano Influencer

2 jenis nano influencer adalah native dan non-native

Terdapat 2 jenis nano influencer:

  1. Native nano influencer

Native nano influencer adalah mereka yang merintis karir sebagai influencer dari nol. 

Namun, mereka terus membuat konten yang berkualitas sehingga bisa membangun komunitasnya sendiri.

  1. Non-native nano influencer

Non-native nano influencer adalah individu yang memiliki privilage akan ketenaran yang sudah dimiliki. 

Biasanya, jenis ini yang paling sering diincar brand. 

Keuntungan Brand Bekerjasama dengan Nano Influencer

keuntungan menggunakan nano influencer adalah
Photo by Unsplash

Bukan cuma sekedar data insight, namun nano influencer memang punya tingkat keterlebitan yang tinggi dengan audiens. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jumlah pengikut yang sedikit membuat nano kol lebih mudah berinteraksi dengan followersnya.

  • Nano influencer adalah teman

Sebagai teman, Anda mungkin akan dipercaya oleh network Anda. Begitu pula nano influencer. Mereka terbilang relate dan relevan karena memiliki koneksi yang real sebagai seorang teman. 

  • Influencer pemula yang ingin menjadi bagian Anda tumbuh dan berkembang

Keuntungan lainnya dalam bekerjasama dengan nano influencer adalah, mereka terbilang seperti fans yang siap untuk menjadi bagian Anda tumbuh. Dengan merekrut fans, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan konten yang otentik menggambarkan bagaimana mereka menyukai Anda.

Cara Menemukan Nano Influencer

Cara setiap Anda menemukan nano influencer berbeda, namun punya langkah dasar yang sama.

Jalan lebih mudah temukan nano influencer adalah dengan LEMON. Anda bisa rekrut ratusan micro influencer untuk promosikan produk Anda. LEMON memiliki 39.000++ nano influencer yang terdaftar dan siap membantu campaign Anda. 

Anda hanya tinggal membuat campaign yang sesuai dengan ide brilian Anda.

Jadi, apakah Anda memilih untuk bekerja dengan influencer terkenal atau nano influencer yang sedang naik daun, Anda dijamin akan tetap mendapatkan hasil yang bagus dan hasil yang jauh lebih baik daripada metode tradisional lainnya.

Sebagai yang dipercaya atas rekomendasi dalam komunitasnya, nano influencer adalah cara yang bagus bahkan bagi bisnis kecil untuk terhubung dengan orang biasa dan mempromosikan produk di berbagai saluran media sosial.

Influencer dari semua ukuran terus menjadi bagian penting untuk banyak brand dan jika Anda belum melakukannya, Anda harus segera mempertimbangkan untuk perkembangan bisnis dan brand Anda.

cara menemukan nano influencer adalah dengan LEMON Influencer Platform

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign