Micro Influencer: Everyday People Untuk Kerjasama Marketing

micro-influencer-adalah
Ada lonjakan yang terjadi dalam keyword influencer marketing belakangan ini. Tetapi micro influencer adalah jenis atau kategori yang mencuri perhatian

Table of Contents

Micro influencer adalah istilah yang sering didengar, namun beberapa orang belum mengerti artinya. Melalui article ini LEMON ingin mengajak Anda berkenalan lebih jauh tentang apa itu micro influencer.

Apa Itu Micro Influencer?

Apa itu micro influencer?

Micro influencer adalah orang biasa namun memiliki jumlah followers lebih banyak dari normal, namun lebih kecil dari selebriti. Disebut sebagai micro kol yang berarti punya pengikut 10.000 – 100.000.

Banyak yang punya pemahaman kalau micro influencer mempromosikan produk berdasarkan expertise dan interest. Menurut LEMON, micro influencer adalah mereka yang tidak expert dibidangnya, tapi memiliki ketertarikan topik tertentu yang sangat tinggi. 

Keuntungan Brand Bekerjasama dengan Micro Influencer

Keuntungan bekerjasama dengan micro influencer adalah

Engagement

Jika reach yang menjadi fokus campaign Anda, mungkin Anda tidak terpikir untuk bekerja sama dengan micro influencer. Salah satu keuntungan micro influencer adalah jumlah interaksinya yang tinggi. Yaitu, likes, comments, dan shares. 

Micro kol mungkin memiliki interaksi yang lebih sering dan tulus dengan audiens, karena sebagian besar adalah teman atau kenalan. Atau mungkin mereka semua memiliki minat yang sama.

Engagement juga bisa dijadikan alat ukur ROI influencer marketing Anda.

menghitung roi micro influencer adalah dengan engagement

Deliver Hasil yang Lebih Baik

Faktanya, dengan jumlah engagement yang lebih baik, otomatis memberikan hasil yang lebih baik lagi. Dengan audiens berinteraksi dengan konten yang mereka unggah, hal tersebut menunjukan adanya ketertarikan dengan Anda.

Relevansi

Sekarang ini, konsumen sudah mulai menginginkan rekomendasi, bukan lagi product placement atau paid endorsement. 

Seperti yang sudah di mention di atas, followers dari micro influencer merupakan teman, kerabat atau keluarga. Bahkan jauh sebelum merambah dunia perkontenan mereka sudah mulai merekomendasikan sesuatu satu sama lainnya.

Just like you, and your friends.

Budget Lebih Ramah Kantong

Jika berbicara tentang biaya yang lebih ramah, nano dan micro influencer adalah pemenangnya. Sebagai bisnis owner dan marketer, LEMON yakin Anda memiliki perhitungan biaya yang harus dialokasikan ke berbagai hal.

Let’s say budget quarter Anda cukup untuk menggunakan 1 atau 2 mega influencer dalam 1 kali post. Namun, total biaya tersebut bisa juga digunakan untuk 10-100 micro influencer. 

Jadi, sebarkan jaring Anda lebih jauh, dapatkan jangkauan yang lebih luas dengan engagement yang lebih baik di berbagai audiens yang berbeda.

micro influencer adalah yang paling dicari brand dan terbilang paling optimal

Bagaimana Cara Menemukan Micro Influencer?

Jika Anda tertarik untuk mencari micro influencer untuk promosi, Anda punya 2 pilihan:

  1. Sisihkan waktu beberapa jam dalam beberapa hari untuk scrolling media sosial.  Telusuri semua hashtag yang sekiranya selaras dengan brand niche Anda. 

Atau…

  1. Cara yang lebih mudah menemukan micro influencer dengan LEMON. Anda bisa rekrut ratusan micro influencer untuk promosikan produk Anda. LEMON memiliki 39.000++ micro influencer yang terdaftar dan siap membantu campaign Anda. 

Anda hanya tinggal membuat campaign yang sesuai dengan ide brilian Anda.

Jadi, apakah Anda memilih untuk bekerja dengan influencer terkenal atau micro influencer yang sedang naik daun, Anda dijamin akan tetap mendapatkan hasil yang bagus dan hasil yang jauh lebih baik daripada metode tradisional lainnya.

Sebagai yang dipercaya atas rekomendasi dalam komunitasnya, micro influencer adalah cara yang bagus bahkan bagi bisnis kecil untuk terhubung dengan orang biasa dan mempromosikan produk di berbagai saluran media sosial.

Influencer dari semua ukuran terus menjadi bagian penting untuk banyak brand dan jika Anda belum melakukannya, Anda harus segera mempertimbangkan untuk perkembangan bisnis dan brand Anda.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign