Tips Cari Influencer yang Tepat untuk Bisnis Anda

Tidak semua influencer cocok untuk memasarkan semua jenis bisnis. Lalu, bagaimana cara cari influencer yang tepat untuk Anda?

Table of Contents

Siapapun bisa jadi seorang influencer saat ini, namun tidak semua cocok untuk memasarkan semua jenis bisnis. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki, semakin mudah bagi kita untuk menghadapi tugas. Meski demikian, akan selalu ada ‘gap’ ketika dihadapkan pada tugas serupa namun di area yang berbeda. 

Sebuah agensi yang berfokus dalam bidang kecantikan mendapat klien yang meminta mereka untuk menyediakan influencer dengan kategori home decor. Portfolio yang telah dibangun sejak lama oleh agensi tersebut tidak dapat digunakan sepenuhnya dalam kasus ini karena adanya perbedaan spesialisasi.

Begitupun seorang influencer. Misalnya, seorang influencer yang memiliki ketertarikan dan telah lama berkecimpung di dunia kuliner mendapat klien yang memintanya untuk memasarkan produk kecantikan.

Mungkin pekerjaan mengulas produk dari sebuah brand memang sudah lama ia tekuni. Namun ketika dihadapkan pada produk yang berbeda, tentu hasil ulasannya kurang maksimal —bahkan mungkin tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap bisnis tersebut, bukan?

Lalu, bagaimana cara mencari influencer yang tepat untuk Anda?

Mencarinya secara manual

Metode paling dasar untuk mencari influencer yang tepat untuk Anda adalah dengan mencarinya secara manual melalui :

  • Google
cara cari influencer indonesia untuk bisnis Anda
Source: https://www.freepik.com/

Cukup buka Google dan memasukkan keyword seperti “rekomendasi influencer untuk kecantikan” atau “cara mencari influencer yang tepat”, maka Anda akan menemukan list influencer terkait dan beragam jenis influencer dari berbagai situs, mulai dari nano hingga macro influencer.

Namun, cara ini cenderung menimbulkan sifat bias dan kurang memberi gambaran secara menyeluruh karena artikel dengan daftar influencer yang sama akan memenuhi hasil pencarian Anda.

  • Instagram Hashtag

Jika Anda sudah mengetahui kata kunci atau hashtag yang paling sering digunakan orang untuk menemukan bisnis Anda, maka gunakanlah hashtag tersebut dalam pencarian Instagram Anda. Perlu diketahui bahwa cara ini agak tricky, karena tidak semua pembuat konten menggunakan hashtag atau tidak menggunakannya dengan tepat.

Terkadang pemilik bisnis dengan produk berbeda —bahkan sangat berbeda— menggunakan hashtag yang berlawanan demi meningkatkan peluang agar bisnisnya dilirik oleh lebih banyak pengguna media sosial.

  • Mencari lokasi untuk bisnis lokal
Cara mencari influencer untuk bisnis Anda
Source: https://www.freepik.com/

Sesuaikan dengan jenis bisnis Anda dan pahami target audiens dengan jelas. Misalnya, Anda adalah seorang pemilik toko kue dan mencari hotel untuk melakukan promosi. Meski begitu, Anda perlu tahu lebih dulu siapa target audiens Anda dan perlu diingat bahwa tidak semua orang menentukan lokasinya.

Artinya, ada kemungkinan bahwa nano influencer yang memiliki daya influence yang tinggi bisa saja berada sangat dekat dengan Anda, tetapi Anda tidak dapat menemukannya dengan metode ini.

Baca juga: 3 Cara Kerjasama Influencer Untuk Mengoptimalkan Campaign

  • Berlangganan niche influencer

Umumnya setelah Anda mengikuti seseorang, Instagram akan mengarahkan Anda kepada rekomendasi seseorang untuk diikuti. Kelemahannya adalah rekomendasi yang diberikan ini tidak hanya berdasarkan influencer yang Anda ikuti, tetapi juga berdasarkan aktivitas akun Anda sendiri. 

  • Belajar dari kompetitor
cari influencer
Source: https://www.freepik.com/

Pelajarilah cara kompetitor Anda memasang iklan, kunjungi profil Instagram mereka dan lihat kolom tagged. Jadikanlah ini sebagai bahan evaluasi untuk menyusun strategi pemasaran Anda selanjutnya.

Pencarian Influencer yang Relevan Berdasarkan Kategori

cara mencari influencer untuk bisnis Anda
Source: https://www.freepik.com/

Umumnya ketika melakukan pencarian di Instagram hanya akan muncul list akun, audio, tags, dan places, namun tidak dengan kategori. Jangan khawatir, sejumlah layanan yang memungkinkan pencarian berdasarkan kategori dapat menjadi jalan keluar. Service tersebut seperti LEMON Influencer Platform. 

LEMON Influencer Platform memudahkan Anda dalam:

  • Memilih influencer yang cocok dengan kebutuhan
  • Memastikan influencer posting sesuai dengan scope of work yang diberikan
  • Monitoring eksekusi campaign
  • Menyusun report yang bisa Kakak download dengan mudah untuk kebutuhan analisa performa campaign

Cek Riwayat Sponsorship

Source: https://www.freepik.com/

Anda dapat menelusuri riwayat konten yang disponsori influencer. Lakukanlah analisis mendalam guna melihat riwayat iklan yang pernah dijalankan oleh influencer tersebut dan lihat bagaimana mereka mengiklankan atau menerbitkan ko​​ten bersponsor sebagai bahan pertimbangan Anda nantinya.

Selain itu, Anda juga bisa melihat seberapa banyak brand yang telah bekerja sama dengan influencer tersebut dan seberapa sukses ia menjalankan campaign

Keywords

Pencarian influencer dengan memasukkan keywords melalui berbagai tools, seperti Google Search Console, Anda akan mendapatkan banyak opsi meski harus rela meluangkan waktu untuk mencarinya. 

Jadi, sudah paham belum terkait cara mencari influencer yang tepat untuk bisnis Anda dan tentunya untuk menghasilkan campaign yang sukses? Atau masih bingung mulai dari mana untuk menjalankan campaign sendiri? Konsultasikan keperluanmu kepada kami sekarang juga!

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign