Membongkar Performa Influencer Melalui Insight Instagram

cek insight instagram
Ingin mengecek seberapa tinggi performa influencer untuk kolaborasi? Intip cara mengukurnya melalui insight instagram mereka seperti langkah berikut ini.

Table of Contents

Dalam beberapa tahun terakhir, Instagram telah menjadi rumah bagi para influencer yang ingin mempengaruhi pengikut mereka. Tidak sedikit juga dari brand yang menggunakan jasa influencer Instagram untuk mempromosikan produk serta layanan mereka kepada audiens untuk memperluas jangkauan. Namun, sebelum bekerja sama dengan influencer Instagram, sangat penting bagi brand untuk menganalisis performa mereka dengan hati-hati. 

Dalam artikel ini, LEMON Influencer Platform mengulas tentang pentingnya menganalisis performa Instagram influencer berikut ini.

Langkah-langkah Menganalisis Performa Influencer dengan Instagram Insights

cek insight instagram
Picture from: Business Today

1. Identifikasi Influencer yang Relevan

Tentukan kriteria juga karakteristik influencer, yang manakah mereka memiliki niche audiens yang sama atau yang sesuai dengan target pasar mereka.

Gunakan fitur pencarian Instagram dan juga situs web lain yang menyediakan daftar influencer untuk campaign Anda. Ada pula platform influencer marketing yang dikhususkan untuk menemukan influencer, salah satunya adalah LEMON Platform.

2. Melihat Statistik Followers

Bukalah profil instagram influencer. Periksa statistik followers mereka, termasuk peningkatan jumlah pengikut dari waktu ke waktu, serta demografi followers seperti usia, jenis kelamin, dan juga lokasi geografis.

3. Evaluasi Engagement

Analisis interaksi influencer yang dituju dengan melihat jumlah like, komentar, dan juga save di postingan mereka.

Bandingkan juga angka-angka ini dengan jumlah followers mereka untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang tingkat engagement influencer dan respons mereka terhadap followers.

4. Perhatikan Keberhasilan Berbagai Jenis Konten

Tinjau jenis konten atau postingan terbaik dari influencer tersebut, baik dari segi interaksi maupun reach. Apakah video, foto, atau cerita influencer tersebut menarik perhatian pengikut mereka? Apakah ada tema atau gaya khusus pada konten tersebut? 

5. Lihat Pola Postingan

Perhatikanlah waktu publish dan kualitas konten dari hasil postingan mereka. Informasi ini membantu Anda merencanakan influencer marketing dengan lebih baik, juga memahami apakah influencer mengikuti strategi yang konsisten atau tidak.

6. Menggunaan Data Persentase Pendukung

Selain menggunakan insight dari Instagram, penting juga untuk mencari data persentase dukungan dari sumber yang dapat dipercaya, seperti Hype Auditor. Situs web atau outlet media terkait yang berspesialisasi dalam analisis dan pemeringkatan influencer dapat memberikan lebih banyak informasi tentang aktivitas influencer.

Perlu Anda ingat bahwa menganalisis insight influencer bukanlah satu-satunya faktor yang perlu dipertimbangkan. Selain data dan angka, penting juga untuk mempertimbangkan target audiens dan citra influencer yang bekerja sama dengan brand Anda.

Tertarik untuk menjalankan campaign bersama para influencer, namun Anda masih belum ragu untuk menganalisa performa influencer serta mendapatkan data-data dengan baik dan benar? LEMON Influencer Platform dapat membantu Anda mendapatkan influencer sesuai rencana campaign Anda!

Sebagai platform influencer marketing no.1 di Indonesia, kami menyediakan influencer-influencer terbaik yang dikhususkan untuk brand Anda.

Konsultasi dengan client success kami sekarang melalui link ini. GRATIS.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign