Memanfaatkan Fitur Highlight Story Pada Instagram

Table of Contents

Sometimes you will never know the value of a moment until it becomes memory

Dr. Seuss

Lemonians, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Instagram? Pasalnya beberapa aktifitas kalian sebagai seorang influencer pasti banyak menghabiskan waktu di Instagram. Fitur-fitur pada Instagram dapat kalian manfaatkan untuk menunjang kreatifitas bahkan nilai jual kalian kepada para brand sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk memilih kamu. Tapi tahukah kalian manfaat dengan menggunakan fitur highlight story?

Sebelum kita membahas manfaat fitur highlight story, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu apa itu “highlight story”. Kalian pasti sudah tahu kan bahwa instagram story akan hilang setelah 24 jam tayang pada akun profil kamu. Setelah lebih dari 24 jam maka followers atau orang yang berkunjung ke profil kamu tidak akan bisa mengakses atau melihat story tersebut. Namun kamu masih dapat mengakses story tersebut melalui fitur archive. Berapa momen pastinya ingin kamu abadikan pada profil kamu atau bahkan terkadang beberapa brand meminta sendiri untuk mencantumkan story review produk mereka pada highlight story, kira-kira berguna untuk apa ya? Hal tersebut dilakukan oleh brand agar followers kamu tetap dapat menjangkau informasi terkait produk dan project tersebut tanpa batas waktu tertentu. Tidak hanya untuk kepentingan bisnis saja lemonians, highlight story juga dapat kamu gunakan untuk kebutuhan sharing informasi keseharian kamu antara lain hewan peliharan, hobi, cerita terkait anggota keluarga seperti anak, dll. Kenapa ya penting untuk highlight story terkait hal-hal tersebut? Pasalnya ada beberapa brand yang membutuhkan influencer pada bidang tertentu seperti, influencer yang memiliki hewan peliharan, influencer yang hobi memasak, influencer yang memiliki balita, dll. Kehadiran highlight story maka akan memudahkan brand atau agensi dalam mendapatkan informasi terkait influencer tersebut.

Manfaat Menggunakan Fitur Highlight Story

Jika kita perhatikan fitur highlight story ini bisa menjadi penting dan juga tidak penting, tergantung bagaimana kamu memanfaatkan fitur ini. Sebagai seorang influencer pastinya fitur highlight story ini akan menjadi sangat penting, kenapa kira-kira? Karena highlight story dapat dimanfaatkan untuk digital portofolio kamu, seperti seberapa banyak kamu telah bekerjasama dengan brand. Terkadang melalui highlight story juga dapat digunakan sebagai pertimbangan sebuah brand atau agensi sebelum memutuskan untuk memilih kamu pada projek nya. Highlight story juga dapat digunakan sebagai referensi brand melihat bagaimana cara kamu melakukan review sebuah produk.

Selain untuk kebutuhan portofolio, highlight story juga dapat digunakan untuk menyimpan postingan kamu agar tidak hilang dari file archive. Menurut pengalaman yang kami dengar dari beberapa influencer, postingan story sering kali hilang dari file archive sedangkan tiap project influencer diharuskan submit insight namun jika file tersebut hilang maka sulit bagi mereka untuk menemukan insight nya. Maka cara yang dapat dilakukan adalah dengan menginput story tersebut pada fitur highlight. 

Membuat Tampilan Cover Highlight Story Menjadi Lebih Menarik

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, highlight story dapat digunakan sebagai digital portofolio yang dapat memudahkan brand saat mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan kamu. Oleh karena itu kamu perlu membuat cover Highlight story menjadi lebih menarik. Sekarang sudah banyak aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membuat cover Highlight story dengan mudah, diantaranya:
1. Canva

2. Highlight Cover Maker

3. Picsart

BACA : Jangan ngaku influencer kalau belum punya 5 aplikasi andalan ini!

Kamu dapat dengan mudah memanfaatkan fitur stiker pada aplikasi tersebut, dimana itu dapat digunakan sebagai ikon untuk cover Highlight story. Atau mudahnya kamu bisa menggunakan logo brand untuk cover Highlight story. Klasifikasikan story tersebut sesuai brand nya sehingga tampilan highlight story kamu menjadi lebih rapi, dan menarik untuk dilihat.

Nah jadi itu dia Lemonians tips memanfaatkan fitur highlight story yang ada pada profil instagram kamu. Instagram story sangat penting terutama untuk kalian yang sedang memulai karir sebagai seorang influencer. Story highlight menjadi salah satu pilihan untuk menunjukan partner dalam campaign atau endorsement. Semakin banyak story highlight, maka kemungkinan kalian untuk dilirik oleh brand juga semakin besar loh. Siapa disini yang sudah merapikan story highlight kalian? dan aplikasi apa yang kalian gunakan untuk membuat cover highlight kalian agar lebih menarik dilihat? Komen di bawah sini ya!

BACA JUGA : Apakah ini faktor yang membuat kamu jarang mendapatkan Campaign di Lemon?

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign