Sosial Influencer: Mega, Macro, Micro dan Nano

Pelajari apa itu influencer, keuntungan dan kekurangnya sebelum bekerjasama untuk mempromosikan produk Anda agar lebih optimal

Table of Contents

Sebagai individu yang dipercaya dapat membantu pertumbuhan brand melalui marketing, influencer telah menjadi orang yang paling menjadi panutan bagi para pengikutnya.

Berikut adalah beberapa tingkatan dari influencer dari mulai mega, macro, micro dan nano influencer, yang dipercaya dapat membantu brand Anda.

Mega Influencer

Influencer yang paling sering Anda dengar namanya. Mega influencer adalah influencer yang punya followers lebih dari 1 juta orang. Influencer ini sudah termasuk dalam kategori selebritas, bisa skala lokal atau internasional. 

Karena hal tersebutlah, mereka punya tarif yang tinggi. Kualitas konten, serta profesionalitas dalam bekerja sudah tidak perlu diragukan.

Dengan pertimbangan jumlah followers, mega influencer adalah incaran para brand untuk melakukan promosi bersama untuk mencapai brand awareness dengan influencer marketing.

Kepopuleran yang digandeng oleh mega influencer adalah diberbagai platform. Bukan hanya Instagram, namun media sosial lainnya yang sudah mereka rambah. Karena itu, mega influencer adalah kategori yang paling memiliki potensi untuk menjangkau audiens secara masif dengan cepat.

Penjelasan di atas mungkin terdengan sangat menggoda, namun mega influencer juga memiliki kekurangan. 

Kebanyakan dari mereka tidak memiliki hubungan yang inting dengan followers. Jika dibandingan oleh sosial media influencer lainnya yang memiliki hubungan lebih dekat. Itu sebabnya mega influencer ini kurang bisa dipercaya saat melakukan partnership dengan Anda. 

Keuntungan Bekerjasama Dengan Mega Influencer

  • Memberikan Dampak Awarenessmega influencer adalah influencer yang paling berpotensi membawa Ana langsung ke audiens yang luas
  • Profesionalitas – pengalaman dan jam terbang yang tinggi membuat mega influencer berkualitas.
  • Eksklusivitas – Melakukan endorsement ke mega influencer yang tepat memberikan value lebih atas kredibilitas dan eksklusivitas untuk Anda.

Perhatikan Ini Sebelum Bekerjasama dengan Mega Influencer

  • Ketersediaan – kompetitor Anda atau mungkin pemain bisnis di industri lain mungkin mengincar selebgram yang sama dengan Anda. Jadi mencari waktu untuk bekerjasama dengan mereka tidak mudah. Jadikan ini sebagai faktor dalam melakukan planning pada strategi influencer marketing Anda
  • Rate Card Influencer – satu konten yang dihasilkan memiliki berbagai tarif, tergantung dari sow influencer yang diberikan. Namun, dengan berbagai keuntungan yang akan Anda dapatkan saat bekerjsama dengan mereka, budget yang harus dikeluarkan sangat tinggi.
  • Risiko – Karena jangkauan yang luas, jika mega influencer melakukan sedikit saja kesalahan, hal tersebut dapat memengaruhi reputasi Anda
  • Relevansi – Konten yang disponsori mungkin tidak terlalu otentik. Audienspun mengetahui hal tersebut.

Siapa Mega Influencer di Indonesia

Indonesia juga memiliki jumlah mega influencer yang memiliki kredibilitas yang tinggi. Salah satu Mega influencer di Indonesia adalah Karin Novilda

Macro Influencer

sosial macro influencer adalah
Photo by Unsplash.com

Macro Influencer adalah influencer yang memiliki jumlah followers lebih sedikit dari mega, yaitu antara 100,000 – 1,000,000.

Tipe influencer ini dikenal the best of the best. Karena meraup jumlah followers tinggi, tapi juga memiliki hubungan yang dekat dengan audiensnya. 

Cara macro influencer dalam membangun komunitas ini adalah bermula dari 0. Oleh karena itui, Mereka tahu audiens target mereka luar dan dalam. Mereka telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk memahami apa yang mereka sukai dan apa yang tidak. Dan karena itu, prioritas macro influencer adalah menjaga hubungan yang kuat dengan pengikut mereka. Mereka tidak akan membahayakan kepercayaan itu atas pos sponsor yang tidak cocok dan tidak relevan bagi audiensnya.

Sesuatu yang harus Anda perhatikan adalah bahwa meskipun lebih terjangkau daripada mega influencer, banyak macro influencer juga memiliki agen yang siap untuk mendapatkan kesepakatan yang baik. 

Keuntungan Bekerjasama Dengan Macro Influencer

sosial Influencer marketing adalah memanfaatkan audiens dari influencer, salah satunya macro influencer
  • Relevansi – macro influencer adalah influencer yang punya niche tertentu. Sehingga memiliki audiens yang sangat bertarget yang akan merespons dengan baik kolaborasi Anda jika relevan
  • Jangkauan – beberapa macro influencer memiliki jangkauan yang besar dan tingkat keterlibatan yang baik, yang ideal untuk Anda yang memiliki brand awareness dan konversi sebagai campaign goals.
  • Profesionalitas – macro influencer adalah salah satu influencer yang terbiasa bekerja dengan brand dan membuat konten berkualitas tinggi yang sesuai dengan audiens mereka. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Ini Sebelum Bekerjasama dengan Macro Influencer

  • Enggagementmacro influencer adalah influencer yang memiliki keterlibatan yang tinggi. Namun, tidak semua memiliki hal tersebut. Anda harus melakukan riset yang lebih jauh untuk menemukan siapa macro influencer yang benar-benar punya engagement yang bagus. 
  • Biaya – banyak macro influencer di sosial media saat ini menandatangani kontrak dengan agensi influencer, dan sebagai hasilnya dapat meminta bayaran tinggi.

Siapa Macro Influencer di Indonesia

Indonesia juga memiliki jumlah macro influencer yang memiliki kredibilitas yang tinggi. Salah satu macro influencer di Indonesia adalah Sara Robert

Micro Influencer

sosial micro influencer adalah

Jenis micro influencer adalah yang paling umum di Instagram saat ini. Memiliki antara 10.000 hingga 100.000 pengikut.

Apa yang membedakan micro influencer dari yang lebih besar, micro influencer adalah jangkauan yang lebih kecil. Namun, micro influencer lebih terspesialisasi daripada yang lain karena lebih dipercaya oleh audiens mereka yang sangat setia, sangat terlibat, dan relevan.

Dengan audiens yang terlibat seperti itu, micro influencer adalah influencer yang cenderung menghasilkan prospek dan konversi yang berkualitas daripada macro-mega, yang audiensnya tidak terlalu spesifik. 

Keuntungan Bekerjasama Dengan Micro Influencer

sosial micro influencer adalah
Photo by bruce mars on Unsplash
  • Kredibilitas – banyak dari micro influencer adalah spesialis dalam niche tertentu, sehingga konten apa pun yang mereka bagikan yang terkait dengan hal tersebut dianggap lebih kredibel
  • Biaya – Lebih sedikit investasi yang diperlukan untuk bekerja dengan micro influencer, yang membuat kemitraan semacam ini lebih mudah diakses oleh Anda
  • Enggagementmicro influencer adalah influencer yang memiliki tingkat keterlibatan yang lebih baik daripada macro-mega, karena audiens dapat dengan mudah berhubungan tidak hanya dengan konten tetapi juga dengan influencer itu sendiri
  • Konversi – micro influencer lebih cenderung mengubah prospek hangat menjadi pelanggan dan pelanggan berkat tingkat kepercayaan yang kuat antara mereka dan audiens mereka
  • Ketersediaan – karena biaya yang lebih rendah untuk bekerja dengan masing-masing micro influencer, Anda memiliki opsi untuk bekerja dengan beberapa influencer secara bersamaan. Di LEMON Anda bisa hira 100 micro influencer dalam satu campaign.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ini Sebelum Bekerjasama dengan Micro Influencer

  • Waktu – tergantung pada campaign, Anda mungkin ingin bekerja dengan beberapa micro influencer untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dan ini akan membutuhkan lebih banyak waktu – tidak hanya untuk menemukan dan berkomunikasi dengan influencer, tetapi untuk bekerja melalui berbagai ringkasan dan siklus peninjauan, dll. 


Karena itu LEMON menyediakan platform untuk Anda dapat langsung memilih micro influencer tanpa harus mengontak mereka satu persatu. 

  • Kualitas – beberapa micro influencer adalah mereka yang memiliki pekerjaan lainnya. Seperti bisnis owner, pekerja kantoran, mahasiswa dan lain-lain. Mereka menyulap jadwal yang sibuk dan ini (berpotensi) dapat membahayakan kualitas konten. Namun, Anda dapat menyetujui pemeriksaan/revisi kualitas dalam kontrak untuk menghindari masalah ini

Platform LEMON juga memiliki draft checking fitur, sehingga Anda bisa mengontrol kualitas konten yang dibuat oleh micro influencer sebelum diunggah ke sosial media.

  • Jangkauan – micro influencer adalah influencer yang memiliki jangkauan lebih terbatas. Karena mereka memiliki audiens yang lebih kecil. Jika brand awareness adalah tujuan Anda, akan lebih masuk akal untuk bekerja dengan macromega influencer. 
  • Kreativitas – Cara bekerjasama dengan micro influencer adalah dengan memberikan mereka kebebasan dalam berkarya. Tidak seperti beberapa kolaborasi brand mega influencer yang bisa lebih mudah dalam pelaksanaannya, micro influencer tidak menginginkan pedoman yang ketat tentang apa yang harus diposting. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah memberikan tujuan campaign, dan mengizinkan micro influencer untuk membuat konten yang mereka tahu akan beresonansi paling baik dengan audiens mereka.

Siapa Micro Influencer di Indonesia

sosial influencer micro influencer indonesia yang paling di cari

Indonesia juga memiliki jumlah mega influencer yang memiliki kredibilitas yang tinggi. Salah satu micro influencer di Indonesia adalah Cecilia Wijayanti.

Nano Influencer

nano Influencer adalah sosial influencer
Photo by floredsamantha’s Instagram

Nano Influencer adalah anak baru dalam sosial media influencer dengan kurang dari 10.000 pengikut.

Nano influencer adalah individu dengan pengaruh dalam komunitas lokal mereka. Nano influencer adalah teman atau anggota keluarga yang memiliki bakat untuk Instagram, membuat konten berkualitas yang secara konsisten mencapai keterlibatan yang baik. 

Dan hal hebat tentang nano influencer adalah meskipun, ya, jangkauan mereka rendah, pengaruh mereka di antara komunitas orang yang kecil namun erat berpotensi besar. Mereka akan mengetahui sebagian besar, jika tidak semua, pengikut mereka, dan tingkat keintiman itu bisa menjadi manfaat besar bagi Anda atau campaign yang tepat.

Nano Influencer adalah kategori selebgram dengan jumlah pengikut tidak kurang dari 1.000 user. Jenis Influencer terbaru dalam merintis karirnya. Nah, Nano Influencer ini biasanya diajak kerjasama untuk mendapatkan brand recognition. Sebagai alasan Nano Influencer adalah level terbaru dari seorang selebgram, maka menjadi Influencer yang paling mudah bekerja sama karena Nano ingin menjadi bagian dari perkembangan brand kesayangannya.

Keuntungan Bekerjasama Dengan Nano Influencer

nano influencer adalah sosial influencer
Photo by Vincent Timothy on Unsplash
  • Keterlibatan – nano influencer adalah individu yang cenderung memiliki keterlibatan tertinggi dari semua influencer media sosial lainnya
  • Biaya – berkat biaya yang lebih rendah untuk bekerja dengan nano influencer, kemitraan semacam ini dapat bekerja dengan sangat baik untuk bisnis atau perusahaan baru dengan anggaran pemasaran yang kecil
  • Kredibilitas – banyak nano influencer mengenal pengikut mereka secara dekat, sehingga Anda dapat menjamin bahwa produk Anda (jika relevan) akan diterima dengan baik
  • Konversi – seperti yang disebutkan di atas, banyak orang lebih mempercayai – dan menindaklanjuti – rekomendasi dari teman dan keluarga daripada dari selebriti atau Instagrammer besar. Ini berarti kemungkinan konversi lebih besar dengan nano influencer dibandingkan dengan macro-mega influencer.
  • Lokasi – jika Anda memiliki lokasi fisik atau mempromosikan acara lokal, nano influencer adalah partnership yang tepat membangun buzz dan menghasilkan berita positif dari mulut ke mulut di antara komunitas lokal

Hal yang Perlu Diperhatikan Ini Sebelum Bekerjasama dengan Nano Influencer

  • Jangkauan – jika brand awareness adalah salah satu tujuan campaign Anda, penting untuk mempertimbangkan opsi lain selain nano influencer (yang jangkauannya terbatas)
  • Pengalaman – nano influencer adalah selebgram yang tidak berpengalaman seperti yang lebih besar dalam hal bekerja dengan Anda. Beberapa mungkin tidak menyadari bagaimana atau mengapa menggunakan tagar bermerek, misalnya. Untuk Anda, ini berarti sedikit lebih banyak pegangan tangan mungkin diperlukan untuk memastikan hasil yang bagus bagi kedua belah pihak
  • Kualitas – mirip dengan poin di atas, nano influencer mungkin belum pernah membuat konten sebelumnya. Karena itu, komunikasikan tujuan campaign dan brand value Anda ke nano influencer.

Siapa Micro Influencer di Indonesia

Indonesia juga memiliki jumlah micro influencer yang memiliki kredibilitas yang tinggi. Salah satu micro influencer di Indonesia adalah Rifkanya.

Cara Memilih Influencer yang Tepat Untuk Campaign Anda Berikutnya: Panduan singkat

sosial influencer adalah
  • Mega influencer adalah influencer yang tepat jika tujuan influencer marketing campaign Anda adalah untuk meningkatkan visibilitas Anda dan meningkatkan kesadaran tentang produk Anda (dan tidak ada batasan anggaran), pilih mega influencer.
  • Macro influencer adalah influencer yang tepat jika tujuannya adalah untuk menargetkan audiens tertentu tetapi masih menjangkau massa, pilih makro-influencer. Awasi ROI, karena beberapa macro influencer memiliki tingkat keterlibatan yang lebih baik daripada yang lain.
  • Micro influencer adalah influencer yang tepar jika tujuannya adalah untuk meningkatkan konversi, prospek, dan langganan di antara audiens tertentu.
  • Nano influencer adalah influencer yang tepat jika Anda memiliki anggaran pemasaran kecil 

Kesimpulan

sosial influencer adalah

Seperti yang Anda lihat, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum bekerja dengan influencer media sosial – dan ini dimulai dengan memahami berbagai jenis yang dapat Anda tangani, dan cara menjangkau mereka.

Untuk mendapatkan yang terbaik dari kemitraan influencer, pastikan untuk benar-benar memahami tujuan campaign Anda, buat daftar calon influencer media sosial, dan kemudian teliti jenis kolaborasi yang telah mereka lakukan di masa lalu. Semoga berhasil!

Photo by J. Kelly Brito on Unsplash

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign