Key Opinion Leader: Siapakah Mereka?

Key Opinion Leader atau KOL adalah seorang yang memiliki keahlian di bidang tertentu. Opini mereka sudah dipercaya dan dapat mempengaruhi perilaku konsumen.

Table of Contents

Key Opinion Leader atau KOL adalah seorang yang memiliki keahlian di bidang tertentu, baik dalam pengetahuan maupun kemampuan. Mereka sudah dipercaya dan dihormati oleh banyak orang.

Penggunaan Key Opinion Leader adalah salah satu aktivitas Digital marketing yang sangat penting karena pendapatnya mampu memengaruhi banyak orang. Pendapatnya didengarkan dengan baik dan dianggap berpengaruh bagi suatu industri. 

Kenapa Anda membutuhkan Key Opinion Leader untuk Pemasaran?

key opinion leader
Source: shutterstock.com

Di era digital ini, Key Opinion Leader pada umumnya memiliki media sosial dengan jumlah followers yang banyak sesuai dengan bidangnya, sehingga pesan yang mereka sampaikan dapat dijangkau oleh target market yang tepat. 

Oleh karena itu, tidak sedikit perusahaan yang memanfaatkan Key Opinion Leader untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan.

Key Opinion Leader VS Influencer

Meskipun terlihat hampir sama, namun perlu Anda ketahui bahwa Key Opinion Leader berbeda dengan influencer. Key Opinion Leader memiliki target yang jauh lebih spesifik dibandingkan influencer. Berbeda dengan influencer yang pada umumnya mengulas hal atau produk dari berbagai bidang, seperti beauty, fashion, dll.

key opinion leader
Source: shutterstock.com

Salah satu contoh Key Opinion Leader adalah Koki. Tentu opininya akan lebih dipercaya banyak orang ketika mereka memberikan rekomendasi terkait bidang kuliner.

Itulah sebabnya mengapa KOL jauh lebih efektif dalam menjangkau target market yang spesifik. 

Keuntungan Menggunakan Key Opinion Leader

key opinion leader
Source: marketmotive.com
  1. Meningkatkan Kredibilitas Brand

Produk yang direkomendasikan oleh seseorang yang memiliki keahlian dan berprofesi dalam bidang tersebut akan lebih dipercaya audiensnya. Kepercayaan audiens pada seseorang yang mampu memberikan rekomendasi secara tepat akan jauh lebih efektif, sehingga Anda dapat meningkatkan kredibilitas brand Anda.

  1. Membuat produk Anda lebih menonjol dari kompetitor.

Key Opinion Leader yang positif terhadap brand Anda dapat memiliki efek komparatif yang lebih signifikan, bahkan bisa sampai mendorong ribuan hingga jutaan orang untuk memilih produk Anda daripada produk kompetitor.

  1. Meningkatkan Penjualan

Key Opinion Leader dapat membantu memperkenalkan suatu produk atau layanan bisnis Anda. Hal tersebut pada akhirnya akan membangun kepercayaan konsumen dan mendorong lebih banyak penjualan.

Selain itu, perlu Anda ingat bahwa saat ini sebagian besar konsumen lebih mempercayai Word of Mouth daripada iklan berbayar. Jika strategi Word of Mouth tersebut disampaikan oleh seseorang yang memang benar-benar ahli pada bidangnya tentu akan ada lebih banyak orang yang akan mempercayainya.

  1. Meningkatkan Engagement

Key Opinion Leader mampu menjangkau target audiens dengan tepat, sehingga bisnis Anda akan memperoleh engagement. Maka dari itu, pilihlah Key Opinion Leader yang aktif berkomunikasi dengan kelompok audiensnya. Jika tidak, maka akan kecil kemungkinan untuk bisa meningkatkan engagement bisnis Anda.

Adanya perkembangan digital membuat konsumen mencari informasi produk atau layanan melalui media sosial. Jadi, tidak ada salahnya untuk mempromosikan bisnis Anda menggunakan Key Opinion Leader.

Masih bingung mau pilih Key Opinion Leader atau Influencer untuk bisnis Anda? Yuk Konsultasikan bisnis Anda dengan Lemon GRATIS

banner cta make smarter investment on influencer marketing start from Rp10juta pick up 100 influencers monitor your campaign and generate more word of mouth for your creative cmpaign ideas

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign